Permainan Kreatif yang Ajarkan Kebersamaan

Sabtu, 16 Maret 2013 | 12:24 WIB


Permainan Kreatif yang Ajarkan Kebersamaan
SIHONO/HUMAS

Peserta game berusaha mengisi air ke dalam botol dengan spons yang diduduki.

Menuangkan air ke dalam botol biasanya dengan gayung atau cangkir supaya airnya tidak tumpah dan cepat penuh. Namun lain halnya yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa English Students Association (ESA) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes). Sabtu (16/3), di halaman auditorium kampus Sekaran, mereka melakukannya dengan cara yang unik.

Sekelompok mahasiswa itu menggelar Pemantapan Fungsionaris Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris yang diisi dengan game spongebob, lets get wet, yaitu mengisi air ke dalam botol dengan spons yang diduduki.

“Permainan ini untuk membangun keakraban tiap personel, membuat solid, kreatif, dan saling tolong-menolong,” kata Ratna Widya Iswara, salah satu panitia.

Ratna mengatakan, mengisi air ke dalam botol dengan gayung itu sudah biasa, tapi dalam rangka pemantapan ini mengisinya dengan spons yang diduduki sehingga penuh dengan keakraban dan gelak tawa di antara 40 peserta.

“Caranya, botol ditaruh di bawah kursi plastik yang ada lubangnya. Kemudian peserta mencelupkan spons ke dalam ember yang sudah terisi air, kemudian peserta lari menaruhkan spons tersebut di atas kursi terus diduduki. Sehingga air mengucur masuk ke dalam botol. Begitu seterusnya secara estafet selama lima menit. Bagi yang isinya banyak itulah menjadi pemenang,” ujarnya.

Selain itu, kata Ratna, juga ada catch my tail, yakni dua kelompok bermain ular-ularan meletuskan balon lawan yang dipasang di ekor ular tersebut.

Pada Sabtu malam akan diadakan malam keakraban, yaitu menelusuri jalan di sekitar kampus. “Sepanjang penelusuran ada 3 pos yakni pos kedisiplinan, pos kreatif, dan pos manner  meliputi tingkah laku, kepekaan, dan kesopanan,” kata Ratna.

“Pos pertama adalah kedisiplinan, jika peserta sampai pos ini harus melakukan kedisiplinan dan tanggung jawab apa yang ditugaskan oleh pos kedisiplinan, begitu seterusnya sampai pos ketiga,” katanya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 12.975 kali
EDITOR : Sihono

2 komentar pada “Permainan Kreatif yang Ajarkan Kebersamaan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *