Kapolda Jateng: Masuk Unnes Rasanya Mak Nyes

Jumat, 23 Desember 2011 | 17:18 WIB


Kapolda Jateng: Masuk Unnes Rasanya Mak Nyes
SIHONO/HUMAS

Ragukanlah bahwa matahari itu bergerak maju
Ragukanlah bahwa bintang itu berkedip
Tapi jangan ragukan cintaku kepada kampus tercinta ini: Unnes.

Itulah cuplikan puisi yang dibacakan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Pol Drs Didiek Sutomo Triwidodo MM MHum saat Silaturahmi dan Penandatanganan MoU dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes), di Gazebo Embung kampus Sekaran, Jumat (23/12).

“Artinya cinta saya kepada masyarakat sekitar kampus dan Unnes yang rindang, teduh, dan menyejukkan hati saya ini membuat saya terpukau dan begitulah saya malah kehilangan kata-kata dalam memberi sambutan ini,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo.

Ruang lingkup dalam kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengkajian, pengembangan sumber daya manusia, seminar, penataran, lokakarya, dan kegiatan lain yang disepakati bersama.

“Saya mulai masuk pintu gerbang Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini terasa mak nyes! Saya sangat terpukau dengan kesejukan kampusnya. Pohonnya sangat rindang, teduh, dapat menyejukkan hati saya yang sehari-harinya bekerja di panas terik matahari,” ungkap Kapolda.

Dia juga mengemukakan, kegiatan ini untuk membangun kemitraan antara Polri dan mahasiswa, karena mahasiswa merupakan elemen masyarakat yang penting. “Jumlahnya tidak banyak, namun sejarah menunjukkan dinamika bangsa ini tidak lepas dari peran mahasiswa. Walaupun zaman terus bergerak dan berubah, mahasiswa tetap eksis, semangat, dan idealis,” katanya.

Menurutnya, kerja sama ini sebagai wujud kebersamaan antara Polda Jateng dengan Unnes untuk ikut serta dalam upaya mencerdaskan bangsa baik di bidang ilmu pengetahuan, keamanan, dan ketertiban masyarakat.

Orang nomor satu di kepolisian Jawa Tengah itu juga berpandangan, menambahkan mahasiswa sebagai pelaku utama dan agen pembaharuan memiliki makna yakni sekumpulan manusia intelektual yang memandang segala sesuatu dengan pikiran jernih, positif, kritis, bertanggungjawab, dan dewasa secara moril.

Pada bagian lain, Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, Polri ingin menjadi bagian dari masyarakat, ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, baik itu masyarakat pada umumnya dan masyarakat kampus sehingga kalau dulu kesan polisi sebagai suatu sosok yang menakutkan tapi ternyata polisi itu sungguh sama seperti orang sipil.

“Polri ini di nana saja dia ada dan bisa melakukan apa saja seperti pada masyarakat pada umumnya. Karena ini adalah kesepakatan bersama menyambung kesepakatan yang telah habis masa berlakunya, ke depan tentu akan lebih baik lagi karena periode yang pertama ini memberi manfaat yang luar biasa bagi Unnes dan masyarakat, kesepakatan bersama yang baru saja ditandatangi ini mesti lebih bermanfaat lagi,” kata Prof Sudijono.

Serangkaian kegiatan silaturahmi ini setelah penandatanganan kesepakan bersama, Kapolda Jateng dan Rektor Unnes menabur benih ikan nila dan gurami sebanyak 5.000 ekor di embung Unnes disaksikan antara lain Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (PR IV) Prof Fathur Rakhman, PR III Prof Masrukhi, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan pimpinan di jajaran Unnes serta jajaran pemimpin Polda Jateng.

Setelah menabur benih ikan, Kapolda menanam pohon Melati Jasmin. Tanaman ini merupakan tanaman berbatang tegak merayap dan hidup menahun. Melati Jasmin dimanfaatkan sebagai bunga tabur, bahan pembuat minyak wangi, kosmetik, farmasi, karangan bunga, campuran teh, hingga menjadi tanaman obat.

Adapun Rektor Unnes menanam pohon Dewandaru. Tanaman ini melambangkan kehidupan dan kebahagiaan. Juga melambangkan keseimbangan antara manusia, Sang Khalik, dan alam semesta sehingga tercipta keselarasan hidup.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 3.221 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

7 komentar pada “Kapolda Jateng: Masuk Unnes Rasanya Mak Nyes

  1. Kerjasama yang dibangun antara Unnes dan Polda Jawa Tengah selama ini memberikan manfaat kedua belah pihak dalam pengembangan kelembagaan dan pengembangan SDM. Semoga kedepan kerjasama ini dapat ditingkatkan sehingga akan lebih memberikan dampak positif bagi dosen,mahasiswa, Unnes, Kepolisian, dan masyarakat. Jayalah Unnes, dan Jayalah Polda Jawa Tengah, dan damailah masyarakat Indonesia.

  2. Salah satu dampak kemitraan yg dapat saya rasakan sbg warga Unnes adalah di saat berangkat ke kantor, di tiap pagi, terlebih pada hari Senin pagi yg trafic-nya sangat padat, sekarang telah dengan siap siaga pak polisi mengatur lalin di “jembatan besi” dan bbrp pertigaan dekat kampus. . . sehingga perjalanan lancar . . Bravo POLRI . . Bravo UNNES. . Aman sejahtera masyarakat Indonesia. .

  3. Akhirnya terlaksana juga kegiatan yang sempat beberapa kali tertunda karena jadual kedua pimpinan lembaga yang sangat padat. Sudah banyak hal yang dilaksanakan bersama antara Unnes dan Polri (Polda Jateng),, seperti berdirinya pos FKPPM (Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat Mahasiswa) di perematan Unnes, penelitian bersama, pengamanan lingkungan kampus, pengamanan tamu, dll. Pada tahun mendatang perlu ditingkatkan lagi kegiatan bersama yang dapat dilakukan, oleh tiap unit kerja atau fakultas dengan diretktorat-direktorat di Polda dalam mengisi kerjasama yang sudah ditandatangani oleh kedua pimpinan lembaga tersebut. Maju terus Unnes-Polri untuk kejayaan Indonesia.

  4. Mari kita sebagai warga Unnes mendukung berbagai upaya kerjasama dengan instansi luar Unnes yang secara nyata memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak, terutama dengan Polda Jateng, Polrestabes Semarang dan Polsek Gunungpati, sudah barang tentu kita membutuhkan rasa aman damai dan tenteram dan salah satu fungsi itu setiap hari kita merasa dibantu dengan hadirnya FKPMM dan petugas kepolisian, terima kasih atas segala bantuan ide saran dan masukan serta semua kerjasamanya.

  5. omong-omong pak. ada yang tau di mana pohon dewandaru di tanam sama bapak rektor unnes. katannya pohon dewan daru itu bawa berkah. yang dapat daunnya aja senang apalagi yang nanam pohonyya. :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X