Gagal Daftar SNMPTN? Ikut Saja SBMPTN

Sabtu, 16 Maret 2013 | 15:59 WIB


Tak berhasil mendaftarkan diri pada Selesi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bukan berarti kesempatan untuk menjadi mahasiswa PTN tertutup sudah. Kesempatan masih terbuka lebar, karena masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo mengungkapkan, SBMPTN merupakan seleksi yang digelar secara nasional dan didasarkan pada hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi tertentu. “Yang bisa mengikuti seleksi ini lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2011, 2012, dan 2013,” ungkap Rektor kepada unnes.ac.id, Sabtu (16/3).

Dikemukakan, pendaftaran secara online baru akan dibuka 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB hingga 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. “Untuk sementara, informasi tentang pendaftaran SBMPTN dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Dikemukakan pula, tahun ini Unnes menyediakan 35% kuota keseluruhan mahasiswa baru melalui SBMPTN (2.308 mahasiswa). Sisanya diterima lewat SNMPTN (55% atau 3.638 mahasiswa) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri sebesar 10% (734 mahasiswa).

”Total pada tahun akademik 2013/2014 Unnes akan me¬nerima 6.680 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut,” tutur Prof Sudijono.

Melalui SBMPTN tersebut, Unnnes juga menyediakan Beasiswa Bidikmisi untuk 612 calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 11.431 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

30 komentar pada “Gagal Daftar SNMPTN? Ikut Saja SBMPTN

  1. saya lulusan 2012, bagaimana cara pemilihan jurusannya??? saya mau ikut kelompok campuran. apakah harus bbayar 200.000 dulu baru bisa memilih jurusan yg kita inginkan??? terimakasih

  2. saya terlambat ikut snmptn, kalau mau lewat jalur sbmptn kapan mulai dibuka dan dmna daftarnya trus prosedurnya gimana?

  3. saya terlambat ikut snmptn saya ingin daftar tapi apa saja syarat dan ketentuannya…?? bwa apa saja dan bagaimana???

  4. saya terlambat ikut snmptn, kalau mau lewat jalur sbmptn kapan mulai dibuka dan dmna daftarnya trus prosedurnya gimana?

  5. saya terlambat ikut snmptn saya ingin daftar tapi apa saja syarat dan ketentuannya…?? bwa apa saja dan bagaimana???

  6. saya tidak ikut snmptn tapi saya pengen daftar sbmptn caranya bagaimana dan apakah ada ketentuan ketentuan tersendiri jika mengikuti sbmptn ?

  7. maaf saya mau tanya, apakah jurusan bahasa dan sastrsa daerah di unnes masih dan dapat menerima mahasiswa baru??
    Saya ingin sekali melanjutkan cita” saya sebagai seorang guru bahasa jawa,
    Mohon jawabanya

  8. min saya sebenarnya ingin mengikuti SBMPTN tetapi saya salah mendaftar di SELEKSI MANDIRI PTN itu bisa di ubah atau tidak ?
    terimakasih ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *