Enam Mahasiswa Vietnam dan Thailand Belajar di Unnes

Senin, 11 April 2016 | 14:08 WIB


Enam Mahasiswa Vietnam dan Thailand Belajar di Unnes
Dok/Humas

Tiga mahasiswa Ho Chi Minh University Vietnam dan tiga mahasiswa Kasetsart University Thailand mengikuti pertukaran pelajar di Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Program Darmasiswa.

Keenam mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan Sport Student Exchange yang untuk kelima kalinya diadakan. Mereka akan mempelajari ilmu dan budaya di Unnes selama dua bulan di tahun akademik 2015/2016.

Mahasiswa dari Kasetsart University Thailand yakni Natsuangkorn Kongchulagul, Kasidit Noochan, dan Anucha Tajapu. Sedangkan mahasiswa dari Ho Chi Minh University Vietnam antara lain Sam Vinh Phu, To Thi Thu Hao, serta Ly Gia Han.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menerima keenam mahasiswa pada Senin (11/4) di ruang rektor kampus Sekaran Gunungpati. Dengan didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof YL Sukestiyarno MS PhD, Dekan fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes Prof Tandiyo Rahayu, Koordinator Program Darmasiswa Yusro Edy Nugroho SS MHum, dan Kepala International Office Unnes Intan Permata Hapsari SPd MPd.

Prof Tandiyo Rahayu menyampaikan selama berada di Unnes, keenam mahasiswa akan bergabung di kelas bilingual dengan harapan terciptanya interaksi di dalam kelas dengan menggunakan bahasa inggris secara maksimal. Dengan adanya mahasiswa asing di dalam kelas pula, suasana belajar mengajar menjadi lebih dinamis.

Mereka akan mempelajari Pencak Silat, Woodball, Tonnis, bahasa Indonesia, Batik Seni, dan kegiatan dengan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa tersebt juga akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya city tour, forum group discussion, outbond, dan school visit.

Sementara itu, Prof Fathur Rokhman ketika menerima kelompok mahasiswa menyambut baik terselenggaranya program Sport Student Exchange.

“Unnes dikenal sebagai universitas konservasi budaya. Dengan adanya program ini merupakan salah satu implementasi konservasi sekaligus promosi budaya Indonesia kepada dunia,” ucap Prof Fathur dalam sambutannya.

Prof Fathur juga mengemukakan, Unnes dengan Kasetsart University Thailand dan Ho Chi Minh University Vietnam telah menjalin hubungan kerjasama yang sangat baik. Selanjutnya diharapkan ketiganya dapat melanjutkan serta mengembangkan program Sport Student Exchange yang sebelumnya telah disepakati bersama melalui MoU.

Mahasiswa Sport Student Exchange periode ke-enam selanjutnya akan datang di Unnes pada 23 Mei 2016. Namun, Unnes kali ini tidak hanya menerima, nantinya juga akan mengirim lima orang mahasiswa yang akan belajar ke Mindanao State University – Iligan Institute of Technology Filipina. Annisa Widyawati F.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.300 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

7 komentar pada “Enam Mahasiswa Vietnam dan Thailand Belajar di Unnes

  1. Berikan kesan yang baik untuk mahasiswa asing yang belajar di Unnes agar nantinya hal-hal yang akan diceritakan dinegaranya merupakan hal yang baik sehingga akan menarik mahasiswa lain untuk studi di Universitas Negeri Semarang.

  2. Dengan adanya pertukaran pelajar di Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Program Darmasiswa ini diharapkan bisa memberikan kesan yang baik, mengenalkan kayanya budaya Indonesia, menjalin hubungan antar negara serta memberikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat untuk pengembangan universitas masing-masing.
    Setelah selesainnya program ini mereka diharapkan mendapatkan pengalaman internasional dan pengetahuan untuk menjadi mahasiswa yang benar-benar berkelas dunia dan bisa meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk bekerja di dunia kerja internasional

  3. Selamat datang rekan2 mahasiswa dari vietnam dan thailand. Semoga Unnes semakin diminati baik dari level nasional maupun Internasional.

  4. Selaras dengan slogan “Tahun Akselerasi Inovasi”, semoga tahun akselerasi juga berlaku pada kerjasama Unnes dengan pihak-pihak internasional sehingga visi Unnes untuk menjadi universitas yang bereputasi internasional dengan memiliki karakter konservasi akan cepat tercapai.

  5. Program seperti ini sangat bagus untuk semakin memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia Internasional, Unnes secara rutin mendatangkan mahasiswa asing dari luar negeri. Hal ini Selaras dengan visi misi unnes guna menjadi universitas bereputasi Internasional.
    Selamat datang mahasiswa dari Vietnam dan Thailand, selamat menyelami keindahan Nusantara.. :)

    #2016 tahun akselerasi inovasi
    #UNNES CONSERVATION

  6. langkah pertukaran mahasiswa merupakan program yang sangat bagus sebagai langkah untuk memperkenalkan UNNES dan juga Indonesia di mata dunia. perlunya suatu intensitas yang lebih supaya program ini dapat terlaksana dengan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X