FH Unnes Juarai Lomba Riset Nasional

Selasa, 2 Oktober 2012 | 10:04 WIB


FH Unnes Juarai Lomba Riset Nasional
DOK/FH UNNES

Stan pameran hasil penelitian mahasiswa FH Unnes, di National Research Competition (Narration), 28-29 September 2012, di Universitas Indonesia.

Tim Peneliti Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih 1st Winner Social and Humaniora Sciences Category pada ajang National Research Competition (Narration), Jumat-Sabtu (28-29/9), di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Tim yang beranggotakan Arif Prasetyo dan Ridwan Arifin ini mengalahkan lima finalis lainnya yang terdiri dari Tim FIP Unnes, FT Undip, FIB USU, UB Malang, dan UI. Selain rumpun Sosial Humaniora ada juga rumpun sains total ada 12 finalis dari seluruh Indonesia.

Dewan juri dalam ajang tersebut adalah Harsono Hadi PhD, Peneliti dari Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr Eng Desriani, Peneliti LIPI, dan Dr R Cecep Eka Permana MSi, Dosen Arkeologi UI.

Memikat juri

Penelitian dari tim Unnes dengan fokus tema Pembekalan Keahlian Pembuatan Wayang Koran Pada Narapidana di Rutan Kelas II B Wonosobo sebagai Pilot Project Lapas Kreatif Berbasis Peningkatan Usaha Local Wisdom Narapidana di Indonesia, mampu memikat dewan juri. “Hasil penelitian tersebut luar biasa dan sangat mungkin bisa diterapkan untuk seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia,” kata Dr Eng Desriani.

Salah satu anggota tim Unnes Ridwan Arifin mengungkapkan, latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah seringnya ia melihat narapidana pada banyak kasus tidak mampu bangkit lantaran stigma negatif di masyarakat.

“Hal itu membawa dampak pada ketidakpercayaan masyarakat sehingga mereka sulit untuk mengembangkan usaha dan melakukan kegiatan, padahal narapidana bagian dari kelompok masyarakat yang mestinya diarahkan secara benar dan baik,” ujarnya.

Best Display

Selain mendapatkan peringkat pertama dalam ajang tersebut, tim Unnes juga mendapatkan Best Display kategori Sosial Humaniora. “Ratusan orang mengunjungi stan pameran hasil penelitian kami,” kata Arif Prasetyo, Ketua Tim Peneliti.

“Ini adalah hasil yang cukup membanggakan bagi kami dan Unnes. Kami berharap kegiatan seperti ini mendapatkan dukungan penuh dari kampus dan semoga mampu memotivasi mahasiswa lainnya,” lanjut Arif.

Adityo, panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan Narration ini diadakan setiap tahun oleh Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Eka Prasetya Universitas Indonesia. “Kami berharap rekan-rekan dari FH Unnes bisa mengikutinya lagi tahun depan,” katanya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.581 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

9 komentar pada “FH Unnes Juarai Lomba Riset Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *