Dibuka Lagi, Pendaftaran Sarjana Mendidik di Daerah 3T

Jumat, 10 Agustus 2012 | 12:46 WIB


Dibuka Lagi, Pendaftaran Sarjana Mendidik di Daerah 3T
AGESTIA P NUSANTARI/DOC DIKTI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali membuka pendafataran peserta program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Itu setelah lebih dari 3.000 pendaftar program ini mengikuti tes online pada gelombang I, pekan lalu.

“Mengingat kuota tenaga pendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal diperbanyak, Dirjen Dikti membuka kesempatan bagi para sarjana untuk mengikuti seleksi gelombang II program ini,” tutur Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unnes Drs Abdurrahman MPd, di kampus Sekaran, Jumat (10/6) siang.

Sama halnya pendaftaran gelombang I, pendaftaran gelombang II dilaksanakan secara online mulai tanggal 11 hingga 26 Agustus 2012. Persyaratan peserta gelombang II sama dengan gelombang I. Beberapa syarat antara lain (1) warga negara Indonesia, (2) usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, (3) lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan (4) IPK minimal 3,0.

Selain itu, (5) berbadan sehat, (6) bebas narkotik, (7) berkelakuan baik, (8) mendapatkan izin orangtua/wali, (9) belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.

Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 27-29 Agustus, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (30-31 Agustus), tes online (3-6 September), dan pengumuman hasil tes online sekaligus jadwal wawancara (9 Agustus), wawancara hasil seleksi gelombang I dan II (14-16 September), dan pengumuman hasil seleksi gelombang I dan II pada 19 September 2012.

Program studi kependidikan yang dibuka adalah PGSD, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan  Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Konseling.

“Peluang bagi pendaftar SM-3T yang belum lolos pada gelombang I, mereka diperbolehkan mengikuti pendaftaran gelombang II,” ungkap Abdurrahman seraya mengatakan, pendaftaran dilakukan melalui laman www.sm-3t.dikti.go.id

 


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 7.406 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

29 komentar pada “Dibuka Lagi, Pendaftaran Sarjana Mendidik di Daerah 3T

  1. Program ini tidak dipungut biaya, bahkan selama di daerah 3T perbulan mendapat bantuan dana sebesar Rp.2.500.000,- . Selesai tugas di daerah 3T langsung mengikuti pendidikan program PPG di Unnes selama 1 tahun, lulus dapat sertifikat guru. Jadi guru profesional plus tunjangan guru.

  2. Tapi ko’ belum tersedia jga ya form pndftrannya…
    katanya bka tgl 11 agustus..?
    gimana pak admin.?
    terima kasih atas respon sebelumnya..

  3. assalam! Pa aq sudah ikut glmbg 1 tp tdk lolos di tes online. Klo ikut glmbg 2 apakah kami ikut tes online juga. Atau ada kbijakan dr dikti!

  4. katanya tgl 11 agustus buka pendaftaran utk gelombng ke 2, tapi ko blom tersedia ya. apa ini udh benar2 finis ya pak admin. terimakasih

  5. Saudara-saudara, karena masih ada beberapa bagian dari instrumen pendaftaran yang perlu diverifikasi dan difinalkan, sistem pendaftaran pada laman hingga kini belum dibuka. Beberapa bagian tersebut antara lain menyangkut program studi yang dibutuhkan (misalnya pendidikan seni: seni musik, tari, drama atau yang lain), LPTK penelenggara, dan daerah pengabdian. Jadi, selalu memantau perkembangan terbaru program tersebut melalui laman ini atau laman resmi penyelenggara. Salam maju bersama!

  6. Bapak/Ibu, apakah bagi lulusan non kependidikan tidak ada kesempatan untuk bisa mengikuti program ini?mohon pertimbangan dan kebijaksanaannya, karena bisa jadi yang non kependidikan juga banyak yang berkeinginan besar dalam mengikuti program 3T. Tentu saja dengan beberapa pengalaman mengajar selain PPL.Semoga ada kesempatan bagi semua alumni UNNES.Terima kasih :)

  7. maaf pak,,knpa untuk pilihan pendidikan IPS belum ada LPTK penyelanggera yang dituju belum ada,,mohon konfirmasinya ya pak,,makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X