Kekuatan Doa dalam Mengatasi Masalah

Minggu, 3 November 2013 | 12:15 WIB


Kekuatan Doa dalam Mengatasi Masalah
humas/nur laila sofiatun

Suatu ketika, Abu Yazid Al Bustami, seorang ahli sufi asal Persia, berjalan bersama para muridnya. Dalam perjalanan itu, ia diolok-olok oleh pemuda yang sedang mabuk. Olok-olokan tersebut begitu menyakitkan sehingga membuat murid-muridnya sakit hati dan berniat memukul para pemuda. Akan tetapi Yazid tidak setuju. Ia justru mendoakan agar pemuda tersebut menjadi orang yang baik.

Syahdan, para pemuda mabuk tersebut tiba-tiba saja merasa bersalah. Mereka meminta maaf kepada Abu Yazid.

Hal tersebut dikisahkan kembali oleh ulama asal Semarang Habib Umar Muthohar, ketika memberikan ceramah dalam acara Pembukaan Gebyar Kreativitas Mahasiswa Sipil (GKMS) ke-5, Kamis (31/10), di kampus Sekaran.

“Untuk mengatasi masalah, kita dapat menggunakan jurus ampuh yang tidak akan menimbulkan masalah baru. Jurus ampuh tersebut adalah doa,” katanya.

Pada ranah perguruan tinggi, doa seperti layaknya slogan, yang selalu dapat mengatasi segala permasalahan yang ada, bahkan untuk permasalahan yang sulit dihadapi. “Jika urusan hati manusia saja bisa diubah hanya dengan berdoa, apalagi jika ‘hanya’ masalah-masalah keduniaan,” ujarnya.

Pembukaan GKMS kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yang biasanya dibuka dengan jalan sehat bersama, kali ini dibuka dengan doa bersama dan juga pembacaan maulid Rasul.

GKMS merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes). “GKMS sendiri terdiri dari berbagai kegiatan, antara lain Lomba Kreativitas Mahasiswa (LKM), Sket Gedung, Sketsa Gedung, Auto Cad, Kuliah Umum dan Seminar Nasional,” ujar Sabar Wahyudi, ketua panitia kegiatan.

Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FT Drs Muhammad Harlanu MPd. Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Jurusan Teknik Sipil Drs Sucipto MT, dosen dan karyawan Teknik Sipil, KH Masroni, dan rebana dari beberapa perguruan tinggi di Semarang dan Yogyakarta.

Selain pengajian yang diisi oleh Habib Umar Muthohar, diadakan juga doa bersama yang dipimpin oleh Habib Abu Bakar Salim Al Athos. “Pembacaan doa bersama ini bertujuan agar semua kegiatan GKMS nanti berjalan dengan lancar dan sukses. Seperti tema yang kami usung tahun ini yaitu Optimis Awal Menuju Sukses,” ujar Sabar.

Nur Laila Sofiatun

 


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 4.911 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Kekuatan Doa dalam Mengatasi Masalah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *