Jelang Olimpiade, Jurusan Fisika Adakan Seleksi

Minggu, 17 Maret 2013 | 10:05 WIB


Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA Unnes) mengadakan Seleksi Tim Olimpiade Fisika Excellent (Stoke), Sabtu (16/3), di fakultas tersebut. Seleksi diikuti 33 mahasiswa aktif Jurusan Fisika dari semua angkatan.

Stoke diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Fisika FMIPA Unnes untuk membentuk tim olimpiade yang nantinya akan diikutsertakan dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang diadakan oleh Pendidikan Tinggi (ON MIPA Dikti) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Stoke diadakan dalam dua tahap, yaitu tahap seleksi dan babak final. Pada tahap seleksi akan diambil 7 besar untuk mengikuti final. Tahap seleksi diadakan dengan cara mengerjakan soal dalam bentuk uraian.

Sedangkan babak final dilaksanakan dengan cara finalis mempresentasikan materi yang didapat dari undian juri. Meski dalam tahap final hanya 3 besar saja yang mendapatkan penghargaan, tetapi ketiga finalis nantinya akan diikutsertakan dalam ON MIPA Dikti.

Ketujuh finalis tersebut nantinya juga akan mendapat bimbingan olimpiade dari dosen Jurusan Fisika secara langsung. Harapannya dengan acara Stoke ini mahasiswa yang mewakili Unnes dalam ON MIPA Dikti dapat menjadi wakil Jawa Tengah, seperti Listyanto yang tahun lalu mendapatkan medali Emas bidang Fisika di tingkat nasional.

Pengumuman finalis dilaksanakan 20 Maret 2013, sedangkan babak final dilaksanakan tanggal 26 Maret 2013 berbarengan dengan pendaftaran terakhir tim olimpiade di tingkat fakultas.

Nur Laila Sofiatun


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 4.606 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

4 komentar pada “Jelang Olimpiade, Jurusan Fisika Adakan Seleksi

  1. Selamat bwt peserta STOKE 2013, siapapun yg lolos smga ttp bs mbawa nama baik jurusan fisika (khususnya) dan Unnes pd umumnya di tingkat Nasional. Dan bagi yg blm lolos utk thn ini ttplah semangat dan belajar.
    Bagi kontributor, mantab,

  2. Semoga yg lolos nanti bisa membawa nama baik jurusan Fisika khususnya dan Unnes di tingkat nasional. Aamiin..
    Fisika… Be Excellent…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *