Hukum Harus Menjadi Panglima dalam Kehidupan

Kamis, 1 Desember 2016 | 15:11 WIB


Hukum Harus Menjadi Panglima dalam Kehidupan
SETYO/HUMAS

Dalam Rangka Dies Natalis Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang ke-9, Kamis (1/11) mengadakan MoU dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kajati Jateng) yang diwakili Wakil Kepala Kajati Jateng Sulijati SH MH.

“Akselerasi Inovasi Pilar Keadilan menuju FH Unggul Berkarakter” diangkat menjadi tema Dies Natalis FH yang ke-9. Salah satu rangkaian acara Dies Natalis FH kali ini adalah Orasi Ilmiah oleh Sulijati SH MH.

Dalam orasi ilmiahnya Sulijati menyampaikan,  hukum adalah panglima dalam kehidupan manusia sejak dalam kandungan dan hukum harus jadi panglima dalam kehidupan bernegara. Pada kenyataannya, sanksi dari pihak negara dimanapun yang disebut hukum ternyata tidak selalu mampu untuk menjamin kepatuhan warganya.

Ia juga menambahkan, Masyarakat bila berhadapan dengan proses hukum akan melakukan berbagai upaya agar tidak dikalahkan atau terhiindar dari hukuman. Kenyataan ini mengindikasikan masyarakat pencari kemenangan, bukan pencari keadilan sebagai kemenangan, tidak heran bila semua upaya akan dilakukan baik yang sah maupun yang tidak, semata-mata untuk mendapat kemenangan.

Oleh sebab itu, Penegakan hukum adalah proses dilakukan dalam upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk memperoleh keadilan.

Saat membuka acara Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman mengatakan, FH memacu prestasi lebih baik dan harus melakukan akselerasi untuk dapat akreditasi internasional. Dan tidak kalah penting mahasiswa FH UNNES harus berkarakter yang nantinya setelah menjadi alumni akan menjadi penegak hukum yang bermoral sesuai dengan nilai-nilai konservasi.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 506 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X