Hari ini, Pendaftaran SNMPTN Jalur Tulis Dibuka

Kamis, 10 Mei 2012 | 11:34

Berita Terkait

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dibuka hari ini (Kamis, 10/5) hingga 31 Mei 2012. Pendaftaran dilakukan secara online.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang juga Koordinator Wilayah II SNMPTN Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi menginformasikan hal itu di kampus Sekaran. “Sebagaimana tahun lalu, tahun ini pun pendaftaran dilakukan secara online melalui http://ujian.snmptn.ac.id,” tandasnya.

Rektor mengatakan, mereka yang bisa mendaftarkan diri adalah lulusan SMA atau yang sederajat tahun 2010, 2011, dan 2012. “Berbeda dari tahun lalu, tahun ini waktu pendaftaran untuk lulusan dari ketiga tahun tersebut sama, yakni 10-31 Mei,” katanya.

Prof Sudijono mengingatkan, calon peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian di panitia lokal (panlok) terdekat meskipun perguruan tinggi yang dipilih berada di kota lain. “Misalnya, anak Semarang tak perlu jauh-jauh ke Jakarta, tapi cukup di Panlok 42 Semarang saja untuk mengikuti ujian sekalipun PTN pilihannya berada di Jakarta atau bahkan di luar Jawa,” jelasnya.

Tata cara pendaftaran

Pendaftaran berikut tata caranya dapat dilihat di laman http://ujian.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari http://download.snmptn.ac.id.

Adapun untuk jenis ujian tertulis terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi (TBS) prediktif yang meliputi tes bidang studi dasar; matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Selain itu tes bidang studi IPA; matematika, biologi, kimia, dan fisika. Untuk tes bidang studi IPS yang diujikan adalah sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan bidang ilmu keolahragaan.

Peserta ujian yang memilih program studi bidang ilmu seni atau olahraga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 14 dan 15 Juni 2012. Ujian dilaksanakan di PTN yang memiliki program studi itu. Daftar PTN yang memiliki program studi tersebut dapat dilihat di laman http://snmptn.ac.id.

Ujian tertulis yang meiliputi tes potensi akademik (TPA) dilaksanakan pada 12 Juni 2012, sedangkan tes bidang studi IPA dan IPS pada 13 Juni 2012. Biaya pendaftaran peserta IPA atau IPS sebesar Rp 150.000, IPC Rp175.000. Sedangkan bagi yang mengambil program studi olahraga atau seni masih dikenai Rp 150.000 per peserta per ujian keterampilan.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

39 Komentar untuk “Hari ini, Pendaftaran SNMPTN Jalur Tulis Dibuka”

  1. mahdum

    Kamis, 10 Mei 2012 | 11:52

    assalamualaikum
    saya mau nanya.?

    saya kan ikut jalur udangan…
    nah Pengumuman 28 mei
    kalo seumpama saya tidak lolos jalur undangan .
    apakah saya masih bisa ikut jalur tertulis

    sekian dan terima kasih

  2. kang birin

    Kamis, 10 Mei 2012 | 12:15

    cara ngisi borang gmn?aq nyoba kok gak bisa

  3. richo rigian

    Kamis, 10 Mei 2012 | 12:32

    ass.wr.wb
    mhon tanya..
    knapa styp buka link snmptn.ac.id responnya untrusted connection ??
    itu gangguan apa link sibuk ?/
    terima kasih

  4. sassy sf

    Kamis, 10 Mei 2012 | 14:43

    ass…..
    maaf pndaftarnnya udah di buka kan?tapi ko susah bgd prosedurnya?apa lgi ada gangguan pada link nya?
    saya sudah coba buka tp ga bisa…

    trimksh.

  5. atika

    Kamis, 10 Mei 2012 | 16:37

    saya ma tanya…??
    cara mengisi borang tu bagamana ya kok susah?
    saya udah mencoba kok masih tetep tidak bisa !
    trimaksih..

  6. lady rose

    Kamis, 10 Mei 2012 | 16:41

    maaf mau tanyaa,, ,ituu pendaftaRan snmptn nya kayak gmana prosedurnya kok susah yaa ,, ,??
    tolong bantuinn,, ,

    trimakasihh :)

  7. nurul efiyana

    Kamis, 10 Mei 2012 | 17:39

    assalamualaikum
    saya mau tanya apa kalau mau daftar ke online itu bayar dulu biar bisa dapat pin kap’na dr bank mandiri ?????????/
    tolong yg tau di jawab iia,,,terima kasih

  8. mei putrie annissa

    Kamis, 10 Mei 2012 | 19:41

    ass,,
    maaf,, kok rada susah ya,, saya udah nyoba malah bingung :)
    terima kasih ..

  9. mohamad.y

    Kamis, 10 Mei 2012 | 19:46

    assalamualaikum….!
    saya mau tanya….! selain online apakah bisa ke kampusnya langsung..?

  10. Miayatus S

    Kamis, 10 Mei 2012 | 22:42

    . assalamu’alaikum,,
    pndaftarannya apa harus ke bank dulu,, atau online dulu baru ke bank,,
    terima kasih,,

  11. Meisella A.

    Jumat, 11 Mei 2012 | 07:46

    link.nya dibuka ngga bisaa.
    (This Connection is Untrusted)

  12. Rusdianto

    Jumat, 11 Mei 2012 | 08:14

    saya da coba buka link snmptn.ac.id responnya untrusted connection ??
    klo mau daftar apa harus ke bank dulu,, atau online dulu baru ke bank,,
    terima kasih,,
    tolong kasih info yg jelas donk?

  13. Dhoni Zustiyantoro

    Dhoni Zustiyantoro

    Jumat, 11 Mei 2012 | 08:28

  14. feri saputra

    Jumat, 11 Mei 2012 | 08:47

    lah ini gmna ke ko lin.e gak isa di buka ki,,,,,,,jangan di persulit donk …

  15. haryanto

    Jumat, 11 Mei 2012 | 10:27

    gmn nih kog gk bs dbukk,,pendaftrn hrus ke bank dulu / online dulu bru k bank???

  16. agus kurniawan

    Jumat, 11 Mei 2012 | 10:49

    Ass.Wr.Wb
    saya sudah membayar ke bank dan sudah mendapatkan KAP dan PIN tetapi waktu masul Online ke http//ujian.snmptn,ac,id kok gak bisa dan responnya untrusted conection. Mohon beri kejelasanya terimakasih .

  17. laely setya

    Jumat, 11 Mei 2012 | 11:39

    kug g bisa knp? (this connection is untrusted)
    beri info yang lebih jlas….

  18. dwi okto

    Jumat, 11 Mei 2012 | 13:12

    mau daftar online kok dari kemarin di buka tdk bisa kenapa ya?

  19. yuanita asgitami

    Jumat, 11 Mei 2012 | 14:36

    langkah awalnya transfer uang dulu ke bank mandiri, kalo udah dapet PIN dan KAP baru login di website http://www.snmptn.ac.id

  20. Nisa

    Jumat, 11 Mei 2012 | 21:22

    kalo ga bisa buka pke mozilla bisa dibuka pke internet explorer…

  21. selvi

    Sabtu, 12 Mei 2012 | 09:23

    assalamualakum,ijin bertanya.selain daftar online,daftar langsung ke kampusnya bisa ga?.

  22. esty

    Sabtu, 12 Mei 2012 | 10:18

    assalamualaikum,,maaf kok linknya ga bisa dibuka ya…mohon dtindak lanjuti..

  23. Jane Grace Felisha

    Sabtu, 12 Mei 2012 | 16:33

    Bagaimana cara pendaftaran SPMU di UNNES saya daftar online kok tidak bisa yah? Trims

  24. lina lulu'aini

    Sabtu, 12 Mei 2012 | 19:09

    maw daftar kok susah ya,,prosedurnya kok rada rumit ya….

  25. kharis maksun

    Minggu, 13 Mei 2012 | 00:04

    cara pengisian borang gmnh ko aku login ga biza cie

  26. hany

    Minggu, 13 Mei 2012 | 10:40

    assalamualaikum
    mw nny, jadi sblm ngisi borang qta mzty mbyar k’bank dlu. lha cara d’bank.a gmn??

  27. Pungki fajar

    Minggu, 13 Mei 2012 | 17:21

    kalo ud di bankMANDIRI nanti tanya saja sama petugas ato satpam. .ntr pzt d’britahu cra isi krilingnya

  28. dwi caksono

    Minggu, 13 Mei 2012 | 18:23

    assalamualaikum
    mw nanya kalo snmptn yang jalur prestasi masih ada gx ya….???

  29. kharis maksun

    Minggu, 13 Mei 2012 | 23:25

    bentuk format snmptn ko bentuk y mp4 , gmnh cara download yang bentuk nya m.s word /pdf/m.s power powin

  30. hilda mafrukha

    Senin, 14 Mei 2012 | 18:31

    saya mau tanya kenapa setiap buka link http://ujian.snmptn.ac.id selalu untrusted connection ??
    lalu solusinya bagaimana ??
    tolong dijawab ya…

  31. irsyad

    Senin, 14 Mei 2012 | 20:07

    UNNES masih membuka pendaftaran jalur SPMU apa nggak ya? kok SPMU nya cuma buat PPS? yang s1 ga ada spmu ya?

  32. evi wijaya

    Selasa, 15 Mei 2012 | 08:12

    pendaftaran snmptn jalur ujian tulis untuk login ke alamat http://ujian.snmptn.ac.id susah sekali ya? apakah ada alamat web lain untuk bisa login ke pendaftaran? tolong kasih solusinya. terima kasih

  33. dedeh

    Selasa, 15 Mei 2012 | 11:13

    mau tanya, persyaratan pendaftarannya apa aja, tyuz cara daftar scara online gmna?

  34. kakah

    Rabu, 16 Mei 2012 | 14:12

    maaf sebelumnya, saya mau tanya kog klu buka link http://ujian.snmptn.ac.id nggak bisa ya?pasti muncul respon intrusted connection? padahal kan pendaftaran jalur tulis sudah dibuka ya,
    terima kasih.

  35. Laelatul

    Kamis, 17 Mei 2012 | 13:03

    mau login kok susah banget yahh.. nggak mau kebuka,,,

  36. nafia

    Minggu, 20 Mei 2012 | 19:43

    kenapa ya setiap mu daftar online susah banget,,,gak bs dbuka,,,,

  37. ayu

    Rabu, 23 Mei 2012 | 01:06

    Kenapa linknya g bisa dibukak ya…
    Cara lain ada g.
    Mohon dikasih solusi.

  38. dian

    Rabu, 23 Mei 2012 | 02:51

    Assalamu’alikum
    saya mau nanya,saya ikut jalut undangan dan sudah mendapatkan pin dari jalur undangan,apakah nomer pin itu berlaku untuk yg tertulis?

  39. takbir

    Kamis, 16 Mei 2013 | 17:53

    Knpa linknya nggk bisa d buka….???