FIS Unnes Gelar Olimpiade IPS Se-Jawa dan Bali

Sabtu, 16 November 2013 | 7:09 WIB


Setelah sukses mengadakan Olimpiade IPS SMP/MTs di tahun 2012, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), tahun ini kembali menggelar Olimpiade IPS SMP/MTs se-Jawa dan Bali.

Acara yang akan diselenggarakan Kamis, 28 November 2013 di Gedung C7 kampus Sekaran Unnes ini, memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan piala bergilir Rektor Unnes.

Berdasar surat eletronik ke unnes.ac.id, Panitia Olimpiade IPS Fajar SPd, menyatakan pembangunan membutuhkan modal sosial, kecerdasan sosial dan moral sosial. “Kecerdasan sosial merupakan hasil dialog dengan rasionalitas, sedangkan moralitas sosial merupakan hasil dialog dengan hati dan perasaan. Kecerdasan dan moral sosial akan teruji melalui mekanisme interaksi antar manusia,” ungkap Fajar

Menurutnya, tujuan olimpiade IPS ini sebagai ajang persiapan bagi siswa dan sekolah menghadapi Olimpiade Sain Nasional (OSN). “Selain itu, juga untuk menciptakan iklim akademik yang kompetitif dan sehat antar sekolah khususnya bidang IPS untuk memacu semangat berprestasi,” paparnya.

“Meningkatkan minat siswa dan sekolah dalam menekuni bidang studi IPS, dan mempererat jalinan kerjasama dan kemitraan antara Unnes dengan sekolah, khususnya jenjang SMP-MTs di Pulau Jawa dan Bali,” ungkapnya melalui surat elektronik itu.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 2.113 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

7 komentar pada “FIS Unnes Gelar Olimpiade IPS Se-Jawa dan Bali

  1. Kami sangat senang mengetahui dengan adanya olimpiade ips yg diselenggarakan fis unnes, kami guru2 ips di daerah sangat menyambut baik. Tapi kenapa hanya di jawa saja? Kami guru2 ips di sumatera utara sangat menantikan olimpiade ips untuk tingkat sma. Karena kami guru2 ips selama ini merasa dianaktirikan. Yg ada hanya olimpiade sains aj yg ada. Dan klw bisa kami memohon dan mengharapkan supaya unnes menggagas olimpiade ips untuk tingkat SMA/MA untuk diselenggarakan. Janganlah hany untuk tingkat smp saja. Untuk tingkat sma juga sangat perlu olimpiade ips (ekonomi, sosiologi,antropologi sejarah dan geografi). Janganlah hanya ipa saja yg ada olimpiadenya. Kami guru2 ips tingkat sma sangat mendukung jika unnes mengadakan olimpiade ips untuk tingkat sma di seluruh daerah indonesia, janganlah hanya dipulau jawa. Untuk panitia mohon untuk diperhatikan saran/ masukan kami ini. Terimakasih banyak.

  2. Kpd Yth Bpk Fajar, S.Pd ketua panitia olimpiade ips Unnes, kami sangat mengharapkan bantuan bapak untuk sudi kiranya panitia olimpiade ips Unnes untuk menyelenggarakan olimpiade ips di seluruh daerah indonesia. Kami secara khusus guru di daerah sumatera utara tepatnya kabupaten humbang hasudutan, siap bekerjasama dalam hal penyelenggaraan olimpiade ips (sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah dan geografi) untuk tingkat SMA/MA. Dan hanya dengan seperti itulah salah satu cara untuk menarik minat siswa/i SMA utk lebih giat mempelajari dan memperdalam/mempelajari ilmu pengetauan sosial. Olimpiade ips penting dan mendesak utk segera dilakukan. Krn selama ini banyak orang menganggap bahwa ilmu sosial itu hanya sbgai ilmu pelengkap saja. Kami memohon perhatian bapak panitia. Thanks.

  3. sebagai guru IPS di SMP 3 Jekulo ingin ikut serta dalam gelar Olimpiade IPS Se Jawa-Bali. sedikit bertanya untuk pendaftaranya ke siapa dan sekretariatnya dimana. bila ada yang bisa di hubungi tolong diberikan No yang dapat saya hubungi. Terimakasih

  4. Alhamdulillah kamis besok anak saya Naufal Muhammad Ghozali dari Pondok Modern Selamat Kendal bisa ikut serta dalam olimpiade ini….Semoga berjalan dengan lancar dan sukses…Aamiin YRA…..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *