Gagal SBMPTN, Inilah Kesempatan Terakhir Daftar di Unnes

Sabtu, 25 Juli 2015 | 8:09 WIB


Gagal SBMPTN, Inilah Kesempatan Terakhir Daftar di Unnes
SIHONO/HUMAS

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes), yang selama ini dikenal sebagai SPMU, akan menjadi kesempatan terakhir bagi lulusan SMA atau yang sederajat meraih kursi di universitas ini.

Pendaftaran Seleksi Mandiri telah dibuka sejak 10 Juni lalu hingga 28 Juli 2015. “Tersedia 1.288 kursi mahasiswa baru. Kuota sebanyak itu tersebar di delapan fakultas atau 65 program studi jenjang S1 dan D3,” kata Kepala Humas Unnes Bambang Priyono MPd.

Dari seluruh mahasiswa yang akan diterima diantaranya merupakan calon penerima beasiswa Bidikmisi yang lolos persyaratan sesuai ketentan yang tercantum pada laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Bambang Priyono menjelaskan, pendaftaran didahului dengan pengisian formulir pendaftaran di laman http//seleksimandiri.unnes.ac.id sejak 10 Juni lalu hingga 28 Juli 2015. Pada tahap ini, yang perlu disiapkan adalah data identitas diri dan data pendidikan terakhir. Peserta pada tahap ini akan mendapatkan formulir pendaftaran.

Tahap berikutnya, lanjut Bambang, pendaftar membayar biaya ke Bank BNI 46 di seluruh Indonesia pada tanggal 11 Juni hingga 29 Juli 2015. Pada tahap ini, pendaftar membayar sebesar Rp 250.000 untuk kelompok Saintek dan Soshum, serta Rp 300.000 untuk Campuran. Sedangkan peserta yang memilih kelompok bidang seni (seni tari, seni rupa, seni musik) atau bidang keolahragaan juga masih membayar biaya ujian keterampilan Rp100.000 di BNI 46 di seluruh Indonesia.

“Dengan formulir pendaftaran, PIN, dan biaya pendaftaran, pendaftar akan memperoleh bukti pembayaran dari bank,” katanya.

Setelah itu, kata Bambang, peserta mencetak kartu peserta di laman http://seleksimandiri.unnes.ac.id yang terjadwal hingga 29 Juli 2015 pukul 23.59 WIB dengan berbekal bukti pembayaran, PIN, dan tanggal lahir pendaftar. “Kartu peserta merupakan bukti bahwa pendaftar sudah sah sebagai calon peserta Seleksi mandiri,” tandasnya.

Bambang menuturkan, tes tulis digelar di Unnes pada 2 Agustus 2015, sedangkan tes keterampilan bagi pemilih program studi seni/olah raga pada hari berikutnya, 3 Agustus 2015. Adapun hasil seleksi akan diumumkan 10 Agustus 2015.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.044 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *