Jumat Besok, Unnes Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Kamis, 31 Maret 2016 | 14:34 WIB


Jumat Besok, Unnes Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk
Humas / Dok

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Sang Balarama pada Jumat (1/4) di halaman belakang auditorium Unnes Sekaran, Gunungpati, Semarang. Pentas wayang kulit dengan dalang Ki Purbo Asmoro dari Solo ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Dies Natalis ke-51 Unnes.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan, lakon Sang Balarama dipilih karena mengajarkan aspek kejujuran. Episode Balarama menolak ikut campur dalam perang Mahabharata ini menggambarkan situasi sulit yang sering dihadapi orang-orang yang baik dan jujur dalam hidup. Dipaksa memilih dua jalan yang sama-sama benar, tapi saling bertentangan, sering kali membuat orang berhadapan dengan buah simalakama.

“Hanya orang jujur yang menghadapi persoalan semacam ini. Orang yang tidak jujur tidak akan menemui persoalan semacam ini karena mereka pasti dikendalikan kelekatan atau hasrat pribadi, yakni kepentingan diri,” katanya, Kamis, (31/3).

Perhelatan seni tradisi ini diharapkan menjadi pengingat-ingat agar civitas academica senantiasa mengutamakan kejujuran dalam menjalani tugas pada tahun akselerasi inovasi.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.273 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

7 komentar pada “Jumat Besok, Unnes Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

  1. Budaya menonton wayang kulit menurut saya banyak dampak positif nya, selain sebagai hiburan untuk menghilangkan penat, menonton wayang kulit juga dapat menjadikan motivasi bagi para penonton apabila penonton mendalami cerita dari tokoh pewayangan tersebut. Selain itu menonton wayang kulit juga memberikan pesan moral yang mendalam kepada para penonton. Contohnya tokoh Sang Balarama tersebut mengajarkan aspek kejujuran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat banyak manfaat apabila kita menonton wayang kulit.

  2. Wayang kulit. Budaya menonton wayang kulit menurut saya banyak dampak positif nya, selain sebagai hiburan untuk menghilangkan penat, menonton wayang kulit juga dapat menjadikan motivasi bagi para penonton apabila penonton mendalami cerita dari tokoh pewayangan tersebut. Selain itu menonton wayang kulit juga memberikan pesan moral yang mendalam kepada para penonton. Contohnya tokoh Sang Balarama tersebut mengajarkan aspek kejujuran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat banyak manfaat apabila kita menonton wayang kulit.

  3. Alhamdulilllah, setiap acara diesnatalis selesai, pasti sampai sekarang UNNES tetap menjaga budaya gelar nonton bareng wayang kulit secara gratis dan menarik,serta tidak lupa menghadirkan seniman wayang terkenal.
    Semoga budaya tersebut tetap dan terus dilestarikan hingga nanti, karena bisa menginspirasi universitas2 lain dalam konservasi budaya.
    khususnya dalam melestarikan pagelaran seni budaya wayang kulit.

    putramrifqi@gmail.com

  4. Acara yang sangat bagus dan menginspirasi, selain untuk menghibur mahasiswa dan masyarakat lingkungan sekitar, hal ini juga dapat dijadikan sarana melestarikan budaya.
    #UnnesKonservasi

  5. Tema yang diangkat sangat bagus, tentang “kejujuran”.
    Lebih memilih mana antar orang pintar tapi tidak jujur atau orang bodoh tapi jujur.
    Tentu sebagai akademisi unnes kita harus bisa menjadi orang pintar dan jujur.

    #mari wujudkan
    #2016 tahun akselerasi inovasi
    #Semangat Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *