Istimewanya Perayaan Puncak Dies Natalis ke 51 Unnes

Jumat, 1 April 2016 | 17:57 WIB


Istimewanya Perayaan Puncak Dies Natalis ke 51 Unnes
LINTANG/HUMAS

Ada satu sisi yang patut menjadi perhatian pada upacara puncak Dies Natalis ke 51 Unnes, Rabu (30/3) di Auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes). Rektor terdahulu hingga tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia turut hadir merayakan acara puncak pencapaian kinerja seluruh civitas akademika Unnes, sejumlah pertunjukkan pun sukses ditampilkan.

Barisan tempat duduk panggung kehormatan terlihat Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman, Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menristekdikti Prof M Nasir, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada barisan tempat duduk VIP diantaranya tampak Rektor terdahulu Prof Sudijono Sastroatmodjo , Prof AT Soegito, Prof Retmono, dan Prof Rasdi Eko Siswoyo juga Mantan Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Irman Gusman, Wakil Ketua DPR RI Ir AGus Hermanto, Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Nur Ali, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Hadir pula, Ani Yudhoyono berbalut busana kebaya silver didampingi Istri Prof Fathur, Barokah Isdaryanti tampak manis mengenakan kebaya putih dalam barisan tersebut.

Acara dimulai, Rektor membuka acara dan segera disambut tepuk tangan para tamu undangan, dilanjutkan dengan Laporan Tahunan Rektor. Selain itu peluncuran integrasi 120 sistem aplikasi Unnes menjadi agenda acara salah satu yang banyak diapresiasi dan menarik perhatian para tamu undangan.

Waktu menunjukkan pukul 09.44 WIB, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya secara informatif menyampaikan target pencapaian cita-cita Jawa Tengah dan akan aktif mengikutsertakan masyarakat dalam pelaksanaan tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal budaya seperti gotong royong, musyawarah serta urun rembug (sumbang saran –red).

“Saya harap Tim KKN Unnes juga dapat berpartisipasi membantu program-program kegiatan desa dengan sistem perencanaan, pelaksanaan, evaluasi yang lebih baik, “ ujar Ganjar.

Selanjutnya, sambutan kunci oleh Menristekdikti Prof M Nasir mengikhtisarkan, Unnes dapat meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas dalam bidang riset di Indonesia.

“Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat ini tengah mendorong tujuh bidang riset yang dikembangkan berbasis inovasi dan industri, yakni bidang teknologi pangan dan pertanian, bidang kesehatan dan obat obatan, informasi teknologi komunikasi, teknologi transportasi, nano teknologi, teknologi pertahanan dan energi terbarukan, serta satu bidang energi kemaritiman adalah amanah langsung dari Presiden RI,” paparnya.

Adapun Orasi Ilmiah yang ditunggu-tunggu segenap yang hadir dalam acara tersebut, termasuk mahasiswa Bidik Misi yang mendengarkan dari tribun atas, yakni Orasi Ilmiah dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Abad 21” oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekitar satu jam SBY menyampaikan pandangannya tentang bagaimana ekonomi konvensional telah memberikan dampak terhadap pengurasan sumber daya kehidupan, pencemaran lingkungan & ketidakadilan. SBY menekankan pentingnya koreksi besar serta implementasi ekonomi berbasis lingkungan untuk mewujudkan kualitas hidup manusia yang lebih baik, keadilan sosial dan kelestarian ekosistem. Mengubah sistem perekonomian yang semula cenderung menghambur-hamburkan menjadi muatan pemberdayaan potensi alam demi tujuan melestarikan.

SBY menjelaskan bahwa bagi Indonesia, ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan adalah jalan yang beradab dan bertanggung jawab.

Penghargaan

Unnes juga, memberikan penghargaan kepada lima tokoh Indonesia yang memiliki jasa besar dalam berbagai bidang. Kelima tokoh yang menerima anugerah konservasi adalah Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono, Prof Dr M Nuh DEA, Prof Mohamad Nasir, Prof Dr Riri Fitri, dan Dr (HC) Rita Subowo.

Acara ditutup dengan persembahan kolaborasi orkestra, gamelan, dan tari, dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Dr Sulaiman MKes.
Eva Rafiqoh


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.597 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

5 komentar pada “Istimewanya Perayaan Puncak Dies Natalis ke 51 Unnes

  1. Terima kasih Unnes telah menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif yang tentunya diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi warga Unnes terutama mahasiswa untuk terus berkarya dan ikut dalam upaya membangun Indonesia menjadi lebh baik.

  2. Luarbiasa!
    Semakin salut dengan akselerasi inovasi yang terus dilakukan oleh Unnes :)
    Bangga sekali rasanya bisa menjadi bagian dari rumah ilmu Unnes.
    Semakin mantap, Unnes akan akan dikenal sebagai Kampus Konservasi Bereputasi Internasional. Salam Konservasi!

  3. Di umur yang ke 51 ,Unnes begitu banyak membuat gebrakan.
    #Dirgahayu Unnes Ke 51, semoga semakin solid dan memberikan pengaruh positif bagi bangsa.

    #2016 tahun akselerasi inovasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X