Kuliah Umum tentang SDG Diikuti 353 Mahasiswa Pascasarjana UNNES

Kamis, 20 April 2017 | 5:58 WIB


Kuliah Umum tentang SDG Diikuti 353 Mahasiswa Pascasarjana UNNES

Rektor menyerahkan cenderamata kepada Dr. Ir. Subandi

Suasana akademis sangat nampak pada acara kuliah umum yang diadakan oleh Pascasarjana UNNES di kampus Kelud pada hari Rabu minggu ini (19/4). Kuliah umum ini menghadirkan Dr. Ir. Subandi, M.Sc. Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan BAPPENAS sebagai pembicara utama. Pada kesempatan ini Dr. Subandi menyampaikan rencana aksi pemerintah untuk mengeksekusi Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs). Program SDGs adalah kesepakatan negara-negara di dunia untuk mempertajam target pembangunan yang berkelanjutan untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi seluruh manusia yang ada di dunia ini. SDGs direncanakan akan diselenggarakan secara bertahap sampai tahun 2030.

SDGs memiliki 17 tujuan utama dan 169 target. Ke-17 tujuan SDGs adalah Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi, Energi Bersih dan Terjangkau, Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, Mengurangi Kesenjangan, Keberlanjutan Kota dan Komunitas, Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab, Aksi Terhadap Iklim, Kehidupan Bawah Laut, Kehidupan di Darat, Institusi Peradilan yang Kuat dan Kedamaian dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Dr. Subandi menyampai paparannya di depan 353 mahasiswa pascasarjana UNNES dan mendorong mereka untuk menulis tesis atau disertasi mengenai tujuan SDGs. Beliau menawarkan bimbingan bagi mahasiswa atau dosen yang melakukan penelitian mengenai SDGs.

Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, turut hadir pada acara tersebut dan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Deputi karena telah berkenan menyampaikan isu terkini yang telah disepakati oleh negara-negara di dunia. Dengan kuliah umum semacam ini Rektor yakin bahwa mahasiswa UNNES semakin sadar pada perannya sebagai penduduk dunia. Rektor menyampaikan bahwa kuliah umum ini selaras dengan kedudukan UNNES sebagai Rumah Ilmu pengembang peradaban.

Penyelenggara kegiatan yang diwakili oleh Prof. Dr. Achmad Slamet, M.Si juga menyampaikan apresiasi kepada Bapak Deputi karena dengan kehadiran beliau UNNES semakin termotivasi untuk terlibat langsung pada proses pembangunan berkelanjutan yang digagas dan dilaksanakan oleh Pemerintah.


DIUNGGAH : Hendi Pratama Dibaca : 387 kali
EDITOR : Hendi Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *