Inilah Cara Mengakreditasi Jurnal Ilmiah

Universitas Negeri Semarang/Berita/Inilah Cara Mengakreditasi Jurnal Ilmiah

Tertanggal 27 Januari 2012, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran mengenai kewajiban publikasi karya tulis ilmiah sebagai syarat kelulusan mahasiswa S-1, S-2, dan S-3.

Dalam surat bernomor 152/E/T/2012 itu disebutkan, setidaknya lulusan S1 harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah. Lulusan S2 diwajibkan telah menghasilkan makalah jurnal ilmiah diutamakan yang terakreditasi Dikti. Bagi S3, diharuskan menerbitkan makalahnya pada jurnal internasional.

Atas kewajiban itu, bila jurnal yang telah ada dirasa kurang mencukupi, maka perguruan tinggi diharuskan membuat jurnal ilmiahnya sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat jurnal yang terakreditasi?

Menyadur Kompas.com, Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI), mengutarakan proses yang harus dilalui dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengakreditasi sebuah jurnal ilmiah. Jurnal ini tak terbatas yang dibuat oleh perguruan tinggi, tetapi juga lembaga-lembaga penelitian.

Sri memaparkan, setelah terdaftar resmi dan mendapatkan International Standar Serial Number (ISSN), maka syarat selanjutnya yang harus dipenuhi adalah menyesuaikan tata cara penulisan jurnal yang telah ditentukan.

Sebuah jurnal ilmiah, kata dia, baru akan diakreditasi ketika telah mencantumkan abstraksi dan kata kunci dalam bahasa Inggris dan menggunakan metodologi dan tata cara penulisan ilmiah yang sesuai. “Jangan lupa menggunakan referensi penulisan dari jurnal internasional, di-review oleh para pakar, dan minimal telah terbit selama tiga tahun berturut-turut,” kata Sri.

Ia menambahkan, sah-sah saja sebuah karya ilmiah menggunakan buku sebagai referensi tulisan. Tetapi, akan lebih baik jika sebuah karya ilmiah menggunakan referensi dari banyak jurnal. Selain aktual, jurnal juga menyajikan ilmu yang pandangannya lebih luas. “Referensi memang sebaiknya dari jurnal. Dari buku boleh saja, tapi nilainya akan turun,” ujarnya.

Pendaftaran jurnal dan ISSN

Untuk mendaftarkan sebuah jurnal dan mendapatkan ISSN, lembaga penelitian atau pun perguruan tinggi harus melewati beberapa proses, yaitu:

  1. Membawa surat permohonan tertulis dari penerbit bahwa terbitan berkala;
  2. Membawa dua eksemplar terbitan pertama, atau dua lembar fotokopi halaman sampul depan bila jurnal tersebut belum diterbitkan;
  3. Menyertakan dua lembar fotokopi halaman daftar isi;
  4. Menyertakan dua lembar fotokopi halaman dewan redaksi;
  5. Melampirkan data bibliografi lengkap yang mencakup keterangan mengenai frekuensi terbit, tahun pertama terbit, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya.

Masing-masing ISSN dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 200 ribu. Registrasi bisa dilakukan langsung di PDII LIPI, atau mendaftar secara online melalui http://issn.pdii.lipi.go.id. Adapun, persyaratan serta bukti transfer biaya ISSN melalui surat atau fax.

ISSN adalah kode yang dipakai secara internasional untuk terbitan berkala, dan diberikan oleh International Serial Data System (ISDS) yang berkedudukan di Paris, Prancis. Dengan mendapatkan ISSN, akan memudahkan untuk mengidentifikasi beberapa terbitan yang memiliki judul sama karena satu ISSN hanya diberikan untuk satu judul terbitan berkala.

ISSN juga mempermudah pengelolaan administrasi dalam hal pemesanan terbitan berkala. Sebab, pemesanan cukup hanya menyebutkan ISSN dari terbitan berkala itu. “Bagi jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia, ISSN merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi,” kata Sri.

Related Posts

17 Responses
  1. sugiarto

    Terima kasih informasinya…Tugas perguruan tinggi untuk menyiapkan instrumentasi jurnal yang sesuai karakteristik mahasiswa di tiap-tiap fakultas agar mahasiswa tidak terlambat kelulusannya, hanya gara2 antri untuk dimuat…salaam..

  2. iim

    terimakasih atas infonya,,
    saya mau tanya, kalau untuk persyaratan S1 sendiri bagaimana cara nya? karena sepertinya yang ada dalam tulisan adalah jurnal yang terakreditasi (artinya untuk S2). nah bagaimana untuk yang S1 nya? mohon penjelasannya. terimakasih

  3. eko suparyanto

    .’Hal positif yang harus kita sikapi, ketika penelitian,karya-karya yang kita buat dapat dimuat di journal,sehingga bisa terpublikasikan dan bermanfaat bagi banyak orang.”

  4. Kamal

    betul, maksud dan tujuan yang baik harus ditunjang dengan kesiapan, intrumen dan pelayanan yang baik juga sehingga menjadi kebijakan yang produktif tidak kontra produktif

  5. Aryo Sunaryo

    ISSN yg Rp 200 rb itu tidak sesuai dgn yg disampaikan LIPI (lebih tinggi lagi dan tinggal menghitung saja berapa nanti “pemasukannya”) dan yg disampaikan oleh Mendikbud sebagaimana disampaikan pd wartawan, bahwa mengurus jurnal itu mudah dan gratis….! (?)

  6. eko supraptono bin suyatno

    Gebrakan yang bagus. …perlu diiringi kualitas pula. Tradisi menulis merupakan salah satu pilar peradaban bangsa. Peluang bagi insan akademik beraktualisasi. Selamat berjuang, smg sukses!!

  7. berarti lulusan pertama pasti t”tunda donk..
    bagi PT yang belom punya sebuah jurnal dan mendapatkan ISSN.
    apakah buat sebuah jurnal dan mendapatkan ISSN dua hari bisa jadi??
    (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan ) sebenernya orng2 didalam dikti sekolah nggak ya?

  8. meda

    mtrnwn infonya. Jika sdh terdaftar ISSN tp jurnalnya sempat mati suri bgmn? krn setelah dicek sdh ada jurnal dengan nama yang sama. Apakah harus daftar ISSN baru dan berganti nama?

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.