Pancasila Tetap Relevan sebagai Pedoman Bermasyarakat

Kamis, 3 Oktober 2013 | 14:31 WIB


Pancasila Tetap Relevan sebagai Pedoman Bermasyarakat
Dwi Sulistiawan/Humas

Ganjar ketika menjadi pembicara dalam Stadium General bertajuk “Memperkokoh Jawa Tengah Sebagai Benteng Pancasila” di C7 FIS Unnes Kampus Sekaran Gunungpati, Kamis (3/10)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Pancasila tetap relevan sebagai pedoman rakyat Indonesia. Di dalamnya terdapat nilai-nilai ketuhanan, kesatuan, keadilan, termasuk jujur dan antikorupsi.

Ganjar menyampaikan hal itu dalam Studium Generale bertajuk “Memperkokoh Jawa Tengah sebagai Benteng Pancasila”, di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kampus Sekaran Gunungpati, Kamis (3/10). Kegiatan ini digelar oleh Jurusan Politik dan Kewarganegaraan FIS Unnes.

Pria yang kerap mengenakan kemeja putih dipadukan dengan celana jeans itu meminta masyarakat tidak hanya berbicara Pancasila sebagai sebuah benteng tanpa ada wujud nyata.

“Kalau cuma benteng apa wujudnya? Jangan-jangan wujudnya toleransi terhadap korupsi, kemewahan, dan penindasan,” katanya penuh semangat.

Sebelumnya, saat pembukaan acara, Rektor Unnes Prof Fatkhur Rokhman memaparkan visi Unnes sebagai Universitas Konservasi bertaraf internasional yang sehat, unggul, dan sejahtera.

“Untuk membangun itu semua, harus disinergikan dari semua aspek di lingkungan pendidikan,” ungkap Prof Fathur yang kemudian menyebutkan pilar-pilar konservasi, antara lain penanaman pohon, green transportation, green energy, paperless, dan konservasi budaya.

Acara ini, menurut Ketua Panitia Noorochmat Isdaryanto MSi, bertujuan sebagai cara mencari solusi atas masalah kewarganegaraan dan kebangsaan di Jawa Tengah melalui diskusi kampus, sehingga kampus tidak berkesan sebagai menara gading. “Terutama dalam mengawal ideologi Pancasila,” katanya di hadapan ratusan mahasiswa Jurusan Politik dan Kewarganegaraan itu.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 2.196 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

3 komentar pada “Pancasila Tetap Relevan sebagai Pedoman Bermasyarakat

  1. Pancasila dasar negara…//Pribadi bangsaku !! Cukup PANCASILA, tidak usah yang lain… Tetap Semangat, Gan! Tetap semangat FIS, tetap semangat Unnes… Ayo maju terus !!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *