Koperasi Harus Berikan Pelayanan yang Berorientasi kepada Anggota

Jumat, 28 Juli 2017 | 20:25 WIB


Koperasi Harus Berikan Pelayanan yang Berorientasi kepada Anggota
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Koperasi Handayani Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Sarasehan dan Workshop “Peningkatan Peran Serta Anggota dalam Pengembangan KPRI Handayani UNNES” di Hotel Kusma Bandungan, Semarang. Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Koperasi ke-70 ini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Litani Setyawati, dan Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi Dinas Koperasi dan UM Kota Semarang Bambang Sugeng, menjadi pemateri dalam acara ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Litani Setyawati memberikan apresiasi kepada KPRI Handayani yang telah berkembang dengan baik. Ia berharap koperasi handayani bisa mempertahankan prestasi dan meningkatkan koperasi dari tahun ke tahun. Menurutnya, koperasi yang dikelola oleh pegawai instansi pemerintah biasanya dikelola dengan biasa, tetapi Koperasi Handayani sangat berbeda dan lebih baik dari lainnya.

Selain itu, Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi Dinas Koperasi dan UM Kota Semarang Bambang Sugeng menyampaikan, Modal terbesar dalam koperasi agar dapat dikelola dengan baik, idealnya 60% adalah modal milik sendiri.
Ia juga mengatakan, anggota harus paham betul tentang hak dan kewajiban, seperti wajib mematuhi ADART, berpartisipasi kegiatan koperasi, ikut mengembangkan dan memelihara kebersamaan atas asas kekeluargaan. Anggota juga perlu mengetahui haknya sebagai anggota koperasi, seperti memberikan saran, memilih atau dipilih menjadi anggota atau pengurus koperasi. Bambang Sugeng juga menambahkan, koperasi harus memberikan pelayanan yang terbaik buat anggota dan memberikan pelayanan yang berorientasi pada anggota.

Sementara itu, Ketua KPRI Handayani UNNES Drs Sutikno MSi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan peran anggota dalam mengembangkan Koperasi. Sutikno berharap, dengan adanya workshop ini, dapat menambah pemahaman anggota terhadap koperasi. Dengan begitu anggota koperasi semakin sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Umum dan Keuangan UNNES, Kasubag umum dan kepegawaian, perwakilan dosen dari fakultas, dan juga pengurus koperasi di UNNES selama dua hari.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 328 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X