Fakultas Diimbau Tingkatkan Potensi

Minggu, 19 Februari 2012 | 12:54 WIB


Tiap-tiap fakultas dan unit kerja di Universitas Negeri Semarang diimbau untuk lebih meningkatkan berbagai potensi yang dimiliki. Hal ini penting untuk memperkuat visi dan misi universitas konservasi ke depan.

“Dengan ciri dan keunggulan masing-masing, tiap fakultas harus mampu bersaing dan meningkatkan kualitas. Dengan cara ini, universitas semakin mempunyai karakter,” kata Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Negeri Semarang Prof Fathur Rokhman, di sela-sela koordinasi bidang itu, belum lama ini.

Potensi itu, kata Prof Fathur, berupa akademik dan nonakademik. “Sebut saja Fakultas Teknik yang beberapa waktu lalu telah menggagas mobil mini yang harganya terjangkau,” katanya.

Menurutnya, wujud nyata dari keunggulan itu juga akan didorong untuk mendapat hak paten. “Hal ini penting supaya karya yang dihasilkan mendapat pengakuan dari khalayak dan tidak terjadi klaim dan plagiasi di kemudian hari,” ujarnya.

Selain itu, Bidang Pengembangan dan Kerja Sama juga mendorong dosen untuk membangun kerja sama dalam bentuk pusat kajian. “Pusat kajian itu dapat terintegrasi dengan International office Unnes. Kami akan membantu bila ada dosen yang punya inisiatif untuk itu,” paparnya.

Melalui upaya ini, diharapkan semua bagian dapat mendukung terwujudnya universitas konservasi menjadi world class university. “Kian banyaknya tawaran program dari luar negeri, menandakan bahwa Unnes kian diperhitungkan di kancah Internasional,” papar Prof Fathur seraya memberikan selamat atas capaian universitas ini yang berada pada urutan ke-51 Asia Tenggara versi Webometrics.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.218 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *