FIS Gelar Kursus Mahir Dasar Pramuka

Rabu, 27 Juni 2012 | 9:54 WIB


FIS Gelar Kursus Mahir Dasar Pramuka
Riki/humas

Gugus Latih (Guslat) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka sejak Sabtu (23/6) hingga Kamis (28/6), di halaman lapangan fakultas tersebut kampus Sekaran.

Dalam pantauan unnes.ac.id pada Rabu (27/6) pagi, ratusan peserta dengan seragam pramuka lengkap tengah membentuk tiga kelompok di pinggir lapangan. Sementara di dalam lapangan, berdiri delapan tenda untuk berkemah.

“Mereka sedang berdiskusi untuk merancang program, lengkap dengan aturan plus hadiah dan hukuman,” ungkap Kurniawan Sutrisnadi, guru SMP 17 Semarang yang menjadi pembina kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Kurniawan mengemukakan, materi kursus tersebut antara lain morse, simafor, dan keterampilan pionering dengan mendirikan tenda dan tali-temali. “Namun yang terpenting dari kursus pramuka ini adalah pendidikan karakter lewat penyatuan peserta dengan alam,” katanya.

Adapun Puji Lestari, pembina pramuka dari FIS Unnes mengemukakan, kegiatan tersebut diikuti 202 mahasiswa. “Mayoritas berasal dari Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan,” katanya.


DIUNGGAH : Riki Arswendi Dibaca : 2.508 kali
EDITOR : Riki Arswendi

5 komentar pada “FIS Gelar Kursus Mahir Dasar Pramuka

  1. saya malah ndak tau kalo diadakan KMD….
    mungkin infonya cuma sebatas di FIS dan sekitarnya ya??
    pantas saja banyak yang PPKn.hehe… :D

    *maybe

  2. Untuk Mahasiswa Unnes, dan khususnya FIS, untuk PPKn memang sudah menjadi kebiasaan Mahasiswanya mengikuti KMD, dan juga karena di PPKn terdapat Mata Kuliah Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan. Agenda Rutin Gugus Latih Ilmu Sosial Racana Wijaya Unnes tiap 2 tahunan mesti mengadakan KMD.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X