Inilah Lima Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013

Senin, 28 April 2014 | 17:08 WIB


Inilah Lima Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013
HUMAS/laila

Dosen dan peneliti di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr Dadan Rosana MSi, mengatakan ada lima hal yang menjadi kunci sukses implementasi Kurikulum 2013.

“Kelima hal itu adalah mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengomunikasikan,” ujar Dadan dalam Seminar Nasional IPA V, Sabtu (26/4), di Universitas Negeri Semarang (Unnes) kampus Sekaran.

Seminar Nasional IPA V ini merupakan agenda tahunan dari Prodi Pendidikan IPA Unnes yang sekarang telah diresmikan menjadi Jurusan IPA Terpadu. Seminar bertema “Pendekatan Saintifik dalam Konten dan Konteks Kurikulum 2013” dibagi dalam dua sesi, yaitu seminar utama dan sidang paralel.

Seminar utama diisi oleh tiga pembicara yaitu Prof Dr Ashadi MSi (Universitas Negeri Sebelas Maret), Dr Dadan Rosana MSi, dan Dr Sudarmin MSi (Unnes).

Sidang paralel merupakan sidang pemaparan karya tulis ilmiah dalam forum ilmiah. Dalam seminar kali ini dipaparkan sebanyak 62 artikel dari pemakalah yang berasal dari dosen, mahasiswa, guru dan praktisi IPA yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sidang paralel dibagi ke dalam empat kelompok.

“Seminar ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa, guru, dosen dan praktisi IPA untuk saling memberi informasi tentang pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013,” ujar Dekan FMIPA Unnes, Prof Dr Wiyanto MSi.


DIUNGGAH : Nur Laila Sofiatun Dibaca : 1.481 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X