Inilah Yang Harus Diketahui Peserta SBMPTN

Kamis, 4 Juni 2015 | 16:52 WIB


Inilah Yang Harus Diketahui Peserta SBMPTN
Humas/Doc

Lulusan SMA yang akan melanjutkan kuiah ke perguruan tinggi negeri (PTN), beberapa hari lagi akan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Lalu, apa saja yang harus diketahui saat ujian SBMPTN mendatang.

Menurut Kepala Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Bambang Priyono MPd, peserta SBMPTN dapat memilih salah satu dari tiga kelompok ujian yaitu kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), “kelompok ujian Sosial Humaniora (Soshum) dan kelompok ujian campuran. Mereka akan mengikuti ujian tulis secara serentak pada 9 Juni 2015,”katanya di Kampus Sekaran, Kamis, (4/6)

Pada sesi awal, menurut Bambang Pri, semua peserta kelompok ujian SBMPTN akan mengerjakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). Tes ini diujikan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Hasil tes juga dapat menjadi ukuran kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa.

“Kemudian, peserta SBMPTN kelompok ujian Saintek akan mengerjakan soal-soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Mereka harus menguasai materi Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika saat ujian SBMPTN,” kata dosen keolahragaan yang juga instruktur senam nasional itu.

Sedangkan peserta kelompok ujian Soshum akan menekuni materi soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Ujian SBMPTN di kelompok ini terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi, peserta yang memilih kelompok ujian campuran harus mengerjakan paket soal Saintek dan Soshum, “katanya.

Sementara itu, lanjutnya, jika memilih program studi (prodi) seni dan olahraga, maka harus mengikuti ujian keterampilan. Jadwal ujian keterampilan dapat disimak di masing-masing kampus penyelenggara tes. Biasanya ujian keterampilan ini diselenggarakan satu hingga dua hari setelah ujian tulis berlangsung.

Sejak sekarang, sebaiknya peserta mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian keterampilan. Pemilih prodi ilmu seni akan menghadapi tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni terkait. Peserta juga akan diminta mempraktikkan keterampilan dalam bidang seni yang dipilih seperti musik, tari atau lukis.

“Kemudian, ujian keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga. Peminat prodi ini akan diminta melakukan beberapa keterampilan dasar olahraga seperti lari, squat jump, sit up, dan test koordinasi” pungkasnya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 987 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X