Hari Ini Pendaftaran SNMPTN Dibuka

Jumat, 1 Februari 2013 | 7:46

Berita Terkait

Mulai Jumat (1/2) ini siswa kelas XII SMA/MA/SMK sudah bisa mendaftarkan diri pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran secara online di laman http://snmptn.ac.id hingga 8 Maret dan gratis.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi mengungkapkan hal itu kepada unnes.ac.id, Jumat (1/2).

“Sebagaimana SNMPTN Undangan 2012, SNMPTN didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lain. Siswa bisa mendaftarkan diri asalkan mendapatkan rekomendasi kepala sekolah serta tercantum pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS),” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengisian PDSS oleh kepala sekolah berlangsung sejak 17 Desember lalu hingga 8 Februari mendatang. Tak hanya siswa kelas XII yang nilai rapornya perlu diisikan, tetapi juga siswa kelas X dan XI.

Lebih lanjut dikemukakan, lewat SNMPTN siswa bisa memilih program studi seni dan olahraga. “Seleksi pada kedua kelompok program studi ini akan didasarkan pada nilai rapor, bukti prestasi, dan portofolio. Semua secara online dan pendaftar tidak dipungut biaya apa pun,” katanya.

Kuota Unnes
Menurut Rektor, secara keseluruhan universitas yang dipimpinnya menyediakan 6.680 kursi untuk mahasiswa baru. “Sebanyak 3.638 atau 55% di antaranya akan diterima melalui SNMPTN,” katanya.

Selain SNMPTN, mahasiswa baru Unnes akan diterima lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri, yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Keduanya menggunakan ujian tulis dan keterampilan khusus untuk yang memilih program studi olahraga dan seni sebagai skema seleksi.

“Khusus untuk lulusan 2011 dan 2012 bisa mendaftar lewat SBMPTN dan SPMU, sedangkan mahasiswa program diploma hanya terima lewat seleksi mandiri,” katanya.

Dikemukakan pula, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyediakan beasiswa Bidikmisi bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Lewat beasiswa ini, penerima akan bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester. Secara khusus, Unnes menyediakan informasi mengenai beasiswa ini di laman http://bidikmisi.unnes.ac.id.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

50 Komentar untuk “Hari Ini Pendaftaran SNMPTN Dibuka”

  1. Tya

    Jumat, 1 Februari 2013 | 11:30

    Admin, mau tanya nih. saya lulus tahun 2012, mau ikut pendaftaran tahun ini tetapi mau ambil yang bidikmisi. caranya gimana ya? bisa diinformasikan ke saya syarat-syarat, cara pendaftaran dan waktunya?
    terima kasih

  2. Yulia

    Jumat, 1 Februari 2013 | 13:23

    Selamat Siang Admin,
    Saya berminat untuk mendaftar di UNNES tahun ini. Kapankah informasi mengenai kuota jumlah mahasiswa yang akan diterima UNNES per-program studi akan dipublikasikan dan kisaran besaran biaya pendidikannya? Saya membutuhkan info tersebut sebagai bahan pertimbangan. Terima kasih :)

  3. Desy Wulandari

    Jumat, 1 Februari 2013 | 13:52

    Ass…
    selamat siang admin.
    saya Desy wulandari kelas XII IPA 1 siswi dari SMAN 1 MANDIRANCAN KAB.KUNINGAN JAWA BARAT.
    saya ingin bertanya, kapan anak-anak mahasiswa unnes mau bersosialisasi di sekolah SMAN 1 MANDIRANCAN?
    saya perwakilan dari teman-teman ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang unnes, dan saya berminat untuk melanjutkan ke unnes.

    mohon infonya ya,
    terima kasih
    wass…..

  4. s.a sifa imtihan

    Jumat, 1 Februari 2013 | 14:59

    semoga allah s.w.t mempermudah saya untuk masuk unuversitas negeri semarang , ammin

    by : s.a sifa imtihan
    sma negeri 7 cirebon

  5. cahaya

    Jumat, 1 Februari 2013 | 15:28

    siallll gag bisa ikut ptn lagi…..

    :(

  6. garnis

    Jumat, 1 Februari 2013 | 15:54

    maaf,, saya mau tanya.
    Untuk jurusan pendidikan ekonomi ntu di jalur SNMPTN ada berapa quota yg ada ya??

    Terimakasih :)

  7. dewi praswida

    Jumat, 1 Februari 2013 | 19:01

    min , untuk jurusan pendidikan bahasa inggris quotanya berapa ??

  8. azis

    Jumat, 1 Februari 2013 | 19:57

    Untuk bidang seni, yg di maksud portopolio itu bagaimana ?
    Piagam prestasi yg di perbolehkan sejak tahun brp ?
    Terimakasih
    Azis toyo

  9. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 1 Februari 2013 | 20:02

    Saudara Dewi Praswida dkk, kuota tiap-tiap program studi dapat ditemukan dengan terlebih dahulu mengeklik banner “SNMPTN 2013″ pada sisi kanan atas beranda laman ini. Perhatikan/klik “Daya Tampung Unnes pada SNMPTN” di bagian bawah berita tersebut. Salam.

  10. lukmanul hakim

    Jumat, 1 Februari 2013 | 22:03

    assalamualaikum wr.wb kl nilai raport kurang memuaskan bisa apa gak ya

  11. Rifqi Nur Fahmy

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 05:12

    assalamu’alaikum wr.wb
    admin mau tanya kalau mau nyertain piagam tapi piagamnya bukan piagam kejuaraan dan nonakademik misalnya pramuka itu bisa engga ?terus saya pingin tau persyaratan masuknya di tiap-tiap jurusan , maksih :)

  12. Rifqi Nur Fahmy

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 05:22

    assalamu’alaikum wr.wb
    admin mau tanya , kalau daftarnya nyertain piagam tapi piagam non akademik dan bukan piagam kejuaraan ,misalnya pramuka , itu bisa atau tidak ?terus pingin tahu bagaimana persyaratan masuk di tiap-tiap jurusan boleh ?terima kasih :)

  13. siti rukmana

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 09:22

    ass…
    saya siswa dari SMK Negeri 1 cluwak yg ada di pati..
    saya kurang paham untuk pendaftaran di unnes. saya ingin masuk pendidikan b.inggris, kira2 quotanya berapa? karena saya dengar grade di pendidikan b.inggris tinggi.

  14. arief fachrurozi

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 14:25

    admin mw tanya, knapa di brosur yang di internet tidak ada prioritas program jurusan (IPA/ ips)?karena saya dapat brosur dr anak UNNES ada /tercetak prioritas program jrusan (IPA/IPS) .

  15. Dedi triyanto

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 14:37

    assalamualaikum, saya sudah mendaftar lewat SNMPTN dan saya dari salah satu SMA di kalimantan Barat. saya asli semarang tapi SMA di kal-bar alhamdulillah nilai raport saya cukup memuaskan, selama tiga tahun saya berturut-turut mendapat peringkat pertama dan menjadi juara umum. semoga saya bisa LOLOS. amin

  16. vina

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 16:25

    Aku udah daftar .semoga saja ketrima .amin

  17. nafik

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 19:30

    quota psikolog brpa ya?

  18. ahdania putri

    Minggu, 3 Februari 2013 | 09:17

    min mau tanya nih,kenapa sayatidak bisa login pendaftaran ya? padahal password saya sudah benar

  19. yunita

    Minggu, 3 Februari 2013 | 10:34

    slmt siang, quota pend.ekonomi sama psikolog brapa ya.? mkasih

  20. Diah

    Minggu, 3 Februari 2013 | 11:34

    kuota undangan psikologi tahun ini 88.. kalo sbmptn-nya 56 ._.
    kalo pend.bhs inggris undangan 96, sbmptn-nya 61
    *akuu baru unduh kuota unnes tahun ini*

    pendaftaran udh di buka, tp belum berani daftar TT-TT

    pak, di unnes ada persyaratan khusus ngga ???

  21. mangelek

    Minggu, 3 Februari 2013 | 12:37

    ass.wrwb.
    admin maaf nich,
    gmna liad QUota daya tampung snmptn undangan di UNNES?
    tolong dbntu dong,gmna mw liad jurusan & daya tmpungnya?
    jadi ga brani milih ;(
    TULIS dong linknya apa”n td diatas kta ADMIn dipojk kanan ketik “SNMPTN 2013″udah,tp ga bs jga liad QUOTANY gmna nich admin?
    thankxz

  22. dimas

    Minggu, 3 Februari 2013 | 13:48

    yang dipake rapor dari kelas 1 ya?

  23. garnis

    Minggu, 3 Februari 2013 | 15:06

    maaf,,mau tanya.
    Setelah saya mendownload file daya tampung.
    Kok quota jalur undangan tahun 2012 lebih besar dari pada jalur SNMPTN 213 ??
    Bukankah sekarang ntu 55% untuk jalur SNMPTN??

    Terimakasih

  24. adhitya

    Senin, 4 Februari 2013 | 09:37

    admin mau nanya cara mendaftar online di unnes gimana ??

  25. anindya

    Senin, 4 Februari 2013 | 13:35

    besar terima kouta perjurusan kok lum ada infonya?
    mohon ya kesediaan nyantumin :)
    makasih

  26. yulia

    Senin, 4 Februari 2013 | 16:06

    Ass .
    saya yulia atironida , kelas Xll ips 2 , sekolah di SMA negeri 1 JALAKSANA . KAB. KUNINGAN JAWA BARAT . kapan nih UNNES berSilaturahmi ke SMA 1 JALAKSANA ?
    saya ingin bertanya mengenai fakultas PGSD di Unnes , , mohon info nya . dan berapa quota nya .?? terima kasih .

    saya berminat untuk melanjutkan ke unnes , semoga diterima . amin , amin ya allah .

  27. juliansyah

    Senin, 4 Februari 2013 | 16:56

    admin mau tanya kalau SMA nya dari jurusan IPA bisa ambil jurusan Pendidikan Seni gak lewat Jalur SNMPTN Undangan ?

  28. nur islami

    Senin, 4 Februari 2013 | 18:57

    Assalamuailaikum admin,
    mau tanya kouta sastra Inggris berapa ya?
    makasihh…

  29. Nur Adi

    Selasa, 5 Februari 2013 | 22:31

    assalamu’alaikum admin,
    saya mau tanya
    akreditasi semua fakultas di UNNES apa aja ya?

  30. ari wibowo

    Rabu, 6 Februari 2013 | 08:44

    assalamualaikum.
    saya ingin masuk UNNES jurusan pendidikan teknik mesin tapi saya lulusan SMK tahujn 2010, lewat jalur yang mana saya bisa ikut pendaftarannya ya pak? terimakasih

  31. benty sihombing

    Rabu, 6 Februari 2013 | 15:49

    mantaplah…………….

  32. wirna fujiyanti

    Jumat, 8 Februari 2013 | 10:05

    assalam….
    saya mau tanya bagaimana cara siswa mendaftar di SNMPTN lewat online?
    sudah di klik pada formulir pendaftaran tapi tidak bisa, mohon jawabannya..
    trimakasih..

  33. agnez

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 14:33

    bagaimana bila PDSS tidak bisa dibuka?
    dan blum d verifikasi?

  34. nini

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 22:34

    maaf..! bagaimana kalo pasword.y sudah di ganti setelah itu mau di buka kembali lupa password.y? apakah saya bisa mendapatkan info mengenai password saya?

  35. Jacksbidzin

    Minggu, 10 Februari 2013 | 16:22

    assalamualaikum

    min mau tanya tntang bukti prestasi misalkan piagam penghargaan.a sbgai peserta gmna ?
    pasalnya sya prnah mewakili kab tegal dlm lomba trtntu tngkt jateng tapi ga da piagam prestasi juara 2 yg ada cuma piagam peserta itu gmna min ?

    berlaku apa tidk ?
    terima kasih

    powered by : jabidin
    TKJ SMKN 1 SLAWI

  36. nur

    Minggu, 10 Februari 2013 | 19:08

    slmt mlm.. mbak vina udh dftr y ? mbak gmna crnya dftrnya ??? tlg replay y mbak,,,thanx

  37. mirza

    Senin, 11 Februari 2013 | 10:43

    sy mw tny nie bgaimana yg bkan dri pndidikan frmal sprti sma\smk tpy dri pndok pesntrn ikt smptn sdngkan sya tdk tw kode skolah ny

  38. mina

    Selasa, 12 Februari 2013 | 15:18

    admin mw tnya ne !! slksinya kan tgl 2 maret. lw dftar skrang msh bsa gx ???

  39. elis

    Kamis, 14 Februari 2013 | 19:53

    admin, untuk prodi bimbingan konseling hanya untuk jursan ips apa ipa dan ips? trims

  40. fitri

    Jumat, 15 Februari 2013 | 16:35

    saya pengen msk unnes jalur snmptn n ikt bidikmisi n sya dri program ipa pengen masuk prodi ips di unnes apa bisa?bleh kan nak ipa msk jurusan ips?

  41. afwah

    Jumat, 22 Februari 2013 | 11:50

    assalamualaikum
    mau tnya n, misalkan ada kesalahan di tempat taggal lahir gmana yah ? padahal udh difinalisasikan ?

  42. mujayanah

    Jumat, 22 Maret 2013 | 11:53

    akku udah daftar ke SNMPTN tapi kata gurunya fotoya kurang resmi gimnana?

  43. yusri yuliani

    Rabu, 17 April 2013 | 10:32

    saya mau daftar secara online caranya dan apa saja syarat-syaratnya ..???
    trims

  44. qolis sfc

    Sabtu, 20 April 2013 | 14:49

    gimana cra dftar online kog ngk bisa,,,,,,,,,,,,,,,,?????????

  45. jainatus shela almadia

    Selasa, 23 April 2013 | 19:40

    min..
    saya mau daftar online, tpi syaratnya apa saja dan caranya gimana?
    tlng dijawab
    mksh

  46. jainatus shela almadia

    Selasa, 23 April 2013 | 19:42

    daftra online di unnes gimana?

  47. siti yanuaristi

    Rabu, 15 Mei 2013 | 10:30

    gmna cra daftr online’y,,,,,kok gk kya tahun kmrn ,,,

  48. syamsiyah

    Minggu, 19 Mei 2013 | 10:59

    syarat-syatat untuk daftar diunnes bawa apa aja…?

  49. AMRY

    Selasa, 8 Oktober 2013 | 13:25

    maaf ka saya mau tanya syarat – syarat dan cara daftar lewat online gi mana ka buat masuk UNNES
    ?

  50. rohani

    Minggu, 12 Januari 2014 | 10:51

    gmna cra agar saya bisa masuk unnes tahun 2014 ini dan dapa beasiswa bidik misi?????
    tolon di informasikan kepada saya

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top