FMIPA Unnes Gelar Seminar Pendidikan Karakter

Minggu, 2 Desember 2012 | 8:53 WIB


Salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan adalah kualitas hidup atau sering diidentikkan dengan kesejahteraan. Kesejahteraan hidup manusia sangat ditentukan oleh sumber daya alam dan lingkungan, karena manusia sangat bergantung pada sumber daya alam.

Di sisi lain, derasnya arus globalisasi dapat menyebabkan degradasi budaya. Makin lunturnya nilai-nilai moral bangsa, rapuhnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta pudarnya rasa cinta tanah air, adalah cermin betapa pembangunan karakter perlu disiapkan sedini mungkin.

Atas dasar itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menyelenggarakan Seminar “Peran MIPA dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Pendidikan Karakter”, 15 Desember 2012, di gedung D4 FMIPA Unnes kampus Sekaran.

Adapun pemakalah utama dalam kegiatan tersebut adalah Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Prof Dr Supriadi Rustad MSi, Prof Dr Asep Kadarohman MSi (Dekan FPMIPA UPI), Dr Andreas Priyono Budi Prasetyo Med (Unnes), dan Dr Fajar Adi Kusumo MSi (UGM).

Peserta seminar terbuka untuk umum, baik praktisi, pemerhati lingkungan, guru, dosen, peneliti, swasta, lembaga swadaya masyarakat, maupun mahasiswa.

Peserta dapat pula mengirim makalah dan poster, yaitu hasil penelitian di bidang MIPA dan pendidikan MIPA, dengan ketentuan, abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maksimal 200 kata. Makalah lengkap terdiri atas pendahuluan; metode; hasil dan pembahasan; simpulan; ucapan terimakasih (bila ada); daftar pustaka (mengikuti format urut abjad). Naskah diketik menggunakan Times New Roman 12 pt; 1,5 spasi, kertas A4. Poster dengan ukuran 70 x 90 cm.

Artikel dapat dikirim melalui e-mail: semnas.mipaunnes2012@yahoo.com. Bagi yang lolos, makalah akan diterbitkan dalam prosiding Jurnal Ilmiah MIPA atau jurnal Pendidikan IPA. Pemakalah dapat memperoleh prosiding/jurnal melalui pemesanan atau mengisi formulir pendaftaran.

Bagi penyaji makalah dikenakan biaya Rp200.000, penyaji poster Rp200.000, penyaji ganda (makalah dan poster) Rp250.000, sebagai peserta (mahasiswa, guru, masyarakat umum) Rp100.000, biaya prosiding/jurnal Rp200.000. Biaya pendaftaran dapat dikirim melalui rekening Bank BNI KCP Unnes atas nama Ella Kusumastuti No. Rek. 0136704865. Keterangan selengkapnya dapat menghubungi 085730327960.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.359 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

4 komentar pada “FMIPA Unnes Gelar Seminar Pendidikan Karakter

  1. ini acara seminar nasionalkah?
    apakah peserta wajib mengirimkan makalah? misal iya, apakah makalah yang dikirimkan harus hasil pnelitian peserta sendiri?
    dan apakah boleh jika tidak mengirim makalah tapi hanya mengirim poster saja? apa tema posternya?
    oya, dapet sertifikat gak ya?
    terimakasih. mohon dibalas ya….^^

  2. Ya, betul, SEMINAR NASIONAL. Anda bisa mendaftar sebagai peserta saja (tanpa makalah/poster). Peserta akan mendapat sertifikat, seminarkit, 2x snack plus makan siang. Dan yang utama adalah mendapatkan ILMU. Silahkan hub.contact person (dlm leaflet) untuk konfirmasi lebih lanjut. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *