Keliling 3 Kota, Teater SS Pentaskan “Rungkat”

Sabtu, 12 Oktober 2013 | 10:29 WIB


Keliling 3 Kota, Teater SS Pentaskan “Rungkat”
HUMAS/DOK. TEATER SS

Teater SS Universitas Negeri Semarang mementaskan Rungkat di Teater Arena Taman Budaya Raden Saleh, Selasa (8/10) kemarin.  Pentas itu bagian dari pentas keliling tiga kota yang direncanakan, yakni di Solo, Kendal, dan Semarang.

Lebih dari 1 jam mereka mementaskan naskah karya Aslam Kusatyo itu. Disaksikan puluhan pecinta dan pegiat teater Solo dan sekitarnya, pentas Teater SS berjalan relatif lancar. Namun, pentas yag disutradari Akhmad Sobiron itu menyisakan sejumlah catatan.

“Secara keseluruhan sudah tergarap secara mumpuni. Tapi ada beberapa hal teknis yang terlewatkan. Misalnya, karena Rungkat naskah berbahas Jawa, kesulitan yang muncul adalah mengkondisikan bahasa Jawa yang digunakan, karena beberapa pemain berasal dari beberapa daerah ngapak,” kata Rio Pambudi, Ketua Teater SS, menyampaikan otokritiknya.

“Dari segi musik, saya kira sudah bagus, tinggal waktu masuk dan keluar diperhatikan hanya dengan sebuah gitar jimbe dan 2 vokal sudah mengiring pentas ini,” lanjutnya.

Rungkat mengisahkan cerita cinta Wardi yang seorang makelar ulung dan sangat sombong. Setiap hari waktunya dihabiskan untuk bekerja tanpa memperduliakan keluarga. Padahal dulu, keluarga Wardi dengan Surti, istrinya, harmonis dan mereka saling mencintai.

Konflik terjadi ketika Surti bertemu kekasih lamanya, Kirun. Ganyong, pria gila yang kerap jadi pengganggu, melaporkan hal itu kepada Wardi. Tak terima istrinya diselingkuhi, Wardi marah besar dan menantang Kirun ke stasiun lama buat berduel. Surti yang mendengar kabar itu kemudian menyusul.

“Yang sengaja dibuat menggantung adalah apa yang terjadi di stasiun lawas? Kenapa rumah mereka berdua sepi tidak ada orang?” katanya.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.442 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Keliling 3 Kota, Teater SS Pentaskan “Rungkat”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X