Inilah Biaya Kuliah di Unnes Tahun 2013

Inilah Biaya Kuliah di Unnes Tahun 2013
SIHONO/HUMAS

Mulai tahun ajaran 2013/2014 Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan UKT mahasiswa tak dibebani biaya masuk seperti tahun sebelumnya, namun cukup membayarkan biaya kuliah tiap semester. UKT mencakup seluruh kebutuhan selama mahasiswa menempuh studi, baik Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), hingga wisuda.

Unnes menetapkan lima kategori UKT sesuai isian data pokok yang telah dilakukan calon mahasiswa. Kategori I dengan UKT terkecil ditetapkan bagi mahasiswa tidak mampu. Kategori V dengan UKT terbesar ditetapkan bagi calon mahasiswa mampu. Skema ini memungkinkan subsidi silang antara mahasiswa mampu dengan mahasiswa kurang mampu.

“Kami percaya calon mahasiswa mengisi data dengan jujur. Tapi kalau di kemudian hari diketahui tidak jujur, calon mahasiswa bersangkutan akan dikenai UKT kategori tertinggi. Kalau menolak, yang bersangkutan bisa kami gugurkan dari proses seleksi,” terang Kepala UPT Humas Sucipto Hadi Purnomo, Jumat (31/5) siang tadi.

UKT ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 272/E1.1/KU/2013 tanggal 14 April 2013 dan 97/E/KU/2012 tentang Uang Kuliah Tunggal. Dalam Surat Edaran tersebut, setiap PTN disarankan membuat 5 kategori. Besaran UKT untuk mahasiswa Kategori I adalah antara Rp. 0 sampai Rp500.000. Setiap perguruan tinggi harus menerima mahasiswa dari Kategori I sedikitnya 5 persen dari seluruh mahasiswa yang diterima.

Sebagai bahan acuan, besaran UKT Unnes tahun 2013/2014 untuk masing-masing kategori dapat diliihat di sini.

69 responses to “Inilah Biaya Kuliah di Unnes Tahun 2013”

  1. tyas mengatakan:

    pembagian kategori UKT itu berdasarkan apa?????lalu pengelompokan kategori itu diketahui pada saat ngisi formulir atau bagaimana???trus itu UKT untuk semua jalur masuk UNNES apa tidak???trimakasih..

  2. Gilang mengatakan:

    Assalamualaikum…
    saya bru kelas 12 smk. sy ingin kuliah di unnes.
    tetapi sy belum paham mengenai penentuan kategori ukt… mohon pencerahannya…

    wassalamualaikum..

  3. ayu yullika mengatakan:

    .assalamualaikum,
    saya mau tanya,sya kls 12 smk. yang dimaksut kurang mampu ini yg seperti apa ?,saya 3 bersaudara pengahsilan bapak saya minim buat biaya sklh adek2 sya sd dan smp,sya ingin kuliah di unnes ,mungkin gk klo sya dapt di kategori 2 :1000000,
    tolong blas ke email sya ,saya butuh jawaban secepatnya ,terimakasih :-)

  4. risa cornelia mengatakan:

    berapa kuota yg akan diambil dalam bidikmisi tahun ini?
    mhon jawabanya

  5. Mayriza mengatakan:

    Untuk yang bertanya jadi sebelum kita membayar ukt kita harus mengisi data diri tentang diri kita, keluarga kita dan kehidupan kita. Dan dari situ orang2 unnes baru akan melihat seberapa mampunya kita dan baru akan mengasih ukt yang sesuai dengan keadaan ekonomi yang kita tulis di data diri kita tadi. Untuk jalur mau dari jalur snmpt, sbmptn atau um tetep sama tetep akan ditentukan lewat data diri kita tadi:)

  6. Nely Frestiantin mengatakan:

    mf mau tanya, kalau di perkuliahan itu ada biaya bulanan apa ngak, trus biaya masuk pertama itu berapa ya kira2 dan ada biaya tambahan apa ngak?
    makasih

  7. Nely Frestiantin mengatakan:

    oiya kalau kita dari jurusan Teknologi dan informatika itu bisa ngambil jurusan pendidikan bahasa jawa apa ngak?

  8. desi mengatakan:

    maaf mau tanya suhu, dulu kan saya kulah di bandung jurusan managemen informatika, trs klo pindah di unnes bisa gk??

  9. dininda mengatakan:

    semoga masuk FT PKK BOGA 2014 UKT 1 AMIN

  10. MUHAMMAD ZIDNY KAFA mengatakan:

    maaf itu biaya per semester berarti 500

  11. reza nastain mengatakan:

    klo pake ijazah paket c bisa buat dftar gx ea?

  12. Iin Ayuni mengatakan:

    gimana caranya melihat mengumuman UKT untuk snmptn thn 2014 ini? diprosedur tertulis buka hlm http//regristasi.unnes.ac.id dilaman itu akan terlihat berapa biaya UKT.. tapi setelah saya buka kenapa tertuliskan “Anda belum tercatat seudah membayar UKT”, lhah gimana mau bayar kalo nggatau bayarnya berapa? mohon penjelasannya.. trimakasih.

  13. Malik mengatakan:

    Maaf mau bertanya, kemarin saya belum selesai mengupload data-data yang di butuhkan, tetapi pada saat saya mau melengkapi data tersebut tidak bisa terus, sampai akhirnya batas waktu yang di tentukan, dan pada saat pengumuman ukt ternyata ukt saya terlalu tinggi, apakah bisa meminta keringanan ukt ataupun banding. jika bisa bagaimana caranya. sekian terima kasih

  14. nisa mengatakan:

    kalau bagi yg orang tuanya berpendapatan tidak menentu gimana? jangankan perbulan, perhari aja belum tentu dapet uang. tp kn kita” yg ga mampu jg pengen sekolah yg tinggi n pinter.

  15. fatimah mengatakan:

    Menurut saya yg sudah semester 5 ini ukt itu sudah berjalan dengan baik, dulu saya masuk itu 8juta, per semester masih 1350000. Itu pun kkl, ppl, kkn belum termasuk di dalamnya.padahal penghasilan org tua saya juga pas pasan, hanya Bapak yg bekerja sebagai karyawan baik. Dan alhamdulillah itu cukup. Sebenarnya apapun itu kita harus bersyukur, tuhan selalu beserta kita kok . Terimakasih :)

  16. fatimah mengatakan:

    Menurut saya yg sudah semester 5 ini ukt itu sudah berjalan dengan baik, dulu saya masuk itu 8juta, per semester masih 1350000. Itu pun kkl, ppl, kkn belum termasuk di dalamnya.padahal penghasilan org tua saya juga pas pasan, hanya Bapak yg bekerja sebagai karyawan prabik. Dan alhamdulillah itu cukup. Sebenarnya apapun itu kita harus bersyukur, tuhan selalu beserta kita kok . Terimakasih :)

  17. fatimah mengatakan:

    Sistem dulu malah semua mahasiswa 1,4 per semester ntah itu kaya maupun kurang mampu. itu pun belum termasuk kkl, ppl, kkn,

  18. sholahuddin mengatakan:

    maaf pak/ibu admin
    saya belum tahu kategori berapa ukt yang saya dapat. terus, saat mau buka “registrasi.unnes.ac.id” yang keluar malah “database peg tidak dapat dibuka” mohon kejelasan dan solusinya.

    ..mohon agar dibalas m(_ _)m

  19. amalia mengatakan:

    Brarti gk ada uang pertma msuk yah

Tinggalkan Balasan