Kembangkan Potensi dan Kompetensi Wisudawan di Dunia Kerja, Pusat Karir UNNES adakan Pelatihan Persiapan Karir

Rabu, 20 September 2017 | 11:48 WIB


Kembangkan Potensi dan Kompetensi Wisudawan di Dunia Kerja, Pusat Karir UNNES adakan Pelatihan Persiapan Karir

Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan para calon lulusan dalam menghadapi dunia kerja dan dunia industri. Dengan persiapan tersebut, mahasiswa tidak akan canggung dalam mengembangkan karir mereka di lapangan nantinya.

Hal inilah yang menjadi dasar bagi Pusat Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk mengadakan pelatihan persiapan karir pada Rabu (20/9) di Gedung Prof Satmoko, Kampus UNNES Sekaran, Gunungpati. Mengusung tema “Mengelola Potensi dan Investasi Menuju Sukses Karir”, acara ini diikuti oleh Wisudawan Periode III UNNES serta mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dr H Eko Supraptono, selaku Kepala Pusat Karir UNNES menyatakan bahwa acara ini adalah bentuk pengelolaan potensi karir masa depan mahasiswa dan wisudawan. Adapun pengelolaan tersebut adalah bentuk investasi diri menuju jenjang baru mereka di dunia kerja.

Kegiatan pelatihan ini turut mengundang dua pembicara dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES, yakni Luthfi Fathan Dahriyanto, SPsi, MA, dan Binti Isrofin, SPd, MPd.

Masuk ke dalam materi, Luthfi memberikan ceramah mengenai mengasah kompetensi diri di era modern. Ia menghubungkan kompetensi diri dengan persiapan kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan di dunia kerja di masa kini.

Kemudian, materi kedua dari Binti Isrofin berkaitan dengan perencanaan karir dalam lima tahapan. Kelima tahapan tersebut antara lain, evaluasi diri mahasiswa, eksplorasi bakat pada peluang kerja, kemampuan membuat keputusan, pemilihan tujuan hidup, dan implementasi dari cara untuk mencapai tujuan tersebut.

(Cesar Abdul, Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 184 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X