Kerjakan yang Kamu Tulis, Tulis yang Kamu Kerjakan, Lalu Upload

Rabu, 16 November 2011 | 10:48 WIB


Kerjakan yang Kamu Tulis, Tulis yang Kamu Kerjakan, Lalu Upload
Dwi Sulistiawan/Humas

Sugiyanto mendampingi Imam Santoso saat menjadi narasumber.

Untuk mempertahankan peringkat Webometrics agar tidak disalip universitas lain, kita perlu menyusun sejumlah strategi. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali forum diskusi di web, terutama pada momen-momen yang mengundang banyak perhatian dan pertanyaan.

Imam Siswanto MSi, dosen Universitas Airlangga mengemukakan hal itu saat menjadi pembicara Focus Group Discussion Strategi Peningkatan Peringkat Worldclass University versi Webometrics yang diselenggarakan oleh Tim Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (16/11), di Ruang 405 Gedung H Lantai IV Kampus Sekaran Gunungpati.

Menurutnya, strategi ini akan meningkatkan bobot nilai web universitas pada kategori size atau jumlah halaman elektronik dalam suatu website universitas yang terindeks oleh mesin pencari. Untuk meningkatkan bobot nilai pada kategori visibility yaitu jumlah total tautan situs eksternal yang secara unik mencantumkan alamat website universitas.

”Jika berupaya saja peringkat belum tentu naik, apalagi kalau diam, kita pasti kesalip. Karena itu kita harus terus berupaya,” tukas Imam, mantan Direktur Sistem Informasi Unair itu.

Imam juga menerangkan, perbaikan dan penguatan utama dilakukan pada bagian file penelitian. Pengunggahan berbagai format file pengajaran maupun penelitian digencarkan dengan menggandeng banyak pihak “kerjakan yang kamu tulis, tulis yang kamu kerjakan, lalu di upload,” terangnya.

Kegiatan yang dibuka Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo ini diikuti oleh 45 orang, terdiri dari Dekan, Direktur Pascasarjana, Pembantu Dekan I dan staf PTIK Unnes “ Walaupun pengelola jurnal sudah bekerja keras, tapi kalau Unit Kerja yang lain tidak mendukung pasti hasilnya tidak akan maksimal” kata Rektor.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 5.782 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

6 komentar pada “Kerjakan yang Kamu Tulis, Tulis yang Kamu Kerjakan, Lalu Upload

  1. Bagaimana jika dimaksimalkan pengembangan E-Grey Literature (Literatur kelabu/ koleksi literatur yang tidak diterbitkan secara luas semisal skripsi, tesis dan disertasi), karya-karya semacam itu terdapat unsur referensi/daftar pustaka yang cukup luas cakupanya. Digitalisasi sebuah karya tulis, “Digitalkan semua yang sudah ditulis , upload semua karya tulis digital”

  2. kalau semua komponen civitas (maaf terutama para dosen dan pustakawan) punya kesadaran spt dua komentar itu, sy yakin unnes tidak ketinggalan utk menduduki ranking bergensi versi webometrics

  3. Saya alumni Unnes pada Mei 2011, saat ini sedang melanjutkan studi S2 dengan dana DIKTI. Saya ingin sekali men-share hasil tulisan-tulisan saya untuk adik-adik mahasiswa Unnes mungkin bisa sedikit membantu. Bagaimana caranya? selama ini saya hanya bisa memublikasikan tulisan saya diblog pribadi. Terima kasih.

    1. Pak Alfian.. kirimkan tulisan anda dalam bentuk gagasan ke humas@unnes.ac.id dengan judul “Gagasan nama Anda” maksimal 4000 karakter dan lengkapi dengan identitas serta foto diri. Untuk setiap penulis yang gagasannya diterbitkan akan mendapatkan sebuah kaos cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X