Inilah Beasiswa Sandwich-Like 2013

Minggu, 13 Januari 2013 | 19:55 WIB


Inilah Beasiswa Sandwich-Like 2013
LINTANG HAKIM/HUMAS

Ilustrasi

Pendaftaran beasiswa magang ke beberapa pembimbing bertaraf internasional di luar negeri (Sandwich-Like) yang dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tahun ini kembali dibuka. Beasiswa ini terbuka bagi dosen tetap perguruan tinggi yang sedang menempuh S3 pada Program Pascasarjana penyelenggara Biaya Pendidikan Pascasarjana (BPPS), di bawah binaan Kemdikbud.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Supriadi Rustad menginformasikan hal tersebut melalui surat edaran bernomor 15/E4.4/2013, tertanggal 4 Januari 2013.

Dikemukakan, salah satu bentuk kontribusi dosen tingkat internasional adalah melalui publikasi karya ilmiah dalam jurnal yang bertaraf internasional. Guna menghasilkan publikasi tersebut dipandang perlu untuk melakukan penguatan pascasarjana dalam negeri, dengan menerapkan model pencangkokan/magang ke beberapa pembimbing bertaraf internasional di luar negeri.

Pada Sandwich-Like, mahasiswa akan melakukan penulisan paper/artikel dengan mitra di luar negeri untuk tujuan publikasi internasional, melakukan penyempurnaan maupun penguatan karya seni atau kriya, dan/atau yang sejenis untuk tujuan memperoleh pengakuan internasional sesuai dengan aturan ilmiah yang berlaku untuk bidang seni dan sastra. Selain itu, melakukan analisis laboratorium dan data, melakukan penelitian lapangan maupun laboratorium, dan menyelesaikan penulisan disertasi.

Persyaratan

Calon harus menyerahkan semua dokumen yang diperlukan, meliputi form-A luar negeri Ditjen Dikti yang telah diisi dan disetuji oleh promotor/pembimbing pertama di Indonesia, usulan program kerja selama berada di pendidikan tinggi/institusi riset luar negeri yang telah disetuji oleh promotor/pembimbing pertama di Indonesia.

Lebih diprioritaskan usulan program kerja tersebut sudah dikomunikasikan dengan calon supervisor/mentor di luar negeri, surat rekomendasi yang ditulis promotor/pembimbing pertama pada pascasarjana penyelenggara BPPS (butir-butir surat rekomendasi dilampirkan) dengan mem[peroleh persetujuan dari Direktur Pascasarjana.

Pendaftar juga diwajibkan mengumpulkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) bagi dosen tetap dan surat rekomendasi dari Koordinatror Kopertis, atas dasar rekomendasi dari pimpinan PTS pengirim. Bagi dosen tetap pada perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Ditjen Dikti, surat penerimaan (letter of acceptance/LoA) yang menyatakan bahwa perguruan tinggi/instansi riset luar negeri yang dituju seap menerima karyasiswa yang bersangkutan, atau minimal ada surat penerimaan dari calon pembimbibg dengan bidang ilmu yang sejenis dengan calon.  Sangat diprioritaskan LoA ditulis dalam bahasa Inggris dan bersifat tanpa syarat (uncondisional).

Selain itu menyertakan bukti kemampuan berbahasa asing yang sesaui dengan persyaratan yang diminta oleh perguruan tinggi/institusi riset luar negeri yang dituju atau persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah/program pascasarjana, seperti nilai TOEFL (minimal skor institusional 500) IELTS (minimal 5.5), atau bukti lain yang sah dan setara dengan TOEFL/IELTS.

Pendaftar menyerahkan pula bukti kemampuan berbahasa asing yang sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perguruan tinggi/institusi riset luar negeri yang dituju atau persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah/program pascasarjana, sudah ada deskripsi yang eksplisit desain/skenario/script/prototipe karya seni atau kriya dan/atau yang sejenis. Bagi calon dengan bidang keilmuan yang satu rumpun dengan seni dan sastra, yang sudah disetujui promotor di Indonesia.

Pengiriman

Calon yang sudah lulus ujian proposal. Calon yang berminat dan telah memenuhi persyaratan di atas dapat mengajukan lamarannya ke Direktur Program/Dekan Sekolah Pascasarjana masing-masing, untuk kemudian Direktur program/Dekan sekolah pascasarjana melakukan seleksi administrasi bagi para pelamar tersebut.

Direktur program/dekan sekolah pascasarjana selanjutnya mengirimkan daftar pelamar yang telah lolos seleksi administrasi paling lambat 10 Maret 2013 ke Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti, melalui Fax (021) 57946052 atau e-mail subdit_pk@dikti.go.id.

Tim Ditjen Dikti bersama-sama dengan pascasarjana melakukan seleksi terhadap pelamar pada bulan Maret-April 2013. Program ini berjangka waktu paling kurang 4 bulan dan akhir kegiatan bulan Desember 2013.

Komponen biaya yang diberikan untuk program ini adalah institutional/bench-fee, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya buku, bahan habis pakai, perjalanan dengan pesawat.

Download Pedoman Sandwich-Like 2013.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.905 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X