MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar Berbangsa

Rabu, 11 September 2013 | 16:27 WIB


Kuatnya arus globalisasi dan demokratisasi di Indonesia telah menggoyah nilai-nilai ideologi bangsa Indonesia. Kenyataan ini merupakan sebuah keniscayaan yang tidak terelakkan.

Sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan bagi para generasi muda, MPR RI bekerjasama dengan Pusat Kajian Pancasila, Hukum dan Demokrasi (Puskapdem) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menyosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Menurut Dr Martitah MHum selaku ketua Puskadem, acara tersebut akan digelar Sabtu, 14 September 2013, di ruang Senat Gedung H Rektorat Kampus Sekaran Unnes. Rencananya akan hadir tim kerja sosialisasi MPR RI yang bakal membuka secara tersebut. Bakal hadir juga Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Peserta yang diundang meliputi wakil beberapa PTN dan PTS di Jawa Tengah, termasuk mahasiswa. Pembicara Timja Sosialisasi MPR RI Dr Yasonna Amonangan Laoly SH MSc dan hakim Mahkamah Konstitusi Prof Dr Arief Hidayat MH.

Menurut Martitah, akan diluncurkan pula Pusat Kajian Pancasila, Hukum, dan Demokrasi (Puskapdem Unnes). Lembaga kajian itu akan melakukan kerja-kerja akademik yang bertema Pancasila, hukum, dan demokrasi.

“Ketiga tema strategis tersebut menjadi persoalan penting di Indonesia yang tengah berproses mencari formulasi yang tepat dalam membingkai demokrasi dengan koridor hukum yang sekaligus dilandasi nilai-nilai Pancasila,” ungkap Martitah.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.594 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar Berbangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X