Koperasi Perlu Kembangkan Penjualan Online

Kamis, 27 Januari 2011 | 13:24 WIB


Koperasi Perlu Kembangkan Penjualan Online
SIHONO/HUMAS

Pada  era serba digital ini pengurus koperasi harus berani mengembangkan pemasaran produknya melalui online atau dunia maya jika ingin meningkatkan omzetnya.

Demikian dikatakan Penasihat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Handayani Drs Wahyono MM yang juga Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum (PR II) Unnes dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Handayani Tahun Buku 2010, Rabu (26/1) di gedung Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni kampus Sekaran. Rapat diikuti 200 peserta secara perwakilan.

“Promosi secara online itu sangat praktis, toko buka full 24 jam nonstop tanpa ada karyawan yang menunggu, anggota buka web dari rumah pilih produk yang diinginkan tinggal klik-klik barang apa yang mereka pesan. Kemudian petugas merekap dan menyiapkan barang tersebut syukur bisa diantar sampai rumahnya,” kata Wahyono.

“Ini merupakan peluang yang bagus, tinggal pihak koperasi mau menangkap peluang itu atau tidak. Ini semua sasarannya untuk peningkatan kesejahteraan anggota melalui efisiensi usaha,” katanya.

Warsono, Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kota Semarang mengatakan, koperasi itu bukan dilihat dari gemerlapnya tapi dilihat dari manfaatnya. “Oleh karena itu, koperasi perlu disosialisasikan dan dipromosikan baik melalui off line maupun online. Selain lewat promosi, perlu juga menyemangati anggota yang rajin dengan penghargaan. Dengan cara seperti itu, koperasi akan tetap eksis.”

Turut hadir pada RAT, Wakil PKPRI (Primer Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Madiyono , Wakil Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Mikro) Kota Semarang Indah Tri Wilujeng, dan perwakilan dari BNI.

Ketua Pengurus Dra Margunani MP  melaporkan, jumlah anggota KPRI Handayani 1.244 orang dengan tiga unit usaha, yakni bergerak dalam bidang simpan pinjam, pertokoan, dan jasa. “Dalam tahun buku 2010 ini kami mampu merealisasikan pendapatan sebesar 92% dengan perolehan perhitungan hasil usaha (PHU) sebesar 117% dari yang diproyeksikan.”

Laporan pengawas yang disampaikan Drs. Walid MSi merekomendasikan agar pegawai memberikan 3 S dalam melayani pelanggan yaitu sapa, senyum, dan salam. “Agar web koperasi lebih baik dan selalu komunikatif dengan anggota, perlu ada petugas khusus yang meng-update dan memelihara web KPRI Handayani,” katanya.

Pada akhir RAT diadakan undian puluhan doorprize, Sri Yuniati dari Perpustakaan memperoleh hadiah utama berupa Sepeda motor, dan Suprapto dari FBS mendapat TV 21’.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 4.877 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

3 komentar pada “Koperasi Perlu Kembangkan Penjualan Online

  1. selamat siang..
    mohon maaf yah,saya mo nanya neh,, apa isitilah yang dipake untuk peminjaman buku secara online yang ada di Perpustakaan UNNES ????
    thx

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *