Inilah Lowongan CPNS Unnes 2012

Universitas Negeri Semarang/Berita/Inilah Lowongan CPNS Unnes 2012

Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk berbagai kualifikasi akademik. Secara keseluruhan akan diterima 24 orang yang semuanya untuk formasi dosen dengan tingkat pendidikan S2.

Hal itu diungkapkan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Drs Wahyono MM di hadapan belasan jurnalis di sebuah rumah makan di Semarang, Selasa (14/8) petang.

Dari formasi itu, terbanyak untuk kualifikasi akademik Pendidikan IPA sebanyak tiga orang, disusul Teknik Informatika, Pendidikan Olahraga, dan Pendidikan Seni Tari masing-masing dua orang. Untuk Pendidikan IPA, S1-nya bisa Pendidikan/Nonpendidikan Kimia, Fisika, atau Biologi namun S2-nya Pendidikan IPA. Untuk Teknik Informatika, S1 dan S2-nya harus Teknik Elektro, Teknik Komputer, atau Teknik Informatika. Untuk Pendidikan Olahraga, yang dibutuhkan S1-nya PJKR/PKLO dan S2-nya Pendidikan Olahraga. Adapun untuk Pendidikan Seni Tari, S1 dan S2-nya harus Seni Tari atau Pendidikan Seni Tari.

Formasi lainnya yang masing-masing satu orang adalah Bimbingan Konseling, Psikologi, PPKn, Sastra Jawa, Lingusitik (Sastra Inggris), Linguistik (Sastra Perancis), Pendidikan Bahasa Inggris (untuk penempatan FBS), Bahasa Inggris (untuk penempatan FIK), Bahasa Asing (Pendidikan Bahasa Mandarin), Pendidikan IPS (S1 Pendidikan Geografi, S2 Pendidikan IPS), dan Pendidikan Sejarah. Selain itu, Teknik Kimia, Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1 IKM, S2 Promosi Kesehatan/IKM), IPA SD (S1 Pendidikan/Nonpendidikan Kimia, Fisika, Biologi, S2 Pendidikan IPA SD), dan Ketahanan Nasional (S1 PPKn/Politik/Hukum, S2 Ketahanan Nasional).

Persyaratan umum, WNI, berusia maksimal 35 tahun pada 1 Desember 2012. Yang berusia lebih dari 35 tahun namun kurang dari 40 tahun harus memenuhi minimal masa kerja tertentu yang bisa dibaca di panduan lengkapnya di http://simpeg.unnes.ac.id. Persyaratan khususnya, ber-IPK S1 minimal 3,0 dan S2 minimal 3,25 serta kualifikasi ijazah linier.

Pelamar wajib memiliki alamat e-mail yang aktif, mengisi pendaftaran online di https://cpns.kemdikbud.go.id dan mengikuti tata cara pendaftaran di portal pendaftaran. Berkas lamaran dikirim ke PO BOX Unnes 50.000 Smg setelah mendapatkan nomor pendaftaran mulai 15 – 27 Agustus 2012.

Sebagai gambaran, ujian tahap I 8 September 2012 di kampus Sekaran, sedangkan ujian tahap II 19 – 20 September 2012.
Informasi lengkap dapat diunduh di sini.

Related Posts

51 Responses
  1. Kaer

    Semoga seleksinya jujur, transparan, dan berkeadilan…sehingga mampu menghasilkan dosen yang tidak cuma bisa mengajar melainkan mampu menjadi teladan yang baik serta mampu memotivasi mahasiswanya….yg jelas, sudah saatnya seleksi tanpa praktik KOLUSI dan NEPOTISME serta jangan sampai ada GRATIFIKASI….Cayo Unnes!

  2. alief

    duh…sayang banget… aq baru ujian kmrn+baru wisuda oktober… hix hix hix… tahun depan, diadain lagi untuk pend. bhs inggris ya…pliz….

  3. Seno Adi

    Pengalaman selama 25 tahun, lulusan Pendidikan Teknik Elektro UNNES yang menjadi Dosen, Integritas dan kualitas Akdemiknya tidak kalah dengan lulusan non Pendidikan, sayang tertutup peluang mengabdi di Almamater.

  4. asmlkm.. pak / mas jika kami dari mahasiswa kampus selain unes,, bisa mendaftar ap ghak.. pak… saya sulurudin dari kampus stkip dharma wacana metro lampug jurusan pendidikan olahraaga. mohon knfirmasi,, asmlkm

  5. asmlkm

    pak, mas saya mahasiswa dan alhamdullah berminat daftar dan megabdi cpns unes.. tapi saya dari universitas lain,, stkip dharma wacana metro lampung. bisa ikut daftar kan pak,,,nmas mksh mohon informasinya..

    asmlkm

  6. wasino

    tolong dicek kembali kenapa S-2 calon pelamar Geografi harus pendidikan s-1 geografi kok s2 nya harus IPS, kan bisa dari pendidikan geografi? bagaimana kalau ada pelamar yang S-2 nya Geografi biar tidak ada kesan itu sudah ada calonnya.

  7. liesnoor

    kadang kebutuhan dan aspirasi bawah tidak tersampaikan… padahal jur Geografi sangat membutuhkan kualifikasi s1/s2 geografi bidang penginderaan jauh dan SIG. juga S2 Pendidikan Geografi.

  8. rita_s

    ternyata di laman pendaftaran daring hanya terdapat tiga kualifikasi untuk S1 kependidikan.. apakah memang tidak ada atau belum diunggahkan?

  9. Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)

    Untuk PO BOX Universitas Negeri Semarang Mohon di alamatkan ke PO BOX Unnes 50000 Semarang. Kami tidak menerima surat lamaran langsung ditujukan ke alamat Kami. Terimakasih.

  10. Rahma

    Untuk formasi Sastra Jawa apabila masih menempuh pendidikan S2 (penyusunan tesis) apakah dapat menggunakan surat keterangan? Terimakasih

  11. Kenapa harus linier??,,Buknnya keilmuan serumpun bisa?,,kenapa tidak diberi kesempatan,,masih banyak orang-orang yang mengambil pendidikan lanjut yang berbeda dan serumpun, kenapa tidak di beri kesempatan?. tolong di perhatiakan.thanks…

  12. Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)

    Mohon maaf, kami tidak menerima surat keterangan dikarenakan pada saat proses pemberkesan akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kualifikasi akademik yang ada pada SK Menpan, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman http://simpeg.unnes.ac.id. Terima kasih

  13. rita_s

    @ mas iwan, mohon informasi ketika saya akan mendaftarkan diri di laman cpns, untuk kualifikasi s1 hanya ada dua kualifikasi yang pendidikan (pendidikn agama dan agama islam), jadi untuk pendidikan yang lain tidak ada. nuwun.

  14. mila

    kalau S1 sastra Jawa dan S2 nya linguistik umum bagaimana? setahu saya di universitas se-Indonesia S2 sastra Jawa tidak ada. yang ada adalah linguistik untuk kelanjutan dari ilmu sastra/bahasa S1.

  15. Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)

    mbak rita_s jika di kualifikasi S1 belum ada di list silahkan inputkan manual di kolom kualifikasi akademik S1, sebelumunya terlebih dahulu klik link teks yang ada di bawahnya. Terima kasih

  16. utomo

    Untuk pendaftaran Dosen Teknik Informatika, S1 dan S2-nya harus Teknik Elektro, Teknik Komputer, atau Teknik Informatika, namun ketika saya isikan secara online S1 dan S2-nya Teknik Elektro maka UNNES sebagai Unit Kerja yang dilamar tidak muncul di list.
    Jika saya ganti S2-nya menjadi Teknik Informatika (ini tidak sesuai pendidikan S2 saya) baru UNNES sebagai Unit Kerja yang dilamar muncul di list. Bagaimana ini? Mohon bantuannya ! Terima kasih

  17. Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)

    @mas utomo ==> Formasi dari Menpan untuk Unnes adalah Teknik Informatika, sehingga jika berminat dengan formasi tersebut dan memenuhi yang dipersyaratkan oleh Unnes maka untuk S2 nya harus diisi Teknik Informatika. Terima Kasih.

  18. utomo

    @pak iwan ==> Perlukah saya ikut sertakan berkas/informasi tambahan di dalam berkas lamaran yang akan saya kirimkan ke panitia seleksi CPNS UNNES sebagai ralat biodata riwayat pendidikan, bahwa pendidikan S2 saya yang sebenarnya adalah Teknik Elektro bukannya Teknik Informatika ?
    Terima kasih atas penjelasannya.

  19. Amabel

    Pak Iwan… mau nanya untuk yang formasi Linguistik khususnya yang Bahasa Inggris, kalau S1nya Sastra Inggris dan S2nya Linguistik Umum bisa daftar ngga?
    Terima Kasih.

  20. yunus

    Pak Iwan,cara daftarnya susah…situs utk daftar cpns d kemendikbud tdk bisa dibuka,error trus…kalau s1nya sejarah dan s2nya IPS apakah bisa ikut???trima ksih…

  21. Adip Wahyudi

    (wasino
    Kamis, 16 Agustus 2012 | 10:29
    tolong dicek kembali kenapa S-2 calon pelamar Geografi harus pendidikan s-1 geografi kok s2 nya harus IPS, kan bisa dari pendidikan geografi? bagaimana kalau ada pelamar yang S-2 nya Geografi biar tidak ada kesan itu sudah ada calonnya)

    Saya Mendaftar di UNNES kok gak bisa? yang memenuhi kualifikasi ijazah saya (S1 & S2 Pendidikan geografi) cuma UPI dan Unsyah.

  22. Adip Wahyudi

    Buat Pak Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)
    Saya kemarin mendaftar unit kerja di UNNES tapi gak bisa (tdk muncul di list) untuk posisi Dosen Pendidikan Geografi. Kualifikasi ijazah saya linear (S1 & S2 Pendidikan Geografi).

  23. Iwan (Staf Kepegawaian Unnes)

    @mas Yunus ==> silahkan di cek ulang apakah alamat yang ditulis sama dengan alamat ini https://cpns.kemdikbud.go.id, karena sampai dengan detik ini yang melamar sudah banyak yang bisa masuk.
    @mas Adip Wahyudi ==> SK dari menpan untuk formasi Unnes yang ijasahnya sesuai adalah S2 Pendidikan IPS, sehingga kalau berminat dengan formasi tersebut silahkan di kualifikasi S2 dipilih pendidikan IPS, kalau yang dipilih pendidikan geografi maka tidak akan masuk ke Unnes karena SK Menpan S2 Pendidikan IPS. Terimakasih.

  24. Zulyatul

    saya dari lingustik (bukan sastra Inggris) (S1 saya bahasa dan sastra Indonesia, sedangkan ijazah S2 saya linguistik) kenapa disaat saya online tertuju ke semarang? sementara linguistik yang kampus Unnes minta (linguistik (sastra inggis) bagaimana ini?

  25. Wiwik

    Semoga benar2 transparan pak, untuk kemajuan unnes sendiri. semakin transparan penyeleksian akan mencetak dosen berkualitas, kemudian akan mencetak juga mahasiswa yang berkualitas.
    Salam
    Wiwik

  26. Sukarman,S.Pd

    Mas Iwan, saya lulusan S1 Pendidikan Sejarah.Sekarang pelaku Bisnis (mempunyai bisnis sendiri) di bidang produksi cat tembok dan Trading bahan Kimia, serta sedang merintis untuk menjadi developer perumahan. Pingin dimasa2 depan saya bisa jadi Pengajar di UNNES (Dosen Terbang /tidak PNS tidak apa2). Saat ini saya pingin banget nerusin S2. Jurusan yang sesuai kemampuan dan bidangku sekarang adalah: Bidang Ekonomi dan perdagangan (khususnya Management dan Marketing), Bahasa Inggris dan aku juga mempunyai kemampuan Bahasa Mandarin aktif, dan tentu saja bidang pendidikan Sejarah dan IPS. Dengan usia yang sekarang 40 lebih sedikit menurut mas Iwan dari bidang2 di atas , manakah ke depan peluang yang memungkinkan saya bisa menjadi Dosen Terbang di UNNES ?? Mohon sarannya secepatnya. Makasih.

  27. syaeranida

    pak iwan, untuk dosen bahasa inggris, kalau kualifikasi pendidikan saya s1 pendidikan bahasa inggris dan s2 applied linguistics bisa daftar tidak ya?

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.