Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon Lampaui Target

Selasa, 25 Desember 2012 | 2:06 WIB


Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon Lampaui Target
SIHONO/HUMAS

Minat masyarakat untuk menanam pohon melalui Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon sangat tinggi karena dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat membacakan sambutan tertulis Menteri Kehutanan dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Bulan Menanam Nasional, dan Kampanye Indonesia Menanam Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 yang dipusatkan di Desa Pangawaren, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jumat (21/12).

Kegiatan diawali dengan pemberian penghargaan kepada Bupati/Kota penanaman I miliar pohon tingkat Provinsi Jawa Tengah kepada Bupati Grobogan, Cilacap, Rembang, Kota Semarang, dan 30 daerah yang peduli melestarikan lingkungan. Juga diadakan kerja sama antara Provinsi Jawa Tengah dengan empat perguruan tinggi yakni Unnes, Undip, UNS, dan Unsoed.

Hadir dari Unnes Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof Fathur Rokhman, Kabag Kerja Sama Supaat MPd.

Secara nasional capaian realisasi gerakan menanam pohon selama tiga tahun terakhir telah melebihi target penanaman minimal 1 miliar pohon setiap tahun.

Pada 2010 tertanam sebanyak 1,3 miliar pohon atau 130 persen. “Tahun 2011 tertanam 1,5 miliar pohon atau 150 persen dan pada tahun 2012 sampai akhir bulan Oktober 2012 telah terealisasi penanaman 732 juta batang pohon di seluruh Indonesia,” kata Gubernur Jawa Tengah.

“Saya berharap seluruh warga ikut menjaga kelestarian lingkungan khususnya hutan. Jika kelestarian hutan tidak dijaga bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor,” katanya.

Kampus Hijau

Selesai membacakan sambutan Menteri Kehutanan, Gubernur Jateng menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unnes yang telah menciptakan kampus hijau.

“Kalau kampusnya hijau royo-royo, iyup, dan sejuk, mahasiswa pikirannya ya jernih diajak bicara ya nggathuk. Namanya universitas konservasi kalau bisa membuat seperti itu pasti mahasiswanya pinter-pinter. Itu pasti. Dan luar biasa saestu lanjutkan perjuangan itu,” kata Gubernur.

Sebaliknya, kata gubernur, kalau kampusnya panas, semuanya ikut panas diajak ngomong ya ora nggathuk waton demo wae ora bar-bar, karena apa? Karena kampusnya gersang panase ora ilok-ilok arep ngiyup tidak ada,” katanya. “Matur nuwun bapak rektor tolong ini dipelihara dan dilebarkan sayapnya.”

Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengembalikan posisi hutan dengan baik termasuk hutan rakyat. “Jika nebang jangan ngawur. Pilihlah pohon yang besar kira-kira radiusnya minimal 40 centimeter, yang kecil biar tumbuh menjadi besar. Itu namanya tebang pilih bukan tebang kebutuhan,” tegasnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.764 kali
EDITOR : Sihono

2 komentar pada “Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon Lampaui Target

  1. Sangat bagus dan Luar Biasa,, semoga Jateng Bisa mewujudkan lingkungan yang menunjang kehidupan secara Lestari dg penanaman pohon tersebut. Luar biasa untuk Pak Bibit dan Pak Rektor Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *