Pelajari Sejarah, Siswa MA Ma’ahid Kudus Kunjungi Museum Mini Jurusan Sejarah UNNES

Senin, 13 Maret 2017 | 14:53 WIB


Pelajari Sejarah, Siswa MA Ma’ahid Kudus Kunjungi Museum Mini Jurusan Sejarah UNNES
HUMAS/ANGGA

Sebanyak 42 siswa dan guru MA Ma’ahid Kudus mengunjungi Museum Mini Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang (UNNES), Senin (13/3) di Gedung C5 Fakultas Ilmu Sosial Kampus Sekaran, Gunungpati.

Rombongan dipimpin oleh guru pembimbing Nurdin Rahmawan SSos diterima Kepala Laboraturium Jurusan Sejarah Drs R Suharso MPd didampingi Dosen Jurusan Sejarah Syaiful Amin SPd MPd.

Nurdin menyampaikan, kunjungan ini untuk memberikan pembelajaran sejarah secara langsung dan mendalam di luar sekolah serta memberikan pandangan bahwa belajar sejarah itu menarik.

Kunjungan ini juga untuk mengenalkan kepada siswa mengenai kegiatan pembelajaran di dalam kampus, sebab setelah kunjungan ini siswa-siswi ditugasi untuk membuat laporan dan makalah dari apa yang didapat dari kunjungan ini.

Syaiful Amin menjelaskan, kegunaan museum mini sebenarnya sebagai media dan tempat pembelajaran sejarah kepada mahasiswa. Selain itu, juga sebagai ruang display bagi karya-karya dosen dan mahasiswa yang ditampung dan layak untuk ditampilkan.

Syaiful Amin juga mengemukakan, dalam museum ini terdapat berbagai replika peninggalan-penginggalan sejarah seperti candi-candi di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran kepada siswa SMA sederajad.

Saat kunjungan ke museum, rombongan dipandu oleh mahasiswa sejarah sendiri sebagai pembelajaran menjadi Tour Guide. Siswa-siswi dipandu untuk mengelilingi museum dan setelah itu siswa-siswi diajak menonton film dokumenter.

Selain mengunjungi museum sejarah dan nonton film dokumenter, para siswa juga diajak mengunjungi laboraturium Geografi, Padepokan Karakter PKN, dan Laboraturium Sosiologi dan Antropologi UNNES.

Kontributor: Angga Novian Pratama (Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 529 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *