Hari ini, Pendaftaran SNMPTN Jalur Tulis Dibuka

Kamis, 10 Mei 2012 | 11:34 WIB


Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dibuka hari ini (Kamis, 10/5) hingga 31 Mei 2012. Pendaftaran dilakukan secara online.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang juga Koordinator Wilayah II SNMPTN Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi menginformasikan hal itu di kampus Sekaran. “Sebagaimana tahun lalu, tahun ini pun pendaftaran dilakukan secara online melalui http://ujian.snmptn.ac.id,” tandasnya.

Rektor mengatakan, mereka yang bisa mendaftarkan diri adalah lulusan SMA atau yang sederajat tahun 2010, 2011, dan 2012. “Berbeda dari tahun lalu, tahun ini waktu pendaftaran untuk lulusan dari ketiga tahun tersebut sama, yakni 10-31 Mei,” katanya.

Prof Sudijono mengingatkan, calon peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian di panitia lokal (panlok) terdekat meskipun perguruan tinggi yang dipilih berada di kota lain. “Misalnya, anak Semarang tak perlu jauh-jauh ke Jakarta, tapi cukup di Panlok 42 Semarang saja untuk mengikuti ujian sekalipun PTN pilihannya berada di Jakarta atau bahkan di luar Jawa,” jelasnya.

Tata cara pendaftaran

Pendaftaran berikut tata caranya dapat dilihat di laman http://ujian.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari http://download.snmptn.ac.id.

Adapun untuk jenis ujian tertulis terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi (TBS) prediktif yang meliputi tes bidang studi dasar; matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Selain itu tes bidang studi IPA; matematika, biologi, kimia, dan fisika. Untuk tes bidang studi IPS yang diujikan adalah sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan bidang ilmu keolahragaan.

Peserta ujian yang memilih program studi bidang ilmu seni atau olahraga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 14 dan 15 Juni 2012. Ujian dilaksanakan di PTN yang memiliki program studi itu. Daftar PTN yang memiliki program studi tersebut dapat dilihat di laman http://snmptn.ac.id.

Ujian tertulis yang meiliputi tes potensi akademik (TPA) dilaksanakan pada 12 Juni 2012, sedangkan tes bidang studi IPA dan IPS pada 13 Juni 2012. Biaya pendaftaran peserta IPA atau IPS sebesar Rp 150.000, IPC Rp175.000. Sedangkan bagi yang mengambil program studi olahraga atau seni masih dikenai Rp 150.000 per peserta per ujian keterampilan.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 9.288 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

39 komentar pada “Hari ini, Pendaftaran SNMPTN Jalur Tulis Dibuka

  1. assalamualaikum
    saya mau nanya.?

    saya kan ikut jalur udangan…
    nah Pengumuman 28 mei
    kalo seumpama saya tidak lolos jalur undangan .
    apakah saya masih bisa ikut jalur tertulis

    sekian dan terima kasih

  2. ass.wr.wb
    mhon tanya..
    knapa styp buka link snmptn.ac.id responnya untrusted connection ??
    itu gangguan apa link sibuk ?/
    terima kasih

  3. ass…..
    maaf pndaftarnnya udah di buka kan?tapi ko susah bgd prosedurnya?apa lgi ada gangguan pada link nya?
    saya sudah coba buka tp ga bisa…

    trimksh.

  4. saya ma tanya…??
    cara mengisi borang tu bagamana ya kok susah?
    saya udah mencoba kok masih tetep tidak bisa !
    trimaksih..

  5. maaf mau tanyaa,, ,ituu pendaftaRan snmptn nya kayak gmana prosedurnya kok susah yaa ,, ,??
    tolong bantuinn,, ,

    trimakasihh :)

  6. assalamualaikum
    saya mau tanya apa kalau mau daftar ke online itu bayar dulu biar bisa dapat pin kap’na dr bank mandiri ?????????/
    tolong yg tau di jawab iia,,,terima kasih

  7. saya da coba buka link snmptn.ac.id responnya untrusted connection ??
    klo mau daftar apa harus ke bank dulu,, atau online dulu baru ke bank,,
    terima kasih,,
    tolong kasih info yg jelas donk?

  8. Ass.Wr.Wb
    saya sudah membayar ke bank dan sudah mendapatkan KAP dan PIN tetapi waktu masul Online ke http//ujian.snmptn,ac,id kok gak bisa dan responnya untrusted conection. Mohon beri kejelasanya terimakasih .

  9. Assalamu’alikum
    saya mau nanya,saya ikut jalut undangan dan sudah mendapatkan pin dari jalur undangan,apakah nomer pin itu berlaku untuk yg tertulis?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *