Dukung Gerakan Literasi, UNNES Gelar Seminar Matematika XI

Jumat, 27 Oktober 2017 | 6:51 WIB


Dukung Gerakan Literasi, UNNES Gelar Seminar Matematika XI

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA UNNES) menyelengarakan Seminar Nasional Matematika XI, Sabtu (21/10) di Ruang Seminar Gedung D12 Dekanat FMIPA UNNES Kampus Sekaran.

Seminar bertemakan “Inovasi Matematika dan Pembelajarannya dalam Mendukung Gerakan Literasi” ini menghadirkan Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Matematika Fakultas Kegurian dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Prof Dr Zulkardi MI Kom MSc. Ia membahas tentang peranan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam mendukung gerakan literasi sekolah dan pendidikan karakter.

Menurut Prof Zulkardi, sumber belajar ini menyediakan konten dan konteks yang berkaitan dengan literasi matematika yang disesuaikan dengan kurikulum, budaya Indonesia dan kompetensi yang disesuaikan dengan  Programme for International Student Assessment (PISA) framework.

Selain Prof Zulkardi, Guru Besar  Statistika FMIPA Institut Pertanian Bogor Prof Dr Ir Khairil Anwar Notodiputro MS, dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat LP2M UNNES Dr Isti Hidayah MPd juga menjadi pembicara pada acara yang dihadiri 300 an pemakalah/peserta dari 24 Instansi  di delapan Propinsi.

Ketua Panitia, Dr Wardono MSi melaporkan, latar belakang tema pada seminar kali ini adalah kenyataan bahwa kemampuan literasi matematika Programme Internationale for Student Assesment (PISA) siswa Indonesia saat ini masih harus terus ditingkatkan. Hal ini, karena kenyataan setiap tiga tahun mulai tahun 2000 sampai hari ini hasil PISA siswa Indonesia rankingnya masih berada di bawah.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 170 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X