Kesenian Barongan di Gelar Karya Sendratasik

Sabtu, 24 Desember 2011 | 13:52 WIB


Kesenian Barongan di Gelar Karya Sendratasik
DHONI ZUSTIYANTORO/HUMAS

Di serambi gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni, Kamis malam (22/12) Andhika dan Endik seperti kesurupan. Mereka berlarian kian kemari, mengenakan atribut barongan.

Kedua mahasiswa Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) FBS Unnes itu menyajikan bentuk kesenian dari Blora. Tak hanya berdua, mereka juga disertai beberapa teman yang mengiringi jalannya kesenian. Sebelum digunakan, barongan pun didoakan dan diberi beberapa syarat kebutuhan pentas. Sama seperti lazimnya kesenian barongan dari daerah asal mereka itu.

“Selain ingin melestarikan kesenian tradisi, kami ingin mengenalkan bentuk kesenian ini kepada teman-teman kampus,” kata Andhika.

Kesenian barongan itu menjadi pembuka dalam Gelar Karya Sendratasik (GKS) yang diselenggarakan himpunan mahasiswa (Hima) Jurusan Sendratasik. Dalam acara tahunan itu, dosen dan mahasiswa memamerkan karya.

Ketua Hima Sendratasik Dewi Wulandari mengungkapkan, dalam GKS tahun ini disajikan 10 karya musik dan 5 karya tari. “Semua karya disajikan oleh warga Sendratasik, baik dosen, mahasiswa, maupun alumni,” tandasnya.

Dewi juga mengemukakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah berkarya.”Program tahunan ini diharap dapat menjadi sarana mengasah kemampuan dalam berkarya dan menunjukkan eksistensi jurusan,” katanya.

Dalam acara yang dipadati ratusan mahasiswa itu, para dosen Sendratasik yang dibantu beberapa mahasiswa menyajikan karya Lelagon Unnes Ngumandhang. Sebuah gending yang dicipta dosen karawitan, Widodo Brotosejati MSn.

Ketua Jurusan Sendratasik Joko Wiyoso MHum mengatakan, berbagai kegiatan yang diselenggarakan hendaknya tidak mengganggu aktifitas perkuliahan. “Hendaknya mahasiswa dapat membagi waktu dengan baik,” ujarnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.212 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Kesenian Barongan di Gelar Karya Sendratasik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *