Ikuti Sandwich, 8 Mahasiswa PPS Unnes ke Ohio

Rabu, 14 Agustus 2013 | 9:22 WIB


Ikuti Sandwich, 8 Mahasiswa PPS Unnes ke Ohio
RAHMAT/HUMAS

Peserta sandwich program dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) didampingi Asisten Direktur Bidang Akademik PPS Unnes berpamitan kepada Rektor sebelum berangkat menuju Ohio.

Delapan mahasiswa program doktor Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mengikuti sandwich program ke Ohio State University. Selama empat bulan, sejak 19 Agustus sampai 12 Desember 2013 mereka akan melakukan riset bersama profesor di universitas tersebut.

Asisten Direktur Program Pascasarjana (PPS) Unnes Prof Dr rer.nat. Wahyu Hardyanto MSi mengabarkan, delapan mahasiswa program doktor tersebut telah mengikuti seleksi ketat oleh Dirjen Dikti. Selain wawancara, para peserta diminta menyusun proposal penelitian sesuai bidang kajiannya.

Menurut Prof Wahyu, kesempatan ini setiap tahun ditawarkan kepada mahasiswa program doktor dari berbagai program studi.

“Tahun ini delapan mahasiswa Unnes yang berangkat. Tahun lalu sepuluh mahasiswa yang berangkat. Mereka akan melakukan riset bersama profesor pembimbing mereka,” kata Prof. Wahyu.

“Sebelum disetujui oleh Dikti mereka sudah accepted oleh perguruan tinggi tujuan, termasuk mendapat profesor pendamping,” lanjutnya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum berharap, mahasiswa program sandwich bisa melakukan dua tugas sekaligus. “Pertama, meningkatkan kajian sesuai bidang kajian bersama profesor. Kedua, meningkatkan publikasi di jurnal internasional. Selebihnya Bapak dan Ibu bisa berinisiatif mengembangkan jejaring kerja sama dengan institusi-institusi lain,” katanya.

Menurut profesor sosiolinguistik ini, empat bulan bisa menjadi waktu yang lama jika tak melakukan aktivitas bermakna. Sebaliknya, empat bulan adalah waktu yang terlampau singkat jika digunakan untuk berbagai kegiatan.

Kedelapan mahasiswa yang akan mengikuti sandwich program adalah Taufiqullah, YE Budiyana, Didik Rinan S, Junaidi Setiyono, Yayan Suryana, dan Agustina Sri H dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Abdul Hamid dari Program Studi Manajemen Pendidikan, dan Heny Setyawati dari Program Studi Pendidikan Olahraga.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.627 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Ikuti Sandwich, 8 Mahasiswa PPS Unnes ke Ohio

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X