Inilah Tata Cara Mendaftar SNMPTN 2013

Sabtu, 2 Februari 2013 | 13:27 WIB


Mau mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tapi belum paham benar caranya? Berikut tata cara pendaftaran yang dibuka mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013 secara online ini.

Sebelumnya perlu diketahui, pada dasarnya semua kelas terakhir yang mengikuti Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2013 berhak mendaftar SNMPTN. Namun untuk mendaftar, mesti mengikuti prosedur berikut ini.

Pertama, siswa pelamar dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah pada waktu verifikasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), login ke laman http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Kedua, siswa pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Ketiga, kepala sekolah harus memberikan rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.

Keempat, pelamar program studi seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh kepala sekolah dan/atau siswa menggunakan instruksi yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.

Kelima, siswa pelamar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Keenam, untuk kelas akselerasi dan sekolah yang menggunakan sistem kredit semester, pencatatan nilai mata pelajaran disesuaikan dengan sistem semester dan didistribusikan ke semester 3, 4, dan 5. Hasil proses penyesuaian harus dituangkan dalam surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah untuk keperluan proses registrasi apabila di terima.

Nah, mudah kan?


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 51.488 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

106 komentar pada “Inilah Tata Cara Mendaftar SNMPTN 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *