Inilah Tata Cara Mendaftar SNMPTN 2013

Sabtu, 2 Februari 2013 | 13:27

Berita Terkait

Mau mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tapi belum paham benar caranya? Berikut tata cara pendaftaran yang dibuka mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013 secara online ini.

Sebelumnya perlu diketahui, pada dasarnya semua kelas terakhir yang mengikuti Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2013 berhak mendaftar SNMPTN. Namun untuk mendaftar, mesti mengikuti prosedur berikut ini.

Pertama, siswa pelamar dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah pada waktu verifikasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), login ke laman http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Kedua, siswa pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Ketiga, kepala sekolah harus memberikan rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.

Keempat, pelamar program studi seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh kepala sekolah dan/atau siswa menggunakan instruksi yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.

Kelima, siswa pelamar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Keenam, untuk kelas akselerasi dan sekolah yang menggunakan sistem kredit semester, pencatatan nilai mata pelajaran disesuaikan dengan sistem semester dan didistribusikan ke semester 3, 4, dan 5. Hasil proses penyesuaian harus dituangkan dalam surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah untuk keperluan proses registrasi apabila di terima.

Nah, mudah kan?

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

106 Komentar untuk “Inilah Tata Cara Mendaftar SNMPTN 2013”

  1. alinda

    Minggu, 3 Februari 2013 | 11:32

    apakah untuk foto ada ketentuannya? misal ukuran foto dan kb??

  2. imam

    Minggu, 3 Februari 2013 | 11:48

    kapan snmptn nya di buka?
    yang jalur tertulis?
    tolong infonya

  3. Trisa

    Minggu, 3 Februari 2013 | 15:02

    kalau daftar SNMPTN nya lwat pihak skolah gimana,ya? mhon jwabanya

  4. ansarullah

    Minggu, 3 Februari 2013 | 19:30

    bagaimana cara pendaftaran SNMPTN angkatan tahun sebelumnya

  5. Nur Adi

    Minggu, 3 Februari 2013 | 21:05

    bagaimana cara mendaftar ke PTN secara online?

  6. Agung Anindyajati

    Senin, 4 Februari 2013 | 09:52

    Untuk jurusan keolahragaan portofolio atau dokumen bukti itu apakah piagam ?

  7. safiq

    Senin, 4 Februari 2013 | 16:21

    sudah bisa log in ke halaman SNMPTN,tapi setelah klik FORMULIR PENDAFTARAN kok masih tidak bisa ?

  8. teduh sukma wijaya

    Senin, 4 Februari 2013 | 17:05

    piagamitu nambah poin apa gemana?

  9. lintang

    Selasa, 5 Februari 2013 | 09:42

    apakah khalayak umum bisa mengetahui tata cara seleksi dan penilaian peserta?

  10. hendra

    Selasa, 5 Februari 2013 | 23:43

    untuk pendaftaran tahun ini ( 2013) sanggat sulit untuk di pahami, mudah-mudahan tahun depan untuk bisa di permudah lagi…

  11. Nurul Fatkhi

    Rabu, 6 Februari 2013 | 08:58

    apakah program studi yang dipilih boleh lintas fakultas?

  12. fauziah dwi rahmawati

    Kamis, 7 Februari 2013 | 16:16

    up sekolah yang ditagihkan itu apa?

  13. itin

    Kamis, 7 Februari 2013 | 16:31

    sudah bisa log in ke halaman SNMPTN,tapi setelah klik FORMULIR PENDAFTARAN kok masih tidak bisa ?

  14. itin

    Kamis, 7 Februari 2013 | 16:33

    FORMULIR PENDAFTARANnya kok nggak ad ?

  15. Rohayati

    Jumat, 8 Februari 2013 | 01:43

    Saya lulusan tahun 2011,, klo misal ny mw ikut mndaftar SNMPTN kira2 bisa nggak???
    Tolong jwban ny…makasih

  16. hendra

    Jumat, 8 Februari 2013 | 15:36

    ea tak komen dikit semoga bermanfaat…

    kenapa formulir pendaftaran tidak ada, karena sebelumnya anda harus memverifikasi data rapot anda di https://pdss.snmptn.ac.id/siswa/

    verifikasinya di atas file yang berwarna biru….

  17. diana afriati

    Jumat, 8 Februari 2013 | 17:32

    kata nya kalo mwu msuk snmptn yang jalur undangan itu harus d lihat dari nilai semester 3,4,5. dan jga kata.a nilai itu tidag boleh turun.
    bgagaimana kalo nilai d semeter 5 nya turun? mohon jawaban nya?

  18. dion

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 20:44

    kira-kira untuk yang sudah daftar snmptn, klo untuk informasi lolos daftar gimana kita bisa tau?
    tolong jawabannya…thanks

  19. alwan

    Minggu, 10 Februari 2013 | 17:35

    numpang tanya.
    cara finalisasinya gimana ?
    aku udah isi formulir :O
    tapi finalisasi nya gatau gimana.
    mohon bantuan nya om :D

  20. LUTHFI

    Senin, 11 Februari 2013 | 13:50

    KAK bagi yg punya sertifikat tgkt kabupaten, diunggah pda wktu kpan?
    ap kalo kita lolos bru bisa mnyrtkan sertfikat trsebut??

  21. LISA

    Senin, 11 Februari 2013 | 20:17

    maksudnya “UP sekolah yang ditagihkan” ?

  22. sri novita

    Senin, 11 Februari 2013 | 20:28

    admin.. gimana cara pendaftaran snmptn untuk angkatan sebelumnya?

  23. ahmad syafi

    Selasa, 12 Februari 2013 | 16:40

    gmn low snmptnn ? dan bgmn cara – caranx ?

  24. via kateluniati

    Selasa, 12 Februari 2013 | 18:32

    untuk masalah foto warna latar belakangnya terserah atau ada ketentuan tertentu,,,misalkan laki2 biru,,perempuan Merah.,,,atau bagaimana

  25. danu p

    Selasa, 12 Februari 2013 | 19:09

    kalu untuk bidang olahraga apakah ada tes msuk untuk praktek?? dan waktunya kapan?? terima kasihh

  26. Dwika

    Rabu, 13 Februari 2013 | 19:52

    Gimana sama ukuran foto pendaftaran snmptn 2013 ? 3×4 atau 2×3 …? kalo ftonya sedikit di edit kecerahan ,gimana ? masih dikatakan resmi atau tidak ? mohon jwbnny. terima kasih

  27. Bayu

    Rabu, 13 Februari 2013 | 20:26

    bagaimana prosedur untuk mengikuti SNMPTN 2013 untuk saya yang lulusan tahun 2012
    terima kasih

  28. Abay

    Rabu, 13 Februari 2013 | 20:27

    bagaimana prosedur untuk mengikuti SNMPTN 2013 untuk saya yang lulusan tahun 2012
    terima kasih

  29. Adho

    Rabu, 13 Februari 2013 | 20:31

    bagaimana prosedur untuk mengikuti SNMPTN 2013 untuk saya yang lulusan tahun 2012
    terima kasih

  30. abner

    Kamis, 14 Februari 2013 | 21:42

    bagai mana prosedur untuk mengikuti SNMPTN 2013 untuk saya yang lulusan tahun 2013.
    terima kasih

  31. Bagus

    Kamis, 14 Februari 2013 | 22:03

    bagaimana jika saya sdh memfinalisasikan formulir pendaftaran saya tetapi ternyata informasi yang saya masukan salah pada bagian NIS, yang saya masukan nis nasional, semestinya yang diminta nis sekolah.. bagaimana penyelesaiannya? dan saya sudah lagi panik hadapi ini masalah… tolong..

  32. Aisah

    Kamis, 14 Februari 2013 | 23:57

    apakah ujian tertulis masih

  33. Dyah

    Jumat, 15 Februari 2013 | 09:16

    Berapa ukuran foto untuk pendaftaran snmptn 2013, beri tahu dong???

  34. muhammad syahid

    Jumat, 15 Februari 2013 | 10:24

    cara unngah poto untuk masuk ptn via online tidak tersedia mohon bantuan dan caranya,,,sudah bingung nihh

  35. Agnia Rizqi Wardani

    Jumat, 15 Februari 2013 | 19:10

    Apakah boleh setelah mengisi biodata tetapi tidak langsung difinalisasi? Apakah data yang sudah diisi tersebut akan tersimpan dan bisa dilanjutkan lagi untuk difinalisasi? Tolong jawabannya. Terima kasih.

  36. ahmad syafi

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 04:42

    kalow bidikmisi gmn?

  37. ridho

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 13:56

    kalo UP sekolah salah gemana ? ada cara benerinnya ngk

  38. ridho

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 13:57

    data saya sudah di finalisasi

  39. Angga

    Minggu, 17 Februari 2013 | 15:44

    ass.

    UP itu apaan sih ? mohon bantuannya Mas

  40. suwarni

    Minggu, 17 Februari 2013 | 20:38

    asskm….gimana cara mendaftar snmptn online ….kalo trus muncul “verivikasi data dulu” padahal dah diferivikasi semua…..solusinya….dr waka sma yapman soroako sulsel

  41. domi oksa putra

    Senin, 18 Februari 2013 | 18:15

    Gi mana kalau mau ambil kedokteran nilai apa aja yang di butuhkan.

  42. Putri

    Senin, 18 Februari 2013 | 18:31

    apakah untuk foto ada ketentuannya? misal ukuran foto dan kb??

  43. fachry

    Selasa, 19 Februari 2013 | 04:40

    ukuran foto 4×6 dgn max kapasitas 100kb put..

  44. Rini

    Selasa, 19 Februari 2013 | 10:05

    bagaimana kalo yang sudah lulus dua tahun yang lalu? apa masih bisa?

  45. jasmani

    Selasa, 19 Februari 2013 | 12:13

    semoga aq msuk dalam kategori seleksi …… amiiiieeennnn

  46. ika sri lestari

    Selasa, 19 Februari 2013 | 12:27

    aq mohon UNNES menerima aq dalam snmptn ini…………………..persyaratany smua sudah saya lampirkan tinggal milih jurusany yang masih saa pertimbangkan….. tolong kasih saran untuk milih jurusan yang memungkinkan untuk bisa d trima. makasih

  47. fitriawati

    Selasa, 19 Februari 2013 | 15:57

    kok belum ada formulirnya?
    kita boleh milih jurusan berapa ni?

  48. Faisal

    Selasa, 19 Februari 2013 | 22:45

    ass. beri tahu dong gi mana caranya aku mau buka formulirnya, untuk di isi. atau nama situsnya apa ? please…

  49. Indah Wahyuni

    Rabu, 20 Februari 2013 | 09:29

    sob kasih tau dounk apakah bisa saya ikut snmptn tahun ini sedangkan saya tamatan 2012…………………???????????

  50. rf'atin

    Rabu, 20 Februari 2013 | 12:16

    up sekolah yang dtagihkan itu apa????????
    mohon dibalas secepatnya….
    trims.

  51. rf'atin

    Rabu, 20 Februari 2013 | 12:19

    @indah Wahyuni
    masih bisa ikutan koq mb’………

  52. P.manda

    Rabu, 20 Februari 2013 | 23:33

    up sekolah yang ditagihkn???

  53. dyah rochmin

    Kamis, 21 Februari 2013 | 09:36

    siswa kami di Wamena-Papua kesulitan untuk mem-verifikasi nilai, apalagi masuk ke formulir pdftrn…….bgmn solusinya???

  54. Real_dubu

    Kamis, 21 Februari 2013 | 20:22

    UP sekolah yang ditagihkan dan dibayarkan itu maksudnya apa yah?
    mohon jawabannya :)

  55. ade saefulrahman

    Jumat, 22 Februari 2013 | 19:17

    kalw bwt aku yg lulusan thn 2011 juga sma harus mengikuti tata cara tsb. .terimakasih

  56. ultra

    Sabtu, 23 Februari 2013 | 12:24

    saya tamatan 2012 bagaimana cara pendaftrannya, untuk tidak melalui pihak sekolah, terimakasih…..

  57. adenta

    Senin, 25 Februari 2013 | 16:36

    “up sekolah yang ditagihkan/dibayarkan” itu apa ya? tolong jawab secepatnya…….. terimakasih…….

  58. mutiara ramdona sari

    Selasa, 26 Februari 2013 | 11:49

    bagii siswa tamatan tahun 2012 , bagaimana cara pendaftarannya ?
    dan dari mana di dapatkan password dan NISN yang di syaratkan di atas ?

  59. mangujar tumanggor

    Selasa, 26 Februari 2013 | 14:35

    gimana cara mendaftar masuk snmptn

  60. NUR ROBI WAHIDAH

    Selasa, 26 Februari 2013 | 14:49

    apa yang harus dilakukan oleh siswa, apabila pendaftaran snmptn dilakukan oleh pihak sekolah?????

  61. Anugrah

    Selasa, 26 Februari 2013 | 20:48

    gmn caranya ganti nama akun di snmptn?

  62. uli

    Rabu, 27 Februari 2013 | 20:51

    kok gak bisa unggah foto ya? apa yg salah?

  63. Anggi namora

    Kamis, 28 Februari 2013 | 02:11

    apakah data biodata formulir pendaftaran snmptn yang sudah difinalisasi masih dapat diubah ???
    bagaimana caranya??

  64. Canaham

    Kamis, 28 Februari 2013 | 17:19

    kartu pendaftarannya di cetak nya di kertas jenis apa ?
    berapa ukurannya ?

  65. wasil

    Jumat, 1 Maret 2013 | 11:46

    kalau seandainya data yang di masukkan oleh pihak sekolah blum lengkap,,masih bisa untuk diperbaiki / disusulkan tidak ?

  66. wasil

    Jumat, 1 Maret 2013 | 11:51

    kalau data yang di masukkan oleh pihak sekolah blum lengkap,,masih bisa untuk diperbaiki / disusulkan tidak ?

  67. hani

    Minggu, 3 Maret 2013 | 06:32

    UP sekolah yang ditagihkan itu apa ya?

  68. nana

    Senin, 4 Maret 2013 | 06:58

    Up itu uang pangkal/pembangunan, biasanya uang gedung sekolah selama 3 tahun :)

  69. Aiiu

    Senin, 4 Maret 2013 | 15:13

    kalau sertifikat smp bisa di lampirkan gak?

  70. dhea

    Selasa, 5 Maret 2013 | 14:46

    berapa ukuran krtu pesertanya,mhon dibalas secepatnya…thanks

  71. tesa

    Selasa, 5 Maret 2013 | 19:52

    kenapa ya ko susah banget ngisi spp sama up , magsudnya bilangan bulat tuh kaya gimana ya ?

  72. Fitri

    Rabu, 6 Maret 2013 | 10:52

    Bagaimna untuk yg lulusan tahun 2012. bgmn prosedur pndftrannya? mohon info scptnya ya. rims

  73. lambok

    Rabu, 6 Maret 2013 | 19:32

    bagaimana cara mengambil formulir pengisian data snmptn?

  74. debi rianto

    Kamis, 7 Maret 2013 | 04:27

    bagaimana dengan kalau saya salah memasukkan data penghasilan org tua saya, dan data SPP dan UP terbalik, tlong solusinya,,!! bngung ni,,??

  75. yeni

    Kamis, 7 Maret 2013 | 13:49

    saya mau tnya apakah bisa fto pda krtu snmptn dpat d ganti?

  76. orang

    Kamis, 7 Maret 2013 | 14:11

    kok kartu biodatanya gak bisa diprint???????????????//

  77. Salamander

    Kamis, 7 Maret 2013 | 22:10

    saya mau nanya cara mengisi pendidikan sekolah gimana yah???

  78. Salamander

    Kamis, 7 Maret 2013 | 22:11

    Biaya pendidikan sekolah maksud saya

  79. willy

    Jumat, 8 Maret 2013 | 18:21

    formulir pendaftarannya tdk da, bgaimna stlah memilih jrusan dan mau mngisi formulir pndftran

  80. mutia

    Jumat, 8 Maret 2013 | 21:22

    ini “Nilai harus berupa bilangan bulat” makasudnya apa?

  81. radit

    Rabu, 13 Maret 2013 | 08:30

    kpn dibuka pendaftaran snmptn bagi siswa yg tamatan tahun 2012?

  82. susan

    Senin, 25 Maret 2013 | 17:51

    bgaimana cara2 utk pendaftaran ujian snmptn 2013 bagi yg tamatan yg tamat 2012……..dan tgl brapa buka dan tgl brapa pula tutup pendaftarannya ………………?????????????????

  83. arfah

    Minggu, 14 April 2013 | 11:02

    bagaimana cara pendaftaran snmptn lulusan 2012, untuk snmptn 2013 ini …..??? mohon jawabannya ….???

  84. arfah

    Minggu, 14 April 2013 | 11:09

    bagaimana cara pendaftaran spmb lulusan 2012 untuk spmb 2013 ini …? mhon jawabannya…!!!!

  85. Ayu

    Jumat, 26 April 2013 | 11:47

    Assalamualaikum..
    Saya mau tanya..
    Apakah saya bisa ganti prodi setelah sya mendftar prodi Kimia murni lwt Bidik Misi?
    Tlong jwbnya,, soalnya ini pnting bgt bwt msa depan saya.. Trimakasih…

  86. deno

    Senin, 29 April 2013 | 14:51

    dimana kah tempat pengambila pasword untuk mendaftar SMNPTN 2013
    dan syarat – syarat nya ?

  87. desy

    Rabu, 1 Mei 2013 | 21:54

    kalau kata sandi PDSS nya lupa gmna?

  88. tuty alawiyah

    Sabtu, 4 Mei 2013 | 18:35

    bagaimana cara mendaftar untuk mahasiswa jurusan konsentrasi tata busana tahun 2013…..

  89. luki

    Sabtu, 4 Mei 2013 | 22:36

    dimanakah tempat pengambilan pasword dan persratan,a untuk smptn 2013

    terimakasi,,

  90. RFISKA

    Senin, 13 Mei 2013 | 15:21

    saya mau nanya bagaimana cara mendaftar smptn dan cara mendapatkan password ya

  91. rahmat hidayat

    Senin, 20 Mei 2013 | 23:25

    bagai mn cr mndftr snmptn kelusan thn 2011…..

  92. desi mariani

    Kamis, 23 Mei 2013 | 07:38

    bagaimana cara pendaftaran untuk mahasiswa angkatan sebelumnya..?mohon dijawab yah,.

  93. karmila

    Minggu, 26 Mei 2013 | 06:38

    Kpan jalur umum snmptn d mulai…
    Dan aph persyrtn ny…

  94. agus

    Selasa, 28 Mei 2013 | 13:02

    maaf pak mau tanya adik saya lulus snmptn, pas mau ngisi data di http://datapokok.unnes.ac.id/

    untuk pin dan paswordnya didapat darimana? terimakasih

  95. lilis

    Jumat, 19 Juli 2013 | 09:46

    min,,,,, cetak formulir lapor diri gmn??? saya udah puyeng cari2 gak ketemu,,,

  96. AMRY

    Selasa, 8 Oktober 2013 | 13:19

    maaf ka saya mau mau tanya cara mendaftar lewat jalur SNMPTN ini caranya bagai mana iya ..?

  97. Tommy

    Sabtu, 8 Maret 2014 | 14:46

    Saya ingin bertanya, saya sudah mengisi semua biodata dan sudah di finalisasi kemudian saya lupa mencantumkan portofolio dan prestasi saya, Apakah ada solusi atau jalan keluar agar saya bisa mencantumkan kembali prestasi dan portofolio yang saya miliki?

  98. gledis

    Minggu, 9 Maret 2014 | 15:16

    cara penulisan up sekolah gmn yah? info dong

  99. Aprilita

    Minggu, 9 Maret 2014 | 21:28

    maaf mau tanya maksud UP harus mengisi dengan nilai bilangan bulat, maksudnya apa yah? mohon jawabannya. terima kasih

  100. Desi syafrianti

    Kamis, 13 Maret 2014 | 17:44

    UP dan nilai harus berupa bilangan bulat,maksud nya apa ya?
    mohon info nya,,trims..

  101. lia dahliana saragih

    Rabu, 19 Maret 2014 | 20:53

    mau tayaa….
    UP itu maksudya ap?????

  102. Oktapindy Supit

    Kamis, 20 Maret 2014 | 14:48

    Cara mengisi biaya pendidikan sekolah bagaimana ya? Bingung.. -__-” Udah di ulang-ulang tetap aja salah.

  103. Faradilla Juniyanti

    Rabu, 26 Maret 2014 | 17:06

    Apa sih itu UP ?

  104. amalia

    Minggu, 30 Maret 2014 | 15:02

    mau tanya kalau up yang ditagihkan sama spp yang ditagihkan tulisannya 0, masih ketrima gak y?

  105. Gibtho

    Senin, 31 Maret 2014 | 10:15

    ngisi nilai un di formulir gmana ya?

  106. Fransisco Raja Halahati Sirait

    Senin, 31 Maret 2014 | 21:11

    mksd dari UP Sekolah itu apa yah..?