Gelar Linpranas, Unnes Kembali Pecahkan Rekor Muri

Minggu, 19 April 2015 | 23:57 WIB


Gelar Linpranas, Unnes Kembali Pecahkan Rekor Muri
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang  (Unnes) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID Prioritas) menyelenggarakan Lomba Inovasi Praktikum dan Alat Peraga MIPA Nasional (Linpranas) di Auditorium Kampus Unnes Sekaran, Sabtu (18/4).

Lomba yang diikuti 171 peserta SMP/Mts dan Guru pendamping praktikum se Indonesia tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia indonesia (MURI) sebagai pemrakarsa praktikum dan demonstrasi alat peraga MIPA terbanyak.  Penilaian dalam lomba ini ialah dilihat dari inovasi, menariknya alat peraga, sistematis, dan kepraktisan

Ketua panitia lomba Drs Arief Agoestanto MSi mengatakan hasil ini merupakan keberhasilan dan dukungan dari semua pihak, terutama para peserta yang datang dari enam provinsi di Indonesia, seperti Aceh, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan lainnya.

“Ada dua kategori yakni inovasi alat peraga MIPA yang diikuti oleh para guru dan praktikum MIPA dengan peserta pelajar dari tingkat SMP/Mts,” Tutur Drs Arief Agoestanto MSi.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan bahwa, lomba alat peraga dan inovasi praktikum memang belum banyak dilakukan di Indonesia, terlebih diikuti oleh tim yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia, baru Unnes yang melaksanakan.

Kedepan  alat peraga terbaik akan diajukan ke dikti dan dapat diproduksi masal dan dipakai di berbagai sekolah.  Sebelumnya, Unnes telah meraih catatan rekor Muri sebanyak 12 kali. Tercatat beberapa rekor seperti replika tugu muda dari bahan sampah, perhelatan musik congkestra terbanyak hingga pelopor program 20 persen Bidikmisi.

 

 


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 343 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X