Rektor: Konferensi Bahasa dan Sastra Tawarkan Solusi Masalah Literasi

Selasa, 10 Oktober 2017 | 8:48 WIB


Rektor: Konferensi Bahasa dan Sastra Tawarkan Solusi Masalah Literasi

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengapresiasi penyelenggaraan Konferensi Bahasa dan Sastra II yang diselenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia berharap konferensi itu dapat menyodorkan solusi bagi berbagai permasalah literasi di Tanah Air.

Tema “Membangun Budaya Literasi” dalam konferensi itu, menurutnya, relevan dengan tantangan masyarakat saat ini.

Berbagai survei, baik yang dilakukan lembaga nasional maupun internasional, menunjukkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia masih rendah. Kondisi demikian membawa sejumlah konskuensi turuan.

Literasi yang rendah menyebabkan distribusi pengetahuan tidak progresif, produktivitas rendah, bahkan dalam banyak kasus juga menyebabkan hubungan sosial menjadi tegang akibat beredarnya berita bohong (hoaks).

Rektor berharap, melalui forum ini akan muncul perspektif keilmuan baru yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan literasi. Kajian yang dihasilkan melalui forum KBS II diharapkan dapat menjadi panduan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program literasi.

Sebanyak 34 pemakalah dijadwalkan menyampaikan gagasan dan temuannya pada Konferensi Bahasa dan Sastra II. Mereka akan akan menyampaikan gagasan itu hingga pukul 16.00 WIB sore ini.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 239 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X