Guru Faktor Penentu Kualitas Pendidikan

Selasa, 19 Januari 2016 | 16:29 WIB


Guru Faktor Penentu Kualitas Pendidikan
SIHONO/HUMAS

Guru memegang peran yang penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Jika guru memiliki kualifikasi baik, pembelajaran akan berlangsung baik. Paralel dengan itu, jika pembelajaran baik maka kualitas pendidikan juga akan baik.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Dr Didin Wahidin MPd menyampaikan hal itu saat menjadi nara sumber pada seminar nasional pendidikan “PPG Menjawab Tantangan Guru Profesional Masa Depan”, Selasa (19/1) di C7 Fakultas Ilmu Sosial Unnes kampus Sekaran Gunungpati.

Seminar yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Profesi Guru (PPG) dibuka Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof YL Sukestiyarno. Kegiatan diikuti 241 mahasiswa PPG SM3T Angkatan 3.

“Jika ada orang yang menyebut dirinya guru, dia harus tahu dasar teoritik yang melandasi setiap tindakannya dalam mengelola pembelajaran. Mengapa misalnya kita menghukum anak, mengapa ikut metode diskusi, mengapa harus belajar dengan tanya jawab dan sebagainya, itu harus ada latar belakang teorinya,” katanya.

Ia mengapresiasi guru SM3T adalah guru yang telah memiliki pengalaman cukup baik. “Saya yakin mahasiswa SM3T inilah yang akan menentukan kualitas pendidikan dimasa mendatang,” kata Dr Didin Wahidin.

Menurut Dr Didin Wahidin, gambaran ideal guru profesional abad 21 di antaranya, memiliki semangat belajar, ahli membuat media pembelajaran, menguasai teknologi, juga memiliki empati.  Lebih mendasar dari itu, guru juga harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap kondisi masyarakat.

Selain Dr Didin Wahidin, dalam seminar itu hadir pula guru berprestasi tingkat nasional Farida Rahmalatif MPd dan motivator yang juga alumni Unnes, Prie GS.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.245 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X