Inilah Rincian Beasiswa BPPS 2012

Minggu, 26 Februari 2012 | 11:27

iwansusanto.com

Berita Terkait

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Keputusan Tentang Penetapan Standar Biaya Pendidikan Pascasarjana (BPPS) Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3).  Surat keputusan tersebut akan menjadi acuan dalam menyalurkan beasiswa penerima BPPS di masing-masing perguruan tinggi.

Untuk tunjangan biaya hidup, program S2 perbulan akan mendapat bantuan sebesar Rp 1.500.000, begitu juga dengan S3. Pada komponen tunjangan penelitian, S2 mendapat Rp 425.000, S3 sebesar Rp 900.000. Sedangkan untuk biaya buku, S2 mendapat Rp 300.000, S3 Rp 325.000.

Adapun untuk komponen penyelenggaraan pendidikan (maksimal at cost), program S2 maksimal akan mendapat Rp 1.250.000, dan S3 setinggi-tingginya Rp 1.500.000. Bila ditotal unit cost perorang/bulan untuk S2 adalah Rp 3.475.000 dan S3 Rp 4.225.000.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Prof Supriadi Rustad MSi melalui surat keputusan itu mengungkapkan, program BPPS diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualifikasi pemdidikan dosen atau tenaga akademis perguruan tinggi melalui pendidikan Program Magister (S2) dan Doktor (S3) dalam negeri.

“Pemerintah menyelenggarakan program beasiswa tersebut pada perguruan tinggi yang memiliki standar akademik yang memadai,” terangnya. Pembiayaan pelaksanaan program ini dibebankan pada DIPA Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti dan DIPA perguruan tinggi penyelenggara BPPS.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

30 Komentar untuk “Inilah Rincian Beasiswa BPPS 2012”

  1. Lita Zein

    Minggu, 26 Februari 2012 | 20:24

    Matur sewun informasinya, Mas. Sangat membantu…

  2. wahyu

    Senin, 27 Februari 2012 | 07:13

    bagaimana prosedur pendaftarannya ???

  3. isnarto

    Senin, 27 Februari 2012 | 10:48

    Terima kasih Prof Pri yang melalui kebijaksanaan Bapak, Allah SWT meningkatkan secara signifikan besaran BPPS yang kami terima.

  4. siklha

    Senin, 27 Februari 2012 | 11:18

    gmn cra tuk mdapatkan beasiswa s2 nya????????

  5. tri sri noor asih

    Senin, 27 Februari 2012 | 15:46

    alhamdulillah, berlaku utk seluruh angkatan kan pak? semoga menambah semangat (utk segera lulus)

  6. IWAN

    Selasa, 28 Februari 2012 | 10:29

    sayaaangg, setiap ada beasiswa yang ada saat ini, masih menganak tirikan tenaga kependidikan non dosen,,, apakah tenaga kependidikan non dosen memang tidak mempunyai hak untuk meningkatkan kemampuannya dan mempunyai tingkat pendidikan yang lebih tinggi dengan mendapatkan fasilitas beasiswa seperti ini,,,mohon kepada pihak2 yang berwenang di UNNES, dapat memikirkan kembali mengenai hal ini,,,toh mempunyai tenaga kependidikan yang berkualitas, pada akhirnya juga akan berpengaruh positif terhadap lembaga ini,,,

  7. fitriana

    Selasa, 28 Februari 2012 | 12:43

    asslmualaium… mas/mbk…. low mau dftar lwat bdik misi,apa aj prsyaratannya?

  8. Ardhi Prabowo

    Rabu, 29 Februari 2012 | 11:01

    Selamat menikmati BPPS Pak Isnarto…. Hahahaha, Kapan giliran saya ya?

  9. farikah

    Rabu, 29 Februari 2012 | 14:10

    alhamdulillah

  10. Moh Salimi

    Rabu, 29 Februari 2012 | 23:21

    mas iwan, guru itu, ditangani berbeda dirjen. tapi, saya observasi beberapa beasiswa guru itu banyak. contohnya UNESA yang menerima guru RSBI yang didanai provinsi. UPI ada beasiswa PLB untuk guru SLB dari kota bandung dan provinsi jabar. nah, baru2 ini ada beasiswa untuk guru sd/smp coba hubungi dissik provinsi. trus contoh yang lain tahun lalu ada beasiswa untuk guru sma yang berminat jadi pengawas ada beasiswa s2 di UGM kerjasama dirjen dikmenjur. dan banyak lagi. thanks. moga bermanfaat.

  11. Ahmat Matori

    Kamis, 1 Maret 2012 | 21:43

    Bea siswa hanya untuk dosen yang masih kulias S2 dan S3 kah?saya lulusan Unnes juga ada tidak ya bea siswa bagi guru atau pendidik lainnya?

  12. Sefrinus Kolo

    Minggu, 4 Maret 2012 | 23:26

    Aku maw nanya…..apa usulan BPPS bagi dosen hanya lewat PPs yang dituju atau bisa lewat kopertismasing-masing…….Penutupannya kapan??

  13. Tri Dina Ariyanti, S.Pd

    Senin, 5 Maret 2012 | 08:58

    semoga Memberikan terbaik bagi pendidikan terutama dalam penyaluran beasiswanya..

  14. wuri

    Jumat, 16 Maret 2012 | 15:19

    ini berlaku untuk semua angkatan pak? karena berbeda besaran dg tarif Sept-Desember 2011 yang sudah diterimakan. nuwun

  15. suwel fiana

    Selasa, 20 Maret 2012 | 14:17

    inii apa saja syarat nya pakkkk——————————————————————-

  16. nugroho tb

    Sabtu, 24 Maret 2012 | 17:23

    kok sampai hari ini rapelan bpps 3 bulan belum cair ya…padahal tahun lalu bpps rapelan cair pas hari supersemar (11 maret)…..

  17. karyadi

    Jumat, 6 April 2012 | 10:06

    asl. untuk guru madrasah apakah bisa mendaftar beasiswa unggulan dikti ini? mohon kebijaksanaannya… nuhun
    wsl.

  18. Pujiadi

    Selasa, 10 April 2012 | 05:47

    Untuk Widyaiswara LPMP kira-kira gmn ya….?

  19. ifit novita sari

    Selasa, 10 April 2012 | 15:25

    bagaimana cara pendaftaran utk beasiswa s3 tahun 2012.. mohon infonya.. trm kasih

  20. fery said harkim ( fery absari )

    Selasa, 10 April 2012 | 21:23

    kapan ada beaasiswa s2 yang untuk non dosen? tolong pak rektor unnes,mengusulkan kpd mendikbud agar tdk memilih kasih…terimakasih

  21. zulfikar

    Kamis, 31 Mei 2012 | 07:36

    terima kasih atas informasinya,sangat membantu untuk mengetahui kejelasan pagu BPPS berdasarkan Surat Keputusan DIKTI

  22. Barbara N Ika Titianti

    Senin, 4 Juni 2012 | 12:29

    Mohon info pendaftaran beasiswa S3 2012. Terima kasih

  23. nur ilmiah

    Minggu, 17 Juni 2012 | 14:01

    gel. 3 bpps kapan yach?

  24. wahyu

    Selasa, 26 Juni 2012 | 23:18

    bagaimana prosedur pendafatarannya

  25. mahdi hendrich

    Rabu, 18 Juli 2012 | 13:56

    terima kasih banyak pak, semoga bea siswa ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi diri saya sendiri

  26. Efandri

    Sabtu, 25 Agustus 2012 | 19:20

    saya mau kuliah beasiswa program pasca sarjana
    bagaimana caranya?
    ada nomor kontak yang dapat di hubungi

  27. muhamad rohman

    Senin, 17 September 2012 | 11:54

    mohon informasinya tentang beasiswa bagi guru swasta, kami jg pengen melanjutkan kuliah S2, demi mengembangkan kualitas pendidikan kami

  28. isma nelly

    Selasa, 2 Oktober 2012 | 10:25

    kalau ingin kuliah S3 farmasi di ukm malaysia bisa dapat Bpps?mohon di balas ya pak?

  29. hasnidar

    Kamis, 25 Oktober 2012 | 20:02

    Ass pak, mau tanya, apa kira2 kendalanya sampai saya dengan NIDN 0903107604 tidak dapat BPPs, padahal saya Dosen DPK kopertis pada Univ.sul-Barat, mohon penjelasannya, trima kasih

  30. suwarso