Inilah Biaya Kuliah di Unnes Tahun 2013

Jumat, 31 Mei 2013 | 11:02

SIHONO/HUMAS

Berita Terkait

Mulai tahun ajaran 2013/2014 Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan UKT mahasiswa tak dibebani biaya masuk seperti tahun sebelumnya, namun cukup membayarkan biaya kuliah tiap semester. UKT mencakup seluruh kebutuhan selama mahasiswa menempuh studi, baik Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), hingga wisuda.

Unnes menetapkan lima kategori UKT sesuai isian data pokok yang telah dilakukan calon mahasiswa. Kategori I dengan UKT terkecil ditetapkan bagi mahasiswa tidak mampu. Kategori V dengan UKT terbesar ditetapkan bagi calon mahasiswa mampu. Skema ini memungkinkan subsidi silang antara mahasiswa mampu dengan mahasiswa kurang mampu.

“Kami percaya calon mahasiswa mengisi data dengan jujur. Tapi kalau di kemudian hari diketahui tidak jujur, calon mahasiswa bersangkutan akan dikenai UKT kategori tertinggi. Kalau menolak, yang bersangkutan bisa kami gugurkan dari proses seleksi,” terang Kepala UPT Humas Sucipto Hadi Purnomo, Jumat (31/5) siang tadi.

UKT ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 272/E1.1/KU/2013 tanggal 14 April 2013 dan 97/E/KU/2012 tentang Uang Kuliah Tunggal. Dalam Surat Edaran tersebut, setiap PTN disarankan membuat 5 kategori. Besaran UKT untuk mahasiswa Kategori I adalah antara Rp. 0 sampai Rp500.000. Setiap perguruan tinggi harus menerima mahasiswa dari Kategori I sedikitnya 5 persen dari seluruh mahasiswa yang diterima.

Sebagai bahan acuan, besaran UKT Unnes tahun 2013/2014 untuk masing-masing kategori dapat diliihat di sini.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

59 Komentar untuk “Inilah Biaya Kuliah di Unnes Tahun 2013”

  1. Tahroni

    Jumat, 31 Mei 2013 | 11:23

    Dengan begini mungkin biaya kuliah akan lebih terjangkau untuk kalangan yang biasa-biasa saja,
    sekilas memang melegakan,. karena tidak terlihat uang yang begitu besar ketika masuk ke perguruan tinggi saat awal masuk,. tidak seperti biasanya,.
    semoga kedepanya pun melegakan

  2. Rahmawati Wulansari

    Jumat, 31 Mei 2013 | 11:42

    Untuk kategorinya itu ditentukan dari pihak universitas atau kita bisa milih sendiri?
    Dan untuk kriteria 1/3n, 1/4n, 1/2n, 3/4n itu maksudnya apa ya?
    mohon penjelasannya terima kasih

  3. Bowo

    Jumat, 31 Mei 2013 | 12:49

    Semoga menjadikan kampus UNNES kita ini menjadi lebih baik. :-)

  4. Kasmui

    Jumat, 31 Mei 2013 | 13:28

    tidak jelas kategorisasinya, berdasarkan apa penentuan mahasiswa masuk kategori 1, 2, 3, 4, 5? anak saya masuk di pendidikan matematika unnes tahun ini, saya harus jujur bagaimana, tentu dengan kriteria kan?

  5. ngatmin alumnus unnes

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 08:26

    mtr nuwun atas infonya, kalo anaak pns guru masuk ukt katagori brapa ya…?

  6. imanuddin

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 08:58

    maaf saya mau tanya, untuk mengetahui mahasiswa masuk ke kateori pembayarannya gimana caranya?

    terima kasih

  7. Asep PYU

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 12:31

    semoga lebih baik

  8. nurul istiqomah

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 16:50

    maksud dari pembayaran UKT gmn y??? kok pake kategori 1,2,3,4,5,,mohon dijelaskan,terimakasih

  9. Latif Hendro Wibowo

    Minggu, 2 Juni 2013 | 07:50

    Unnes semakin dekat dengan masyarakat, selain memikirkan lingkugan tapi juga menyiapkan SDM yang berkualitas

  10. Good

    Minggu, 2 Juni 2013 | 08:36

    sing sugeh bayar kuliah larang..
    sing ra sugih bayar kuliah murah..
    intine kaya kuwe..

  11. putra

    Minggu, 2 Juni 2013 | 22:44

    knapa nggak di share aj biaya” ny, dr pda kya gni, pusing, akku ketrima snmptn taun ini soal ny

  12. Aziz

    Rabu, 5 Juni 2013 | 12:00

    saya kok gak bisa upload foto waktu memasukkan di formulir ya?

  13. fitri

    Rabu, 5 Juni 2013 | 21:28

    setuju sama aziz,upload foto di data pokoknya juga ngga bisa

  14. anna

    Kamis, 6 Juni 2013 | 02:47

    dari kmrn saya mengisi isian data pokok,namun selalu muncul “data isian blm dapat disimpan,ada isian yg blm dilengkapi,upload foto PBB”. Padahal saya sudah melampirkan file nya.
    itu kira2 disebabkan karena masalah apa?
    Mohon bantuannya ya Pak,
    Terima kasih

  15. peny

    Kamis, 6 Juni 2013 | 09:30

    ya sama, saya setuju dengan aziz,nana, dan fitri.dari kemarin tidak bisa upload data pokok.tolong solusinya dengan cepat.trims

  16. BUNGA

    Kamis, 6 Juni 2013 | 11:23

    Untuk kategorinya itu ditentukan dari pihak universitas atau kita bisa milih sendiri?
    Dan untuk kriteria 1/3n, 1/4n, 1/2n, 3/4n itu maksudnya apa ya?
    mohon penjelasannya terima kasih

  17. BUNGA

    Kamis, 6 Juni 2013 | 11:24

    maaf saya mau tanya, untuk mengetahui mahasiswa masuk ke kateori pembayarannya gimana caranya?

    terima kasih

  18. fikrul huda

    Kamis, 6 Juni 2013 | 11:59

    yang belum bisa upload foto mungkin karena trafict yang sangat padat… saya sarankan upload dini hari aja

  19. baitina amalia

    Minggu, 9 Juni 2013 | 22:28

    alhamdulillah ….

  20. tri nur

    Kamis, 13 Juni 2013 | 10:16

    untuk kategori pembayaran itu ditentukan melalui apa ya?apa di tentukan melalui pengisian datapokok.unnes.ac.id?lalu bagaimana cara mengetahui bahwa calon mahasiswa tersebut masuk kategori berapa?soalnya pada saat registrasi calon mahasiswa diharuskan melunasin biaya pendidikan terlebih dahulu.sedangkan dalam file UKT ada 5 kategori dan tidak dijelaskan syarat calon mahasiswa mana saja yang masuk dalam kategori tersebut.
    kemudian maksud dari 1/8n,1/4n,1/2n,3/4n itu apa?mohon dijelaskan secara detail.dikarenakan menyangkut proses pembayaran calon mahasiswa UNNES..

  21. Eliv Kurniawan

    Kamis, 13 Juni 2013 | 18:01

    itu maksudnya gimana? milih kategorinya gimana? mohon penjeasannya

  22. agus

    Jumat, 14 Juni 2013 | 11:31

    Alhamdulillah,anak saya keterima Unes,memang dia impikan
    tapi,kok masuk kategori 4,biaya per semester RP 3,900 000
    sebetulnya,bagi saya,itu jelas sangat memberatkan
    apakah mungkin ada kesalahan saat masukan data
    apakah,setelah masuk data bisa di revisi…?
    selain biaya semester awal,,,apakah ada biaya lainnya..?
    bolehkah di cicil..? berapa kali ya…?

    terima kasih

  23. Ulva NJ

    Jumat, 14 Juni 2013 | 16:01

    biaya awal masuk jalur snmptn sesuai kategori atau masih ada biaya tambahan?

  24. nisa nurjana

    Jumat, 14 Juni 2013 | 20:05

    itu sudah psti nda ada uang masuk kan ??
    dan d akun saya UKT saya udh d tentukan .. dan itu benar sgtu kan ??

  25. nisa nurjana

    Jumat, 14 Juni 2013 | 20:11

    bner tdk ada uang masuk kan ?? lalu d akun saya udah d tntukan UKT.nya brapa dan itu yg hrus d bayar kan ?? …
    .
    alhmdulillah dech kalau itu smua.y bner ….
    .

  26. allifatus syaniyyah

    Selasa, 9 Juli 2013 | 17:37

    Assalamu’alaikum
    ma’af, untuk penggolongan kategori tersebut berarti secara otomatis atau ada pengajuan diri?
    Syukron

  27. very

    Kamis, 11 Juli 2013 | 13:58

    apakah mahasiswa yang masuk melalui jalur SPMU S1 uang SPP nya sama? tidak ada sumbangan? terimakasih

  28. Ayu Tri Pamulangsih

    Sabtu, 13 Juli 2013 | 15:13

    penentuan golongannya tergantung apa? gmana cara nentuin di golongan mananya?

  29. Viki

    Minggu, 14 Juli 2013 | 22:51

    Bagi pendaftar yg tidak login bidikmisi (dulu belum terdaftar bidikmisi) apakah bisa menadaftarkan diri ke SPMU program Bidikmisi? Karena saya dulu telat mengajukan ke sekolah saya. Saya lulus tahun 2013. Terimakasih

  30. SATRIO HADI

    Senin, 15 Juli 2013 | 21:29

    biaya UKT apakah sudah termasuk biaya SKS ?
    Apa biaya UKT sendiri dan SKS sendiri ? terimakasih…

  31. Herdiawan

    Kamis, 18 Juli 2013 | 00:20

    Gimana cara melihat besaran UKT.. kok blm ada di situs

  32. ifa

    Kamis, 18 Juli 2013 | 06:11

    gimana cara buat lihat UKT ?

  33. lulu musthofia

    Kamis, 18 Juli 2013 | 13:43

    selamat siang,,,
    penentuan kriteria 1/8n, 1/4n,1/2n, 3/4n, untuk UKT berdasarkan apa ya…??
    .untuk kategori II =1000000 dan kategori III =2800000, selisihnya 1800000,,,
    padahl selisih kategori III ke IV dan IV ke V berkisar,,,1000000 ..
    kenapa selisihnya berbeda??
    mohon penjelasannya

  34. Joko

    Kamis, 18 Juli 2013 | 15:24

    Saya sudah mengisi sejujurnya, tapi UKT nya kok 4 juta setiap semester, saya merasa keberatan, bagaimana cara meminta keringanan UKT tersebut ?

  35. fatichah

    Jumat, 19 Juli 2013 | 13:23

    assalamualaikum,
    saya mau tanya dasar penentuan biaya ukt kategori 4, saya termasuk dalam kategori 4, tapi saya rasa kemampuan financial keluarga saya tidak sesuai dengan UKT yang dibebankan. tolong penjelasannya. bolehkah saya mengajukan pengurangan?? terima kasih

  36. Indah sulistyowati

    Minggu, 21 Juli 2013 | 13:58

    Iya apakah ada pengajuan keringanan ukt seperti universitas lain!?orangtua saya yang berpenghasilan sangat pas-Pasan jujur sangat keberatan dengan ukt saya yang masuk kategori 4.

  37. NANTA

    Rabu, 24 Juli 2013 | 15:40

    kasian yg keluarganya dr golongan PNS, bayar malah tmbah mahal. ade q mlh ga jd kuliah gr2 kmhalan, pmbyaran UKT dg gaji yg d tulis di formulir (apa itu namanya kmrn) ga jauh beda. cm jarak sekian ratus ribu. buat makan pk apa???
    paling ga di samakan, tp yg dr golongan miskin dpt keringanan dr surat keterangan tidak mampu.

  38. katriyono

    Senin, 29 Juli 2013 | 10:59

    smoga dapat berjalan sesuai dngan ketentuan yang sudah di tetapkan..

  39. tendian

    Senin, 29 Juli 2013 | 13:05

    maaf, mau tanya. data pokok saya sudah lengkap, sudah difinalisasi semua. tapi ketika saya cetak, tidak bisa, tulisannya “Anda tidak dapat mencetak formulir sebelum semua data telah difinalisasi.
    Caranya, klik tombol ‘Finalisasi’ di setiap grup isian di menu Isi Formulir.”

    padahal saya sudah memfinalisasi. . . mohon bantuannya

  40. fitriani

    Selasa, 30 Juli 2013 | 19:25

    kok ukt staterkom D3 tidak tercantum?

  41. Mustikawati

    Rabu, 31 Juli 2013 | 07:35

    Selamat pagi… saya mau tanya, pengumuman UKT yg jalur SPMU kan 31 Juli 2013, berarti kan hari ini… tapi kok saya belum bisa login ya??? padahal saya sudah memasukkan no. pendftran, no. pin & tgl lahir saya dengan benar.
    Apakah ada gangguan pada sistem atau gimana ya???
    Mohon penjelasan nya, terimakasih…

  42. Intan Nur Fauziah

    Kamis, 1 Agustus 2013 | 14:05

    saya mersa kberatan pak dgn UKT yg diberikan sama saya ,,, penghsilan org tua sya pas-pasan ,, saya mhon pengajuan keringanan nya ,,, terimakasih

  43. Intan Nur Fauziah

    Kamis, 1 Agustus 2013 | 14:50

    mungkin memang benar, cara seperti ini dapat lebih terjangkau untuk membagi-bagi bagian antra mhasiswa kurang mampu dgn yang mampu dari hasil data yang telah diperoleh dari tiap mahasiswa … tetapi bisa saja dengan cara seperti ini (online) sistem bisa erorr karena saking banyaknya orang yang mengakses ,, buktinya banyak sebagian calon komplen atas biaya yang dibebankan terhadap mahasiswa tersebut ,,,begitupun saya merasa keberatan dengan biaya yang dibebankan dgn masuk kategori 5 .. saya minta pengajuan nya pak/bu untuk meminta keringanan dari biaya yang telah dibebankan …

  44. ria

    Jumat, 2 Agustus 2013 | 13:41

    yg ortunya PNS psti akan berat banget, biayanya berlipat lipat,,, pdhl untk kperluan lain msh bingung…

  45. Nur

    Kamis, 8 Agustus 2013 | 16:28

    Aku kan baru tamat SMK,aku bingung mau kuliah atau kerja.
    Aku penginya kuliah,kalo aku kuliah mengambil jurusan sejarah apakah bisa,krn aku tamatan SMK.
    Dan biaya paling murah kuliah per semester berapa ???

  46. Esti

    Minggu, 18 Agustus 2013 | 20:21

    saya ikut SBMPTN. mengajukan bidikmisi tidak diterima. gaji org tua 2.8
    tapi di potong tanggungan sisanya 500.000 . malah dapat ukt 3.5. habis bayar ukt. bapak banding. membawa surat-surat bukti semua tanggungan. katanya pemberitahuan ukt turun nunggu disms. tp selama ini belum di sms. liat diregristrasi online masih tetap kaya’ awal. 3.5. kapan saya diberitahu ya? lewat apa?? mohon di balas kak :-(

  47. zaenal

    Selasa, 20 Agustus 2013 | 15:54

    kalo lulusn thn 2011/2012 msh bisa msuk unnes lewat snmptn g ya?

  48. Andre lesmana

    Rabu, 28 Agustus 2013 | 19:35

    Pengahasilansatu bulan sekitar 1,2jt kelurga jumlah 4 jiwa itu ikut kata gore berapa. Mohon penjelasanya

  49. Fessa resti utami

    Sabtu, 5 Oktober 2013 | 13:20

    biaya untuk pndaftarannya berapa ?

  50. firda rizki

    Selasa, 19 November 2013 | 14:42

    pendaftaran dimulai kapan?

  51. tyas

    Rabu, 11 Desember 2013 | 10:23

    pembagian kategori UKT itu berdasarkan apa?????lalu pengelompokan kategori itu diketahui pada saat ngisi formulir atau bagaimana???trus itu UKT untuk semua jalur masuk UNNES apa tidak???trimakasih..

  52. Gilang

    Sabtu, 28 Desember 2013 | 19:30

    Assalamualaikum…
    saya bru kelas 12 smk. sy ingin kuliah di unnes.
    tetapi sy belum paham mengenai penentuan kategori ukt… mohon pencerahannya…

    wassalamualaikum..

  53. ayu yullika

    Kamis, 2 Januari 2014 | 11:14

    .assalamualaikum,
    saya mau tanya,sya kls 12 smk. yang dimaksut kurang mampu ini yg seperti apa ?,saya 3 bersaudara pengahsilan bapak saya minim buat biaya sklh adek2 sya sd dan smp,sya ingin kuliah di unnes ,mungkin gk klo sya dapt di kategori 2 :1000000,
    tolong blas ke email sya ,saya butuh jawaban secepatnya ,terimakasih :-)

  54. risa cornelia

    Minggu, 5 Januari 2014 | 07:32

    berapa kuota yg akan diambil dalam bidikmisi tahun ini?
    mhon jawabanya

  55. Mayriza

    Jumat, 7 Maret 2014 | 18:17

    Untuk yang bertanya jadi sebelum kita membayar ukt kita harus mengisi data diri tentang diri kita, keluarga kita dan kehidupan kita. Dan dari situ orang2 unnes baru akan melihat seberapa mampunya kita dan baru akan mengasih ukt yang sesuai dengan keadaan ekonomi yang kita tulis di data diri kita tadi. Untuk jalur mau dari jalur snmpt, sbmptn atau um tetep sama tetep akan ditentukan lewat data diri kita tadi:)

  56. Nely Frestiantin

    Selasa, 11 Maret 2014 | 13:04

    mf mau tanya, kalau di perkuliahan itu ada biaya bulanan apa ngak, trus biaya masuk pertama itu berapa ya kira2 dan ada biaya tambahan apa ngak?
    makasih

  57. Nely Frestiantin

    Selasa, 11 Maret 2014 | 13:05

    oiya kalau kita dari jurusan Teknologi dan informatika itu bisa ngambil jurusan pendidikan bahasa jawa apa ngak?

  58. desi

    Rabu, 19 Maret 2014 | 13:14

    maaf mau tanya suhu, dulu kan saya kulah di bandung jurusan managemen informatika, trs klo pindah di unnes bisa gk??

  59. dininda

    Kamis, 10 April 2014 | 22:43

    semoga masuk FT PKK BOGA 2014 UKT 1 AMIN