Ramadan, Saat Tepat untuk Introspeksi

Senin, 1 Agustus 2011 | 15:31 WIB


Ramadan, Saat Tepat untuk Introspeksi
SIHONO/HUMAS

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk melakukan introspeksi. Karena itu, awal bulan suci ini semestinya dijadikan sebagai momen untuk melakukan perubahan diri.

Demikian dikatakan  Rektor Unnes  Prof Sudijono Sastroatmodjo saat memberi sambutan pada tarawih perdana di Masjid Ulul Albab kampus Sekaran, Minggu (31/7).  Bertindak sebagai Imam Prof Dr Masrukhi diikuti para pejabat, dosen, mahasiswa, karyawan, dan masyarakat sekitar.

“Untuk itu, marilah kita instrokpeksi, menempatkan posisi kita masing-masing, posisi sebagai bapak, sebagai ibu, dan sebagaianya. Kalau toh itu belum dilaksanakan, bulan suci ini mengingatkan kita semua. Mari , jika mahasiswa ya menjadi mahasiswa yang baik, jika menjadi dosen ya menjadi dosen yang baik, menjadi tenaga kependidikan yang baik, dan yang menjadi pejabat  ya menjadi pejabat yang baik. Ini kembali lagi kesempatan yang diberikan Allah kepada kita kalau masih dipertemukan dengan Ramadan tahun depan,” ajak Rektor.

M  Zaim sebagai penceramah mengatakan, hal yang penting dalam Ramadan tercantum dalam Surat Albaqarah 183-188. Dalam Ayat 186 disebutkan, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Pengertiannya, lanjut Zaim, kalau kita ingin berdoa dan dikabulkan maka itu adalah saat Ramadan, karena Allah sangat dekat dengan kita.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.300 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *