UKT Calon Mahasiswa SBMPTN Diumumkan Hari Ini Pukul 12.00 WIB

Kamis, 18 Juli 2013 | 8:56 WIB


UKT Calon Mahasiswa SBMPTN Diumumkan Hari Ini Pukul 12.00 WIB
setyo/humas

Calon mahasiswa Unnes jalur SNMPTN 2013 melakukan registrasi di Auditorium Kampus Sekaran, Selasa (25/6).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa baru Unnes jalur SBMPTN akan diumumkan Kamis (18/7) hari ini mulai pukul 12.00 WIB. Calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa bisa melihat biaya pendidikan selama menempuh pendidikan di Unnes. UKT berlaku sejak semester pertama hingga mahasiswa bersangkutan menyelesaikan studi.

Unnes menetapkan lima kategori UKT sesuai isian data pokok yang telah dilakukan calon mahasiswa. Kategori I dengan UKT terkecil ditetapkan bagi mahasiswa tidak mampu. Kategori V dengan UKT terbesar ditetapkan bagi calon mahasiswa mampu. Skema ini memungkinkan subsidi silang antara mahasiswa mampu dengan mahasiswa kurang mampu.

“Kami percaya calon mahasiswa mengisi data dengan jujur. Tapi kalau di kemudian hari diketahui tidak jujur, calon mahasiswa bersangkutan akan dikenai UKT kategori tertinggi. Kalau menolak, yang bersangkutan bisa kami gugurkan dari proses seleksi,” terang Kepala UPT Humas Sucipto Hadi Purnomo, Kamis (18/7) pagi tadi.

UKT ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 272/E1.1/KU/2013 tanggal 14 April 2013 dan 97/E/KU/2012 tentang Uang Kuliah Tunggal. Dalam Surat Edaran tersebut, setiap PTN disarankan membuat 5 kategori. Besaran UKT untuk mahasiswa Kategori I adalah antara Rp. 0 sampai Rp500.000. Setiap perguruan tinggi harus menerima mahasiswa dari Kategori I sedikitnya 5 persen dari seluruh mahasiswa yang diterima.

Setelah menerima pengumuman besar UKT, mahasiswa disarankan segera melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk. Selanjutnya, mahasiswa diharuskan mengisi registrasi online melalui http://registrasi.unnes.ac.id. Calon mahasiswa juga diwajibkan hadir dalam verivikasi registrasi pada 23 – 25 Juli 2013 pukul 08.00-15.00 WIB bertempat di Gedung Auditorium Unnes Kampus Sekaran Gunungpati Semarang sesuai fakultas masing-masing.

Besaran UKT dapat dilihat di sini.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 13.268 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

116 komentar pada “UKT Calon Mahasiswa SBMPTN Diumumkan Hari Ini Pukul 12.00 WIB

  1. maaf, formulir lapor diri itu yang mana ? katanya ada di web registrasi.unnes.ac.id tapi saya cari gak ada, terus di data seharus nya saya masuk lewat sbmptn, yang tertulis malah snmptn.

  2. maaf pak saya mau tanya.. saya sudah masuk dai registrasi unnes.. tapi ketika menyimpan biodata kok gagal terus ya…? mohon penjelasannya
    terimakasih

  3. admin mau tanya, gimana ya melihat UKT??
    mesti muncul kaya gini
    ” Anda belum
    tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2014. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam
    setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu
    tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.”
    tolong minta bantuananya

  4. admin saya mau tanya no. pin pendaftaranya berapa digit, punya saya 16, saya dapat saat mendaftar sbmptn tapi kok gak bisa masuk?

  5. Pak kok saya udah login gak bisa ? padahal saya udah mengisi data pokok dan udah di finalisasi.. caranya gimana ini ? please…

  6. assalmu’alaikum
    pak saya mau tanya, saya kan sudah membayar ukt di bank, tetapi pada saat saya mau registrasi online, kenapa tulisannya, saya belum membayar biaya pendidikannya. kenapa itu pak?
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *