Humas Mesti Pahami Empat Fungsi Pers

Kamis, 13 Maret 2014 | 16:05 WIB


Humas Mesti Pahami Empat Fungsi Pers
LINTANG HAKIM / HUMAS

Personel humas sekolah harus memahami empat fungsi pers. Keempat fungsi itu adalah penyampai informasi, media pendidikan, penyaji hiburan, dan fungsi kontrol.

Hal iu dikemukan Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Amir Machmud NS pada Seminar dan Pelatihan Kehumasan Sekolah, Kamis (13/3), di auditorium kampus Sekaran. Kegiatan yang dibuka oleh Rektor  Unnes Prof Dr Fathur Rokhman itu juga menghadirkan Sucipto Hadi Purnomo, Kepala Humas Unnes, senbagai pembicara.

“Di anatara keempat fungsitersebut, yang harus mendapatkan perhatian secara khusus oleh humas sekolah adalah fungsi pendidikan,” ungkapnya di depan ratusan humas SMA-SMK-MA se-Jawa Tengah yang mengikuti acara tersebut.

Amir kemudian mencontohkan perhatian koran yang dipimpinnya dalam usaha untuk mengartikulasikan pendiudikan. “Di koran kami sudah ada halaman khusus pendidikan setiap hari, Edukasia. Namun kami masih merasa perlu untuk menghadirkan rubrik ‘Suara Guru’ untuk menampung gagasan para guru,” katanya seraya mengungkapkan tingginya gairah menulis para guru untuk rubrik tersebut.

Agar dimuat, kata dia, para guru disarankan memilih topik yang menarik, isu aktual, membahas tentang aktivitas sehari-hari, dan memperkenalkan ilmu atau temuan baru. Penulis juga harus bisa mengorganisasi gagasan dan memoles bahasa agar tulisan lebih mudah dipahami pihak lain. “Artikel yang cocok di media masa, terutama media cetak, adalah artikel populer atau ilmiah populer. Keduanya memiliki kemasan bahasa lebih populer dan mudah dipahami dengan isi kajian, pandangan, atau argumentasi tentang suatu masalah,” ujarnya.

Mengelola Reputasi

Pada bagian lain, Sucipto Hadi Purnomo menekankan fungsi sekolah sebagai lembaga pengelola reputasi sekolah. “Humas bukan sekadar hanya untuk mencari alasan saja, atau pemadam kebakaran jika ada masalah yang menerpa sekolah, tetapi juga dengan jeli menangkap potensi di sekolah dan mengelola sebagai bahan pembangun citra,” kata Ketua Asosiasi Humas Perguruan Tinggi Indonesia ini.

Secara khiusu, Sucipto kemudian mengakap persoalan aktual bagi jenjang SMA-SMK, mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga beasiswa Bidikmisi. Dia menyebutkan, semua anak sekarang berkesempatan kuliah karena pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) gratis dan tersedia banyak paket beasiswa Bidikmisi. “Pokoke ndhaftar, pokoke kuliah,” tandasnya, meminjam dengan sedikit memodifikasi liriuk lagu “pokoke Njoged” yang belakangan ini dipopulerkan Soimah.

Sebelumnya, saat membuka kegiatan, Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman menyatakan apresiasinya. Humas memiliki peran strategisbagi setiap institusi, lebih-lebih lembaga pendidikan.

 


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.605 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “Humas Mesti Pahami Empat Fungsi Pers

  1. Benar mas amir..yang pasti saya kangen mendengar langsung suara mas amir yang renyah dan selalu sumringah…salam sehat selalu ya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X