Gagal Daftar SNMPTN? Ikut Saja SBMPTN

Sabtu, 16 Maret 2013 | 15:59

Berita Terkait

Tak berhasil mendaftarkan diri pada Selesi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bukan berarti kesempatan untuk menjadi mahasiswa PTN tertutup sudah. Kesempatan masih terbuka lebar, karena masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo mengungkapkan, SBMPTN merupakan seleksi yang digelar secara nasional dan didasarkan pada hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi tertentu. “Yang bisa mengikuti seleksi ini lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2011, 2012, dan 2013,” ungkap Rektor kepada unnes.ac.id, Sabtu (16/3).

Dikemukakan, pendaftaran secara online baru akan dibuka 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB hingga 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. “Untuk sementara, informasi tentang pendaftaran SBMPTN dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Dikemukakan pula, tahun ini Unnes menyediakan 35% kuota keseluruhan mahasiswa baru melalui SBMPTN (2.308 mahasiswa). Sisanya diterima lewat SNMPTN (55% atau 3.638 mahasiswa) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri sebesar 10% (734 mahasiswa).

”Total pada tahun akademik 2013/2014 Unnes akan me¬nerima 6.680 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut,” tutur Prof Sudijono.

Melalui SBMPTN tersebut, Unnnes juga menyediakan Beasiswa Bidikmisi untuk 612 calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

30 Komentar untuk “Gagal Daftar SNMPTN? Ikut Saja SBMPTN”

  1. Ambar Afriyani

    Minggu, 17 Maret 2013 | 08:51

    Kira-kira mulai dbuka kapan? Yng tdk bisa ikut SMPTN

  2. vanya

    Kamis, 21 Maret 2013 | 10:56

    saya lulusan 2012, bagaimana cara pemilihan jurusannya??? saya mau ikut kelompok campuran. apakah harus bbayar 200.000 dulu baru bisa memilih jurusan yg kita inginkan??? terimakasih

  3. fadilah surya dinata

    Jumat, 22 Maret 2013 | 15:44

    yang tdk bs ikut snmptn gmna caranya y biar bs msuk tempat kuliah yang kta inginkan?

  4. erick adam ramadhan

    Minggu, 24 Maret 2013 | 21:35

    kalau yg gak ikut pendaftaran SNMPTN , gmana caranya ?

  5. ali qoirul qusni

    Kamis, 28 Maret 2013 | 11:52

    Pendaftaran lewat mana ????

  6. nasrullah akbar ramadhani

    Kamis, 28 Maret 2013 | 18:47

    saya terlambat ikut snmptn, kalau mau lewat jalur sbmptn kapan mulai dibuka dan dmna daftarnya trus prosedurnya gimana?

  7. luluk nisa

    Minggu, 7 April 2013 | 16:06

    saya terlambat ikut snmptn saya ingin daftar tapi apa saja syarat dan ketentuannya…?? bwa apa saja dan bagaimana???

  8. Rita purnamasari

    Minggu, 14 April 2013 | 13:36

    saya terlambat ikut snmptn, kalau mau lewat jalur sbmptn kapan mulai dibuka dan dmna daftarnya trus prosedurnya gimana?

  9. Rita purnamasari

    Minggu, 14 April 2013 | 13:38

    saya terlambat ikut snmptn saya ingin daftar tapi apa saja syarat dan ketentuannya…?? bwa apa saja dan bagaimana???

  10. winda wulandari

    Senin, 15 April 2013 | 23:31

    Bagamana prosedurnya??

  11. winda wulandari

    Selasa, 16 April 2013 | 20:38

    Syaratnya apa saja???

  12. ellva yulia

    Senin, 22 April 2013 | 18:21

    va angktan 2012, mou ikut snmptn pi telat
    . gimana cara pndaftaran sbmptn????

  13. deden kurniawan

    Kamis, 25 April 2013 | 12:20

    persyaratan yang harus dibawa ap aj

  14. rini ariska

    Sabtu, 27 April 2013 | 10:15

    gimna cranya daftar lewat jalur sbmptn????? tyus kpn mulai pndftrannya?????

  15. PRAKOSO

    Senin, 29 April 2013 | 13:32

    saya telat ikut snmptn…cara daftar lewat sbmptn gmana infonya ?

  16. rasyida mutiara sakti

    Selasa, 30 April 2013 | 18:46

    saya pengen daftar sbmptn gmna caranya yaa?????????

    terus kapan pelaksanaannya

  17. Riska Kurniawati

    Jumat, 3 Mei 2013 | 20:58

    tau KAP dan PIN yang di isi di SBMPTN itu dari mananya ya?

  18. ludya utamima

    Minggu, 12 Mei 2013 | 23:48

    aq pengen daftar snmptn tp telat,pgen daftar sbmptn tp gak tau caranya

  19. Otong Tegang

    Selasa, 14 Mei 2013 | 09:14

    Titit berontak..admin nya ilang nih ga jawab pertanyaan2 kita..titit berontak nih adminnya

  20. firoh

    Selasa, 14 Mei 2013 | 11:46

    saya tidak ikut snmptn tapi saya pengen daftar sbmptn caranya bagaimana dan apakah ada ketentuan ketentuan tersendiri jika mengikuti sbmptn ?

  21. siti nur faizah

    Rabu, 15 Mei 2013 | 11:15

    bagaimana caranya ikut sbmptn..????

  22. wahyun

    Kamis, 16 Mei 2013 | 14:21

    cara daftar di unnes gmn ya pak? tolong d share dung

  23. haris ramdhan

    Senin, 27 Mei 2013 | 18:03

    kapan pembukaan smbptn,untuk masuk ptn ?

  24. Linda Lestari

    Selasa, 28 Mei 2013 | 11:04

    jadii bagaimana cara daftar nya pak???
    tolong diinformasi ya pak

  25. Darwis chandra

    Rabu, 29 Mei 2013 | 02:37

    Bgaimana cara daftarnya pak, tolong kasih informasi pak, saya kurang mengerti pak

  26. Fhieda chaila

    Rabu, 29 Mei 2013 | 14:42

    Gmana cara’a masuk smbptn
    tlong informasi’a ya pak..

  27. ponco nano

    Jumat, 31 Mei 2013 | 11:06

    maaf saya mau tanya, apakah jurusan bahasa dan sastrsa daerah di unnes masih dan dapat menerima mahasiswa baru??
    Saya ingin sekali melanjutkan cita” saya sebagai seorang guru bahasa jawa,
    Mohon jawabanya

  28. dede nurhidayat

    Kamis, 6 Juni 2013 | 02:47

    klow thun skarang gax …. Taun bsok bsa gax???

  29. INDAH DIAN NURANI

    Minggu, 23 Maret 2014 | 20:02

    min saya sebenarnya ingin mengikuti SBMPTN tetapi saya salah mendaftar di SELEKSI MANDIRI PTN itu bisa di ubah atau tidak ?
    terimakasih ,

  30. ade

    Senin, 7 April 2014 | 08:02

    Sbmptn tahun 2014 tanggal berapa ?