Kepala BAUK: Buat Surat Itu yang Damai-Damai Saja

Selasa, 26 November 2013 | 14:58 WIB


Kepala BAUK: Buat Surat Itu yang Damai-Damai Saja
Dwi Sulistiawan / Humas

Kepala BAUK Unnes Drs Anwar Haryono MPd saat menjadi narasumber pada Workshop Tata Naskah Dinas di Lingkungan Unnes, Selasa (26/11) di Rektorat kampus Unnes Sekaran.

Sebelum membuat surat, gagasan yang akan disampaikan harus jelas. Membuat konsep surat harus tenang. Perhatikan gagasan, sudah tertulis dengan jelas apa belum. Kalau sudah, barulah mulai mengetik surat dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 6/2013.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Drs Anwar Haryono MPd saat menjadi narasumber pada Workshop Tata Naskah Dinas di Lingkungan Unnes, Selasa (26/11), di rektorat kampus Unnes Sekaran.

Dikatakan juga, kalau ada koreksi dari siapa pun harus ditanggapi dengan senang. Kalau ternyata benar, tunjukkan pedoman yang benar kepada yang memberikan koreksi. “Yang damai-damai sajalah,” katanya berkelar.

Sebelumnya, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Unnes Dr Wahyono MM menjelaskan, tata naskah dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. “Oleh sebab itu, setiap naskah dinas, baik yang bersifat surat dinas, pengaturan, penetapan maupun naskah lain yang dikeluarkan oleh pejabat Unnes akan menjadi dokumen yang mengikat. Selain itu akan mempunyai konsekuensi yuridis sebagai keputusan pejabat yang sah,” katanya.

Menurut Ketua Panitia Widi Widayat SPd, kegiatan diikuti oleh 80 peserta yang terdiri atas pembantu dekan II, asisten direktur II, kepala bagian, dan kepala sub bagian di Unnes.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.608 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

satu komentar pada “Kepala BAUK: Buat Surat Itu yang Damai-Damai Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *