Ketat, Persaingan Memperebutkan Bidikmisi di Unnes

Jumat, 13 Juli 2012 | 2:38 WIB


Persaingan untuk memperebutkan beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tergolong sangat ketat. Itu terjadi tidak hanya pada seleksi nasional, tetapi juga pada seleksi mandiri.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan hal itu sebagaimana dilansir beberapa media massa edisi Kamis, 12 Juli 2012.

“Sebagai gambaran, saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan, dari total pendaftar ke Unnes 22.322 orang, 11.411 di antaranya merupakan pendaftar Bidikmisi. Jadi, lebih dari 50% merupakan pendaftar beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi namun dari keluarga tidak mampu secara ekonomi ini,” ungkapnya.

Menurut Pembantu Rektor I, kuota untuk calon penerima Bidikmisi tidak lebih banyak daripada yang mengambil jalur nonbeasiswa. “Memang kuota Bidikmisi Unnes tergolong terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya, yakni 1.500. Namun itu tentu tak sebanding dengan jumlah keseluruhan yang bakal diterima sebagai mahasiswa baru, yakni 7.000 lebih,” katanya. Tak mengherankan jika salah satu peraih nilai tertinggi nilai Ujian Nasional SMK se-Indonesia pun tidak lolos di jalur ini, bebarapa waktu lalu.

Sekadar catatan, Bidikmisi merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan beasiswa itu, penerimanya akan bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester dan mendapatkan biaya hidup sedikitnya Rp600.000 per bulan.

Agus juga mengemukakan, hingga hari kelima pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri, peminat beasiswa Bidikmisi tercatat masih tinggi. “Dari 6.070 peminat  yang tercatat hingga hari keenam, 1.161 di antaranya merupakan pendaftar Bidikmisi. Padahal, kuota yang tersisa untuk mereka tak lebih dari 300 dari total keseluruhan 1.500,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, setelah SNMPTN, Unnes masih menyediakan 1.879 kursi mahasiswa baru melalui seleksi mandiri. Pendaftaran berlangsung sejak 7 Juli lalu hingga 20 Juli mendatang secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id. “Semua program studi D3 dan S1 diikutkan dalam SPMU ini,” tegas Agus.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 7.779 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

42 komentar pada “Ketat, Persaingan Memperebutkan Bidikmisi di Unnes

  1. mengiapa unnes justru ambil bidikmisi dari jalur undangan terbanyak?
    mereka yang susah susah ikut ujian hanya diberi kuota sedikit saya kira kebijakan ini perlu dipertimbangkan
    mengingat peminat bidikmisi itu banyak maka perlu sisa kuota bnyak…

  2. apa di semua jurusan menerima bidik misi? atau cuma pada jurusan tertentu saja? trus utk melihat kuota bidik misi di masing2 jurusan itu bagaimana?

  3. pengumuman bidik misi jalur tulis kog belum ada sih
    ,
    aku mau tanya pada teman2 apakah dalam berkas kalian sudah ada surat lapor diri?
    kalau sudah aku kasih tau bgaimana mencetaknya
    lalu aku juga mau tanya tentang pengumuman rektor nomor 5??

  4. bisakah peserta SNMPTN reguler dan SPMU reguler mengajukan bidikmisi? kalau bisa bagaimana tatacaranya? seandainya diterima dan blm bisa membayar biaya daftar ulang reguler sepenuhnya bagaimana??

  5. bisakah peserta SNMPTN reguler dan SPMU reguler mengajukan bidikmisi?
    kalau bisa bagaimana tatacaranya sblm dftr ulang karena tdk ada biaya?

  6. assalamualaikum.
    saya mau tanya pengumuman penerima bidikmisi SNMPTN tulis sudah ada atau belum? Kalau sudah ada, lihat dimana pengumumannya? Kalau belum, kapan diumumkannya?

  7. pengumumanbidik misinya kapan ya kok sampai hari verifikasibelum ada pengumumannya tolong kalu sudah harap dikonfirmasi

  8. Assalamu’alaikum.
    Ma’af, mau tanya.
    Kapan pengumuman verifikasi bidikmisi untuk SNMPTN ujian tulis ?
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum.

  9. Tolong info pgumuman bidikmisi snmptn tulis, setidaknya ada pemberitahuan lbih lanjut supaya kami lbih tenang
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *