Hari Ini, Peserta SBMPTN Diimbau Mengecek Lokasi

Senin, 16 Juni 2014 | 10:51 WIB


Hari Ini, Peserta SBMPTN Diimbau Mengecek Lokasi
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), diimbau untuk mengecek lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan. Itu artinya, paling tidak hari ini mereka sudah memastikan lokasi ujian. Jika tidak, dikhawatirkan mereka akan kebingungan mencari ruang ujian pada hari “H” sehingga mengganggu konsentrasi dalam pengerjaan soal tes.

‘’Itu untuk menghindari kemungkinan peserta salah ruangan. Selain itu, juga antisipasi supaya mereka bisa berangkat tepat waktu. Sebab, panitia tidak menoleransi keterlambatan,’’ pesan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman, Senin (16/6), di kampus Sekaran Gunungpati.

Prof Fathur menyatakan perlu menyampaikan hal itu, karena kejadian keterlambatan, salah ruangan, atau keliru waktu ujian selalu terjadi setiap tahun. Dia prihatin banyak peserta yang membuang waktu percuma.

“Bahkan, ada pula di antara mereka yang belum pernah ke Unnes atau sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi ujian. Lebih celaka lagi, selalu ada yang nyasar sehingga harus lari ke sana-kemari pada detik-detik terakhir menjelang ujian,” ungkapnya.

Sekadar catatan, tahun ini lokasi ujian juga telah dikelompokkan, yakni IAIN Walisongo, SMP 16, SMP 18, SMA 6, SMP1, dan SMA 5 untuk kelompok pendaftar tes campuran. Unnes Kampus Sekaran, SMA Kesatrian 1, SMK 6, SMA/SMK Teuku Umar, SMA 12, SMK 2, SMA Institut Indonesia, SMA/SMP Ibu Kartini, MA/MTs Al Asror, dan IKIP Veteran untuk pendaftar sains dan teknologi (saintek). Dan Undip Tembalang, Undip Pleburan, SMP 7, dan SMP 21 untuk sosial humaniora (soshum).

Prodi yang ramai peminatnya adalah PGSD 3508, Manajemen 2931, Akuntansi 2333, IKM 1826, Pendidikan Matematika 1553, Pendidikan Bahasa Indonesia 1524, dan Teknologi Infotmatika 1523. “Adapun yang sepi peminat, Pendidikan Bahasa Perancis 101, Pendidikan Bahasa Mandarin 116, dan Sastra Jawa 132,” kata Prof Fathur.

Ujian keterampilan olahraga dan seni di Unnes akan digelar pada Rabu-Kamis, 18-19 Juni 2014 mulai pukul 07.00 WIB. Teknis pelaksanaannya, pemilik nomor peserta ganjil menjalani tes pada 18 Juni, sedangkan pemilik nomor peserta genap mengikuti uji keterampilan pada 19 Juni. Peserta wajib membawa kartu tanda bukti pendaftaran SBMPTN 2014.

Uji keolahragaan dipusatkan di Gedung Laboratorium Olahraga Prof Soegijono Fakultas Ilmu Keolahragaan Gedung F (FIK) Unnes. Sedangkan Fakultas Bahasa dan Seni Gedung B (FBS) akan menjadi tempat uji kesenian.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 2.160 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Hari Ini, Peserta SBMPTN Diimbau Mengecek Lokasi

  1. Untuk yang bidang seni ujiannya juga menurut nomor perserta ganjil genap ya? Besok cuma bawa kartu peserta sama skhun dan peralatan seni? Balas ya min. Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X