Habib Umar: Ilmu Menjauhkan Diri dari Kemiskinan

Minggu, 27 April 2014 | 2:20 WIB


Habib Umar: Ilmu Menjauhkan Diri dari Kemiskinan
humas/laila

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, saat peringatan Malidur Rasul, Sabtu (19/4), di lapangan Desa Banaran, Gunungpati, Semarang.

Kekurangan ilmu dalam diri seseorang dapat menjadikan miskin. Tidak hanya miskin dalam hal materi, tapi juga miskin dalam bertindak.

“Lingkaran ‘setan’ yang ada di Indonesia sudah sangat nampak sekarang ini. Kenapa Indonesia miskin, karena tidak berilmu. Kenapa tidak berilmu, karena masih banyak yang tidak sekolah dan kuliah,” kata Al Habib Umar Muthohar, dalam Malidur Rasul Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (19/4), di lapangan Desa Banaran, Gunungpati, Semarang.

Habib Umar menekankan pentingnya pendidikan dan peran mahasiswa dalam mengatasi lingkaran kemiskinan yang ada di Indonesia. “Kenapa tidak kuliah? Karena tidak punya uang. Kenapa tidak punya uang? Karena tidak mampu menjual tenaga. Begitu seterusnya. Maka, untuk memotong lingkaran ini, kita memperlukan pendidikan yang baik dan tidak mengabaikan agama,” tandasnya.

Dia berpesan kepada mahasiswa supaya selalu bersyukur karena telah mampu mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah. “Banyak di luar sana pemuda yang putus sekolah karena tidak memiliki biaya. Bentuk syukur sebagai mahasiswa adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan berakhlak mulia,” pesan dia.

Selain dihadiri ribuan orang, acara juga dihadiri Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Pembantu Rektor, dosen, unsur pimpinan Kota Semarang, serta masyarakat sekitar Gunungpati.

Sementara itu, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya dari Pekalongan yang juga mengisi acara, menekankan pentingnya kesadaran akan kemerdekaan. “Kemerdekaan yang dimiliki Indonesia saat ini bukan hasil hadiah dari kaum penjajah. Akan tetapi hasil dari perjuangan,” katanya.

“Maka, sudah selayaknya kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Jangan sampai minder,” ujarnya.


DIUNGGAH : Nur Laila Sofiatun Dibaca : 2.247 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Habib Umar: Ilmu Menjauhkan Diri dari Kemiskinan

  1. Betul skali…. yg di tuturkan habib lutfi .smoga pemerinth indonesia. Smakin memaksimalkan program pendidikan . Amin (khusus nya daerah pedalaman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X