Baik Gunakan Bahasa, Unnes dan Rektor Raih Penghargaan

Kamis, 19 Desember 2013 | 23:32 WIB


Baik Gunakan Bahasa, Unnes dan Rektor Raih Penghargaan
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Balai Bahasa Jawa Tengah memberi penghargaan kepada Universitas Negeri Semarang sebagai lembaga pengguna bahasa Indonesia terbaik. Tak hanya itu, rektor Unnes Prof Fathur Rokhman juga terpilih sebagai tokoh pengguna bahasa Indonesia terbaik.

Anugerah tersebut diberikan pada Kamis (19/12) malam, di Wisma Perdamaian, Semarang. Selain Unnes, Balai Bahasa Jateng juga memberi penghargaan lembaga berbahasa Indonesia terbaik kepada Kantor DPR Jateng, Polda Jateng, RS Kariadi Semarang, Universitas Sultan Agung, pusat perbelanjaan Ciputra, dan Hotel Santika. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudarto P Hadi, dan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Ravik Karsidi juga mendapatkan anugerah tokoh pengguna bahasa Indonesia terbaik.

Pemberian anugerah tersebut bukan tanpa alasan. Di Jawa Tengah, lembaga dan tokoh pengguna bahasa juga mesti menilik sikap berbahasa nasional: Apakah mampu menempatkan pada situasi yang tepat untuk berbahasa Jawa, Indonesia, dan asing.

Lembaga publik dan tokoh masyarakat memang jadi agen bahasa yang dapat melahirkan citra dan kuasa. Kepatutan penggunaan bahasa Indonesia di ranah akademik, misalnya, menjadi hal yang lazim dilanggengkan melalui internalisasi di universitas.

“Sebagai tempat belajar mahasiswa, di Unnes, pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dilakukan terutama lewat bahasa akademik dalam perkuliahan. Tak cuma itu, kita juga mewujudkannya dalam tuturan, produk pemberitaan berupa media online maupun buletin, dengan bahasa yang sesuai pada tempat dan fungsinya,” ungkap Prof Fathur Rokhman seusai menerima penghargaan.


DIUNGGAH : Nana Riskhi Dibaca : 1.937 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

8 komentar pada “Baik Gunakan Bahasa, Unnes dan Rektor Raih Penghargaan

  1. Bersyukur dan bangga atas berbagai prestasi dan penghargaan telah diterima oleh Unnes. Semoga kita bersama mampu mempertahankannya dan memperoleh prestasi dan penghargaan berikutnya, amin. Khusus kepada Pak Rektor Unnes kami ucapkan “SELAMAT dan SUKSES” sebagai tokoh sekaligus contoh dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. He he ….

  2. Wah, saya setuju sekali Prof. Fathur menjadi pengguna bahasa terbaik. Waktu berkesempatan diterima di ruangannya, tutur kata Beliau sopan, lembut dan bijaksana, dan lembah manah, jauh melampaui usianya yang masih muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X